Welcome to Our Website

Tips Menghapalkan Asmaul Husna Bagi Si Kecil

Asmaul Husna secara bahasa berarti nama-nama yang baik dan indah, maksudnya yaitu nama-nama yang menjelaskan sifat-sifat Allah swt yang indah dan baik. Mengenak dan membaca Asmaul Husna dan artinya memiliki segudang keutamaan dan manfaat. Menurut Syekh Shalih al-Ja’fari, beliau mengatakan bahwa, “Orang yang berdoa dengan Asmaul Husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahman ar-Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwash Asma’ ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 16). Dengan membacanya saja sudah banyak manfaat yang didapat, apalagi dengan menghapalnya. Apabila anda memiliki anak usia 4~5 tahun,sangat baik mengenalkan Asmaul Husna dan artinya, karena saat masih usia dini perkembangan otak anak sangat menyerap dengan baik. Tentunya dengan beberapa cara supaya si kecil dapat menghapalnya dengan baik dan cepat. Berikut adalah tipsnya.

  • Mengenal Asmaul Husna harus bertahap

Mengenalkan Asmaul Husna dan artinya, terutama kepada si kecil, tentunya harus bertahap. Seperti mengenalkan satu asma Allah dan artinya per hari. Tidak perlu terburu-buru, lebih baik bertahap agar tidak merasa terbebani dan paham, sehingga ingatan juga kuat dan berani untuk mengamalkan.

  • Mendengarkan Asmaul Husna dari audio

Apabila si kecil lebih menyukai audio, lebih baik menggunakan metode mendengarkan. Caranya dengan memutar lagu Asmaul Husna beserta artinya, dengarkan ketika sedang santai atau sedang mengerjakan tugas secara berulang.

  • Metode irama

Sudah tidak asing lagi, metode menghapal Asmaul Husna dengan irama menjadi menyenangkan dan mudah. Pilih irama sesuai kesukaan, lalu dengarkan dan ikuti. Lakukan hal ini secara rutin, apabila si kecil merasa bosan dengan satu irama bisa mencoba irama lainnya.

  • Setor hapalan

Biasanya cara setor hafalan ini pun sangat efektif untuk menghapal Asmaul Husna. Si kecil dapa menyetorkan hapalan Asmaul Husna yang sudah dihapalkannya kepada orang tua.

  • Membaca secara berulang-ulang

Jangan khawatir apabila si kecil tidak suka menghapal, anda dapat mengajak si kecil untuk membaca Asmaul Husna secara rutin. Seperti membuat jadwal membaca sehabis salat fardu atau di waktu tertentu untuk membaca Asmaul Husna.

  • Membuat catatan kecil di dinding

Tulis catatan kecil menggunakan sticky note warna-warni di dinding kamar. Posisikan catatan kecil ini terbaca setiap kali sedang berkegiatan di kamar secara suka-suka. Dari sticky note ini mata akan terbiasa melihat dan otomatis catatan kecil terbaca oleh si kecil, dan hapal beberapa asma Allah swt dalam waktu tertentu.

  • Menulis Asmaul Husna di kertas

Tidak berbeda dengan membaca dan mendengarkan, metode menulis pun bisa dipakai untuk menghapalkan Asmaul Husna. Anda dapat mengajak si kecil untuk menulis asma Allah di buku sebanyak-banyaknya hingga akhirnya dapat menghapal, karena lewat menulis, secara tidak langsung kita mengulang-ulang hapalan.

  • Berdoa supaya dimudahkan menghapal

Selain menerapkan cara menghafal, perlu juga berdoa untuk dimudahkan dalam mengingat Asmaul Husna dan artinya. Karena dengan menghapal asma Allah swt, maka ada keberanian untuk mengamalkan dan mendatangkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah merupakan tips menghapalkan Asmaul Husna dengan mudah yang dapat dipraktekkan oleh si kecil. Proses menghapal akan mudah dilaksanakan apabila ada kemauan yang besar dari si kecil. Oleh karena itu, orang tua harus membimbing si kecil untuk menghapal secara bertahap dan konsisten.