Tumbuh Kembang Ideal Anak Usia 2 Tahun

Tumbuh Kembang Ideal Anak Usia 2 Tahun

Tiap anak memiliki tubuh kembang yang beda antara anak satu dengan yang lainya berdasarkan usianya. Pada anak yang berusia dua tahun otak meraka telah saling terhubung antara saraf yang ada dengan jumlah yang tidak bisa di hitung oleh manusia. Hal ini membuat anak sedikit banyaknya akan paham terhadap sesuatu sesuai dunia kecil miliknya.

Anak dengan usia dua tahun pada umumnya sudah paham akan enak gak enak, jauh dekat, atas bawah, di dalam atau di luar dll. Pemahaman di lingkungan sekitar pada anak usia 2 tahun sudah bisa di lihat secara langsung oleh orang tuanya. Misalnya anak sudah mau berjalan mengikuti arahan dari orang tuanya dll

Secara umum anak yang berusia dua tahun memiliki pertumbuhan sebagai berikut ini

  • Fisik, anak yang berumur 2 tahun akan mengalami tumbuhnya gigi pertamanya dengan jumlah bervariasi setiap anak, tapi pada umumnya 16 gigi. Selain itu berat badan juga akan mengalami kenaikan, lingkar kepala sedikit besar dan tinggi badan. Anak yang di usia dua tahun pada umunya bisa mencapai 10-13kg dengan tinggi pada umunya 80-90 cm.
  • Perkembangan pada Sensorik dan kognitif, pada usia 2 tahun anak mulai mampu berbicara 2 sampai 3 kosa kata dan seiringnya berjalannya waktu bisa mencapai 50 sampai 300 kata, tergantung ke setiap individu anak lagi. Hindari anak dari menonton tv dan gadget, sebagai orang tua seringlah berkomunikasi dengan anak agar kosa kata yang di dapatkan anak semakin banyak serta perkembangan sensorik dan kognitif menjadi lebih cepat.
  • Perkembangan pada keterampilan motorik, pada umur dua tahun anak mulai bisa berkordinasi dengan lebih baik di bandingkan sebelumnya. Keseimbangan pada anak juga menjadi lebih stabil, tidak mudah terjatuh saat berjalan.
  • Perkembangan sosial dan emosi, dia usia dua tahun ke atas anak sudah mulai belajar untuk mengendalikan emosinya tentunya secara bertahap. Di usia ini anak mulai menirukan tindakan orang-orang di sekitarnya mulai dari gerakan hingga kata-katanya. Di usia ini biasanya muncul kebiasanya yang umumya tidak di sukai oleh para orang tua seperti menghisap jempo dll oh ya ada juga anak yang mengalami temper tantrum, dimana kondisi emosi anak cenderung meledak-ledak dengan menjerit, menggigit dan menendang apa yang ada di sekitarnya. Biasanya muncul saat lapar dan tidak nyaman.

Untuk membantuk tumbuh kembang anak bisa di bantu dengan memberikan susu pertumbuhan anak 2 tahun yang mana mengandung nutrisi yang di butuhkan oleh otak dan tubuh agar tumbuh secara maksimal di anak usianya.

Libatkan anak pada kegiatan anda sebagai orang tua, aja komunikasi untuk tumbuh kembang yang baik dan pastikan anak beristirahat yang cukup.

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.