Welcome to Our Website

Wisata Jogja: Gembiraloka Zoo

Pernahkan kalian berkunjung ke kebun binatang, Sahabat Paket Wisata Jogja? Mungkin bagi kalian yang tinggal di kawasan kota besar pernah berkunjung meskipun minimal sekali karena memang umumnya di setiap kota besar di Indonesia ada kebun binatang. Apa lagi daerah-daerah yang kaya akan satwa-satwa tetentu yang dilindungi oleh negara, biasanya terdapat penangkaran.

Namun demikian, rupanya masih bnayak orang yang belum pernah berkunjung ke kebun binatang barang sekali pun meskipun mereka tinggal di kota yang terdapat kebun binatang. Nah, Yogyakarta sebagai salah satu kota besar, terlebih kota wisata, tentu saja memiliki kebun binatang.

Kebun binatang ini dinamai Gembiraloka Zoo. Gembiraloka Zoo yang terletak di kawasan Sungai Gajah Wong ini merupakan kebun binatang yang memiliki banyak sekali koleksi satwa langka yang berasal dari berbagai belahan dunia. Ada orang utan dari Kalimantan dan Sumatra, ada singa Afrika, harimau Sumatra dan India, gajah dari berbagai negara di Asia, dan masih banyak lagi.

Kebun binatang yang memiliki luas hingga 20 hektare dan didirikan pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX ini pernah mengalami kerusakan parah karena dihantam bencana gempa pada tahun 2006 lho, Sahabat Paket Wisata Jogja. Namun, pemerintah Kota Yogyakarta langsung bergerak cepat untuk membenahi kerusakan tersebut. Oleh sebab itu, Gembiraloka Zoo cepat terpulihkan sehingga tak lama kemudian siap dibuka kembali untuk umum.

Pembangunan Gembiraloka Zoo sebenarnya berawal dari keinginan orang tua Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang ingin memiliki bonraja, yaitu sebuah kawasan yang berisi satwa-satwa kesukaan Sang Raja. Hanya saja, keinginan ini baru terpenuhi pada masa kekuasaan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Menariknya, bonraja ini tidak dimonopoli oleh keluarga kerajaan, tetapi dibuka untuk umum yang bisa dikunjungi oleh siapa pun.

Kebun binatang yang sebagian kawasannya ini merupakan hutan lindung, memiliki lebih dari 100 satwa dan 61 spesies flora. Untuk koleksi binatangnya, banyak versi cerita binatang apa yang pertama menghuni Gembiraloka Zoo ini. Ada yang mengatakan bahwa binatang pertama yang ada ialah harimau yang ditangkap oleh warga karena mengganggu kehidupan warga di desa-desa. Selian itu, harimau yang ditangkap ini juga ada yang berasal dari Gunung Merapi yang sempat menjadi korban letusan Gunung Merapi sehingga habitatnya mengalami kerusakan.

Kemudian, seiring berjalannya waktu satwa-satwa yang dihadirkan beraneka ragam dan dari berbagai daerah di Indonesia juga dari berbagai negara di dunia. Sampai saat ini, koleksi satwa yang dimiliki Gembiraloka Zoo di antaranya untuk mamalia ialah siamang, gajah sumatera, harimau sumatera, kuda nil, rusa tutul, unta, simpanse, orang utan, beruang madu, wallaby, dan singa. Kemudian untuk kategori reptil ada buaya muara, kura-kura radiata, kura-kura terapin, kura-kura sulkata, kura-kura kepala ceri, biawak naga, iguana merah, dan kaiman kerdil cuvier.

Selain koleksi tersebut, Gembiraloka Zoo juga sudah mengembangkan koleksi burung dan amfibi. Jadi, bagi kalian yang suka dengan burung, kalian juga bisa mengunjungi Gembiraloka Zoo ini untuk mengetahui berbagai jenis burung yang ada di nusantara bahkan di dunia.

Selanjutnya, berbicara mengenai dena Gembiraloka Zoo. Gembiraloka Zoo sejauh ini sudah memiliki dena yang sangat rapi dan membuat pengunjung nyaman. Namun demikian, karena keprofesionalitasan pengelolanya, Gembiraloka Zoo terus berbenah dan melakukan perbaikan demi perbaikan di berbagai sisi.

Selain itu, untuk kebersihan, pihak Gembiraloka Zoo juga terus berupaya untuk meningkatkan kebersihan demi kesehatan satwa dan kenyamanan pengunjung. Semakin penasaran dengan Gembiraloka Zoo? Yuk, kunjungi saja untuk menyksikan koleksinya secara langsung. Kami Tugu Wisata turut memasukkan Gembiraloka Zoo sebagai salah satu destinasi wisata yang kami tawarkan kepada klien melalui Paket Wisata Jogja murah.

Dari sekian banyak Paket Wisata Jogja, kalian bisa memilih dari Paket Wisata Jogja 1 hari sampai Paket Wisata Jogja 5 hari 4 malam, serta Paket Wisata Jogja honeymoon. Untuk setiap Paket Wisata Jogja ini, masih dibagi-bagi lagi ke dalam banyak tipe yang setiap tipe memiliki daftar objek wisata yang relatif berbeda satu sama lain.