Welcome to Our Website

Wahana Selecta Batu, Malang

Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Batu dan Malang, pasti sudah tidak asing lagi bersama dengan Selecta. Ini adalah taman rekreasi di Kota Batu yang amat terkenal sebagai destinasi wisata keluarga.

Meskipun banyak amusement park baru berdiri di Kota Apel bersama dengan harga tiket masuk relatif terjangkau, bersama dengan menawarkan wahana yang beragam, tidak sesudah itu menyebabkan Selecta sepi pengunjung.

 

Lokasi Taman Selecta

Taman Selecta berlokasi di kawasan kota wisata Batu, yaitu di Desa Tulungrejo, Kelurahan Bumiaji, tepatnya di Jalan Raya Selecta No. 1. Jika wisatawan berangkat berasal dari pusat pemerintahan Kota Batu, memadai menempuh perjalanan sejauh 4 km untuk tiba di area ini.

Sementara, kalau Anda bertolak berasal dari pusat Kota Malang, jaraknya kira-kira 13 km.Jika Anda berangkat berasal dari pusat Kota Batu, Anda cuma wajib berkendara menuju alun-alun, sesudah itu masuk ke Jalan Gajah Mada.

Selang beberapa ratus mtr. sehabis Gedung BCA, Anda dapat memandang papan penunjuk kecil yang bertuliskan ‘Taman Rekreasi Restoran dan Hotel Selecta’. Setelah itu, ikuti jalur hingga Anda mendapatkan pintu masuk objek wisata ini.

Sementara, kalau Anda berangkat berasal dari Kota Malang menggunakan angkutan umum, Anda mampu menumpang angkutan kota atau mikrolet bersama dengan kode ADL atau AL menuju Terminal Landungsari. Setibanya di terminal ini, Anda mampu berubah angkutan kota berwarna pink yang dapat mengantarkan Anda menuju Terminal Batu.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan bersama dengan menumpang angkutan kota warna oranye bersama dengan jurusan Terminal Batu-Selecta-Coban Talun. Anda mampu turun di depan pintu masuk Taman Selecta.

Wahana di Taman SelectaTaman Selecta sendiri, menurut cerita, sudah dibangun sejak era penjajahan Belanda. Seorang warga Belanda bernama Ruyter de Wildt membangun taman ini kira-kira tahun 1920 hingga 1928. Kala itu, taman ini dijadikan destinasi strategis dan area peristirahatan bagi para warga Negeri Kincir Angin yang sedang datang ke Indonesia.

Menurut beberapa sumber, Taman Selecta juga dulu dijadikan area di dalam merumuskan ketentuan perlu kenegaraan. Sempat dibumihanguskan oleh warga kira-kira dikarenakan suatu hal hal terhadap kira-kira tahun 1949, taman ini sesudah itu dibangun lagi oleh 47 orang yang terakomodasi di dalam kepemilikan lokasi wisata malang secara saham.

Dibandingkan area rekreasi lain di Kota Batu, contoh Jatim Park 1, Batu Secret Zoo, Jatim Park 3, Eco Green Park, Predator Fun Park, Batu Night Spectacular, maupun Museum Angkut, Taman Selecta memang berdiri lebih awal.

Meski tergolong objek wisata yang memadai tua, pesona Selecta tidak dulu luntur. Menurut information statistik  Kota Batu, selama tahun 2016 lalu, total kunjungan wisatawan asing dan lokal ke area selanjutnya apalagi raih angka 1 juta pengunjung.

Bukan hal yang mengherankan kalau Taman Selecta senantiasa diminati wisatawan, meski di Kota Batu tetap bermunculan amusement park yang lebih modern. Pasalnya, taman ini sudah dikenal sebagai area yang cocok untuk melepaskan capek sehabis meniti rutinitas harian yang melelahkan. Di samping itu, Taman Selecta juga menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga dan rombongan besar.

Daya tarik utama taman rekreasi ini adalah mempunyai udara yang sejuk dan juga panorama taman yang indah plus bersih. Menurut Badan Administrasi Pertanahan Kota Batu, Taman Bunga Selecta diklaim mempunyai luas wisata kira-kira 18 hektar, tetapi lahan wahana Selecta sebesar 8 hektar.

Keindahan taman bunga di area ini pun menjadi magnet bagi turis lokal maupun mancanegara, juga berasal dari Malaysia, Belanda, Jepang, Singapura, Taiwan, hingga Korea Selatan.

Selain taman bunga yang indah dan menyedapkan mata, Taman Selecta juga sudah didukung bersama dengan wahana-wahana yang menarik. Ketika datang ke area ini, wisatawan mampu bermain air di kolam renang, waterboom, dan taman air Kamandanu.

Sementara, untuk mereka yang inginkan memacu adrenalin, mampu coba bermain flying fox. Wahana lainnya yang juga menarik adalah gua singa, sepeda air, perahu ayun, playground, taman singa, 4D cinema, hingga sky bike.

Harga Tiket Masuk Selecta

Layaknya area rekreasi lain, untuk mampu mengunjungi Taman Selecta, wisatawan memang wajib membayar tiket masuk. Harga tiket masuk di Taman Selecta dipatok Rp40.000 per orang. Harga tiket masuk ini berlaku hari Senin hingga Minggu, dan juga tidak beralih meski terhadap high season, hari libur nasional, dan musim liburan. Sebagai perbandingan, terhadap tahun sebelumnya, harga tiket masuknya Rp35.000 per orang.