Welcome to Our Website

Tips Mendesain Poster

Poster sekarang menjadi media yang hemat biaya untuk mempromosikan bisnis. Banyak  pemasar meluncurkan kampanye poster untuk mengiklankan produk atau layanan mereka yang baru diperkenalkan.

Mereka juga mengumumkan beberapa pengurangan harga yang menarik menggunakan poster. Karena usaha kecil mencari cara untuk memotong biaya periklanan dan pemasaran, poster adalah alat favorit mereka untuk menarik perhatian pelanggan.

Salah satu elemen kunci dalam mendesain poster adalah ukurannya yang berbeda. Desain poster tersedia dalam berbagai ukuran.

Tetapi ukuran umum adalah 8,5 kali 11 inci dan 11 kali 17 inci, dan 22 inci kali 34 inci. Ada juga format yang lebih besar dalam 24 kali 36 inci.

Sementara poster umumnya dirancang dengan orientasi vertikal, poster juga dirancang secara horizontal atau vertikal.

Poster bisa berantakan atau lugas. Jika terlalu banyak warna, font, gambar atau tokoh animasi yang terlibat dalam menyampaikan informasi atau pesan, itu membingungkan pemirsa.

Tetapi seorang desainer berpengalaman hanya menyukai beberapa elemen sehingga pemirsa dapat fokus pada pesan.

Kekuatan poster dalam membangkitkan kesadaran tentang suatu masalah atau menyampaikan pesan merek dan memikat audiens untuk membeli produk atau layanan sangat besar.

Hal ini terlihat dari beberapa desain poster inspiratif yang memukau kita dengan kemampuan kreatif mereka.

Setelah Anda memiliki inspirasi untuk melakukan sesuatu yang kreatif, Anda siap untuk mendesain poster yang menonjol.

Baiklah langsung saja ini dia tips-tips membuat poster. Selamat membaca.

Tips Membuat Poster

tips membuat poster

Berikut ini merupakan beberapa tips ampuh yang wajib Anda ketahui ketika akan membuat sebuah poster untuk keperluan apapun.

1. Dapat Dibaca Dari Jarak Jauh

Poster terlihat dari jarak yang cukup jauh karena ukurannya yang besar. Namun informasi yang mereka sampaikan juga harus dapat dibaca dari jarak yang wajar.

Orang tidak peduli untuk datang terlalu dekat dari poster untuk membacanya. Tidak banyak dari mereka akan membaca poster dalam cetakan halus.

Teks ditampilkan dalam desain poster dalam tiga lapisan berbeda. Di bagian atas, ada judul dengan huruf tebal.

Hal ini dapat dibaca dari kejauhan karena font yang lebih besar. Pilih jenis huruf yang mudah dibaca tetapi menarik yang menarik perhatian.

Tingkat kedua dari teks adalah detail. Berikan informasi utama dan pesan poster Anda. Tetapi berikan detail dalam ukuran font yang merupakan setengah dari judul utama.

Atau, jika Anda ingin menggunakan skala yang lebih besar, pastikan skala terpisah dari judul. Detail lain yang tidak terlalu penting dapat diletakkan di bagian bawah poster dengan font yang lebih kecil.

2. Buat Beberapa Kontras

Orang-orang tidak punya waktu akhir-akhir ini untuk memperhatikan hal-hal di sekitar mereka. Waktu perhatian mereka lebih pendek hari ini daripada sebelumnya.

Mereka tidak peduli untuk melihat poster dari dekat kecuali desainnya memaksa mereka untuk melakukannya. Tetapi jika ada beberapa elemen kontras, itu akan menarik perhatian mereka ketika mereka melirik poster Anda.

Kontras membuat kita melihat hal-hal secara instan karena ada perbedaan besar antara dua elemen yang menarik perhatian terutama jika seseorang membuat poster film menggunakan pembuat poster film.

Jadi, Anda bisa menggunakan warna gelap dan terang. Hitam murni dan putih murni menawarkan nilai warna kontras tertinggi. Anda juga dapat mencoba menggabungkan teks gelap dengan latar belakang terang.

Jadi, daripada menggunakan palet warna yang monoton, sebaiknya Anda memilih warna yang tampak sangat berbeda. Demikian pula, gunakan tipografi dengan berbagai ukuran yang dapat dilihat orang dengan mudah dari kejauhan.

Faktanya, kontras dapat dicapai dengan banyak cara oleh seorang desainer poster. Hal ini dapat dipastikan dengan intensitas warna, dengan bentuk dengan menempatkan organik pada geometris dan tepi pada sudut.

Anda juga dapat bereksperimen dengan skala vs. ukuran ketika memikirkan kontras sebagai elemen desain yang mengesankan. Kontras spasi dan ruang putih juga bisa menarik perhatian.

Teknik lain termasuk kontras dengan pengulangan dan pola, posisi dan orientasi, kedekatan dan pemisahan, kombinasi font, dan fitur kompleks dan sederhana.

3. Pertimbangkan Lokasi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain poster adalah lokasi. Ketahui di mana poster akan ditempatkan.

Tetapi banyak faktor seperti ukuran poster dan kekacauan visual termasuk dalam menentukan lokasi.

Orang-orang harus dapat melihat ajakan bertindak Anda. Ini adalah faktor penting. Misalnya, jika poster Anda akan digantung di dinding hijau, Anda mungkin ingin menggunakan skema warna yang kontras.

Anda harus secara eksplisit memberi tahu desainer, yang layanan desain grafisnya Anda gunakan, tentang lokasi poster akan muncul. Ini mungkin situs fisik atau situs online. Perancang akan mempertimbangkan lokasi dan mendesain poster yang sesuai.

4. Menonjol

Poster Anda akan dipublikasikan secara online atau ditampilkan di papan buletin. Banyak poster lain sudah ada di tempat-tempat ini. Oleh karena itu, poster Anda akan bersaing keras untuk menarik perhatian orang.

Untuk memperebutkan perhatian audiens, poster Anda harus menonjol. Itu harus menjadi visual yang spektakuler. Ketika orang melewati poster, mereka harus melihat lebih dalam untuk membaca isinya. Jika itu tidak terjadi, maka desainnya perlu diperbaiki.

Seorang desainer grafis profesional harus membuat poster Anda dengan konsep baru dan penggunaan warna dan tipografi yang unik. Idenya di sini adalah untuk membuatnya terlihat unik sehingga orang dapat membaca konten dan pesan Anda.

5. Jadikan Skalabel

Sebagian besar desain poster dimaksudkan untuk proyek cetak, yang mengharuskan Anda membuat poster mini juga.

Ingatlah bahwa klien Anda akan menggunakan poster di berbagai tempat untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari platform online dan offline.

Akan lebih baik jika Anda dapat membuat versi poster yang berbeda menggunakan template poster . Desainnya harus sedemikian rupa sehingga terlihat sama efektifnya dalam versi mininya.

6. Gunakan Gambar Besar

Salah satu trik penting untuk menarik perhatian adalah dengan menggabungkan satu gambar besar yang dapat mereka lihat dari jarak yang wajar. Anda dapat memilih ilustrasi atau teks, foto atau gambar besar.

Anda harus mempertimbangkan wajah atau elemen desain dari dekat, ilustrasi, adegan, dan bahkan tipografi baru. Tetapi Anda harus memilih visual dengan hati-hati.

Sebuah gambar besar dan mengesankan di tengah atau atas poster tidak hanya akan menarik perhatian, tetapi juga akan membantu dalam mengarahkan pelanggan.

Citra besar akan melekat dalam ingatan pemirsa untuk waktu yang lama, yang juga membantu dalam membangun identitas merek Anda.\

7. Perhatikan Tipografi

Tipografi adalah elemen kunci lain yang dapat membuat poster Anda terlihat luar biasa. Tetapi pastikan bahwa penggunaan tipografi itu unik.

Salah satu karakteristik tipografi adalah bahwa mereka menambahkan beberapa kepribadian ke desain terutama ketika Anda membuat logo kustom . Ingatlah bahwa sementara warna membangkitkan emosi, tipografi memberikan kepribadian pada desain.

Perlu dicatat bahwa beberapa poster terbaik adalah yang dibuat dengan warna dan tipografi saja tanpa menggunakan ilustrasi dan gambar.

Pastikan Anda mengikuti prinsip tipografi. Jangan menggunakan banyak font di satu lokasi di poster.

Namun, Anda harus bereksperimen dengan tipografi dengan membuatnya lebih besar, lebih luas, lebih berani, dll.

Ini adalah cara untuk mengatur nada untuk proyek Anda. Gunakan jenis huruf yang secara tepat mewakili suasana acara.

Artikel terkait lainnya tentang jenis-jenis poster bisa juga kalian baca di fatasama.com

Penutup

Nah, itu tadi merupakan sedikit pembahasan tentang beberapa tips ampuh yang wajib kalian ketahui sebelum membuat desain poster. Semoga bermanfaat.