Tutorial Gampang Dan Komplet Memelihara Parkit Untuk Hewan Piaraan

Burung budgie, atau parkit, adalah spesies burung beo paling kecil yang umum dipiara sebagai hewan piaraan. Mereka sebagai burung piaraan terpopuler sejumlah besar, karena bukti jika harga cukup terjangkau.

Burung beo kecil ini benar-benar gampang dijinakkan dan ramah. Walau kadang susah dimengerti, mereka lumayan mampu mengikuti perkataan manusia.

Asal dan Riwayat


Budgie dan spesies parkit yang lain berawal dari Australia, di mana mereka masih diketemukan dalam temanan besar di padang rumput. Spesies liar ini, bagaimana juga, sedikit lebih kecil dari burung yang umumnya diketemukan di toko hewan piaraan, yang saat ini sudah alami penangkaran sepanjang beberapa dasawarsa.

Naturalis Inggris John Gould bawa budgie ke Eropa seputar tahun 1838, di mana mereka secara cepat jadi favorite sebagai hewan piaraan. Di tahun 1894, Australia larang export parkit, yang ke arah usaha pembiakan yang memberikan keuntungan di Eropa. Burung itu lamban mendapati jalannya ke Amerika, datang seputar tahun 1920, tapi jadi benar-benar terkenal di tahun 1950-an.

Ada dua tipe parkit yang biasa dalam perdagangan hewan piaraan — budgie atau parkit Amerika dan budgie Inggris. Varietas Amerika ialah yang umum diketemukan di toko hewan piaraan, sedang tipe yang kerap kelihatan di pameran dan atraksi ialah budgie Inggris yang lebih besar. Parkit Inggris mempunyai performa yang lain dari parkit Amerika, tapi ke-2 tipe itu terhitung dalam spesies yang sama.

Perangai

Budgie ialah burung yang jinak dan halus. Mereka juga gampang dijinakkan, terlebih bila didapatkan di umur muda. Sepasang burung jadi rekan yang bagus keduanya, tapi saat berpasangan dan melipur keduanya, mereka kemungkinan tidak terlilit secara baik dengan pemiliknya atau mengikuti perkataan dengan lancar. Budgie juga cerah, aktif, serta lebih pendiam dibanding beberapa macam burung beo lainnya.

Warna dan Tanda

Warna liar normal dari budgie ialah hijau muda dengan garis hitam di sayap, kepalanya, dan punggung. Umumnya betina dewasa mempunyai cere cokelat atau krem (bagian berdaging di seputar lubang hidung), dan jantan mempunyai cere kebiruan.

Parkit muda mempunyai tanda tangkai di dahi mereka yang berkurang bersamaan pertambahan umur, dan mata mereka umumnya mempunyai irislah gelap yang makin lama makin abu-abu bersamaan pertambahan umur. https://suhukicau.com/suara-lovebird/ Lewat pembiakan selective dalam perdagangan hewan piaraan, bermacam jenis warna dan skema ada, terhitung ungu, biru, kuning, pied, albino, dan hijau neon klasik.

tutorial-memelihara-parkit

perduli

Tidak seperti burung beo yang lain, budgie tersedia banyak nyaris di semua toko hewan piaraan, jadi Anda harus waspada ketika menentukan burung. Bila memungkinkannya, lebih bagus beli burung langsung dari peternak. Seharusnya tentukan budgie muda yang sudah diatasi dengan teratur bila Anda ingin gampang menjinakkannya.

Anda bisa menginginkan untuk bayar semakin banyak untuk burung yang dipiara dengan tangan atau benar-benar muda, tapi itu kemungkinan sebanding dengan ongkos tambahannya karena ini akan membuat proses penjinakan tangan lebih lebih gampang dan cepat. Toko hewan piaraan umumnya mempunyai burung yang lebih tua, jadi melulutkannya kemungkinan lebih susah.

Cari burung yang ceria, aktif, dan siaga. Bulu harus lembut, bercahaya, dan rata di tubuh. Sirkulasi harus bersih, kering, dan bebas dari kotoran. Sisik pada kaki harus lembut, kuku dan paruhnya harus lembut dan tidak tumbuh kebanyakan, dan lubang hidung harus bersih dan tidak ada bulu yang menggumpal di sekelilingnya.

Budgie aktif dan senang bermain, dan harus mempunyai kandang besar yang sediakan ruangan untuk mainan, tidur, terbang, dan makan. Dimensi minimal kandang ialah panjang 20 inch kali di dalam 12 inch kali tinggi 18 inch, tapi semakin besar selalu lebih baik. Jarak jeruji kandang harus 1/2 inch atau mungkin kurang untuk menghindar pelarian dan untuk menahan burung Anda terjerat.

Palang sangkar horizontal tawarkan peluang terbaik untuk olahraga dan memanjat. Taruh minimal beberapa tempat menempati di tingkat yang lain, dengan ruangan yang cukup untuk budgie untuk bergerak dengan nyaman antara mereka. Tawarkan bermacam ukuran, wujud, dan struktur tempat menempati akan menolong jaga keadaan kaki budgie. Sarang untuk tidur, piring untuk makanan dan air, bermacam mainan, dan barang untuk dikunyah, semua harus muat dalam kandang.

Walau mempunyai kandang yang besar, budgie masih memerlukan waktu bermain dan peluang bergaul di luar kandang. Penerbangan itu benar-benar natural serta penting untuk burung, tapi Anda cuman bisa biarkan budgie terbang di lokasi yang benar-benar terlindung dan aman. Bila Anda cemas mengenai kekuatan mengatur tempat terbang burung Anda, pikirkan untuk menggunting beberapa sayap untuk kurangi kekuatan terbang.

Seperti umumnya burung beo, budgie ialah burung sosial, hingga beberapa pemilik yang memiara budgie berpasangan agar melipur satu sama lain. Budgie nampaknya paling berbahagia bila dipiara berpasangan. Satu ekor burung dapat baik saja sepanjang Anda dapat habiskan beberapa waktu untuk berhubungan sama mereka tiap hari.

Makanan

Macam ialah kunci skema makan yang sehat untuk budgie Anda karena burung-burung ini sebagai pemburu yang bermacam di alam liar. Biji menjadi sisi bergizi dari menu makan budgie, tapi karena tinggi lemak, biji cuman bisa jadi jatah makanan.

Pakan pelet kerap kali sebagai opsi yang bagus untuk burung, karena gizi imbang. Biji dan pelet bisa diberi dalam gabungan, tapi makanan lain harus juga lengkapi diet, terhitung bermacam sayur fresh (wortel, brokoli, jagung, bayam, kacang-kacangan, dll.) Dan buah.

Bersabarlah dengan budgie setiap Anda mengenalkan makanan baru, karena hal tersebut dapat mengerikan untuk burung. Biji bertunas sebagai langkah terbaik untuk menambahkan macam pada makanan burung Anda, tapi alpukat, coklat, gula, dan garam harus dihindari.

Tulang sotong bisa disiapkan untuk sumber kalsium, tapi pasir tidak dibutuhkan dan dapat beresiko bila budgie makan begitu banyak.

Olahraga

Waktu terbang gratis penting untuk budgie; upayakan tawarkan beberapa saat tiap hari di ruang yang aman. Tanaman hias yang besar menjadi taman bermain yang bagus. Budgie memerlukan bermacam mainan untuk merangsang psikis dan latih. Yang terbaik ialah merotasi mainan tiap bulan atau lebih buat menghindarinya jemu.

Permasalahan Kesehatan Umum

Budgie rawan pada beberapa permasalahan yang serupa seperti burung beo yang lain, tapi juga mempunyai beberapa permasalahan yang unik untuk spesies ini. Mereka bisa rawan pada penyakit gondok yang disebabkan karena kekurangan yodium atau meningkatkan tumor bila makanannya memiliki kandungan kebanyakan beberapa bijian dan masih kurang sayur dan buah.1 Budgie dapat terserang psittacosis ( disebutkan demam burung beo, yang disebabkan karena bakteri) 2 dan mereka menjadi mangsa tungau bersisik yang serang kulit di kaki dan di seputar mata.

This entry was posted in Website and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.