Welcome to Our Website

Sering Digunakan, Inilah 3 Bahasa Pemrograman Terbaik dan Mudah Dipelajari

bahasa pemrograman terbaik?

Programming merupakan aktivitas pengembangan perangkat lunak atau software menggunakan susunan kode dari bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman memiliki peran yang sangat besar dalam pembuatan maupun pemeliharaan sistem pada suatu program komputer.

Hingga saat ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang telah diaplikasikan secara luas oleh berbagai pihak pengembang. Setiap bahasa pemrograman memiliki keunikan, tingkat kompleksitas dan keistimewaannya masing-masing.

Oleh karena itu, setiap developer (pengembang) perlu menguasai setidaknya satu macam bahasa pemrograman terbaik, atau bahkan lebih. Kamu dapat memilih jenis bahasa yang paling sesuai dengan minat, kebutuhan, atau tujuan karir kedepan.

Bahasa Pemrograman dan Sering Digunakan

Bahasa pemrograman merupakan sarana komunikasi antara pengembang dan komputer. Bahasa ini ditulis dalam bentuk kode-kode unik dan berisi kumpulan instruksi untuk menjalankan tugas tertentu.

Sebelum memilih bahasa pemrograman terbaik yang ingin dikuasai, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting terlebih dahulu. Contohnya adalah bagaimana produktivitas bahasanya, kebutuhannya, efektivitasnya, dan seberapa lama waktu untuk mempelajarinya.

Ada tiga jenis bahasa pemrograman yang bisa kamu pilih yakni bahasa pemrograman tingkat rendah, tingkat menengah, dan tingkat tinggi. Berikut adalah jenis bahasa pemrograman yang paling sering digunakan oleh banyak industri digital.

1. PHP

PHP adalah jenis bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membangun dan mengembangkan website. PHP merupakan kependekan dari Hypertext Preprocessor, merupakan bahasa skrip yang sering digunakan dalam pembuatan situs web dinamis dan untuk membangun CMS (Content Management System).

PHP merupakan bahasa pemrograman dalam server website yang dapat digunakan untuk menulis kode HTML, JavaScript, dan CSS. Hasil penulisan kode php dapat disimpan dengan ekstensi file .php.

Kamu dapat belajar PHP dengan cepat karena bahasa pemrograman ini cenderung mudah dipelajari, fleksibilitasnya tinggi, pilihan databasenya variatif, dan masih banyak lagi. Meski lebih sering dipakai untuk pengembangan situs web, bahasa PHP juga bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi komputer.

2. Phyton

Phyton dikenal sebagai bahasa pemrograman yang sangat ramah pengguna. Bahasa ini sering dipakai dalam pengembangan AI atau Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), pembelajaran mesin, aplikasi berbasis GUI, Big Data, Robotika, dan lain sebagainya.

Phyton telah menjadi bahasa pemrograman terbaik favorit dunia dan telah menciptakan banyak produk teknologi besar. Contoh produk terkenal yang dihasilkan dari bahasa Phyton adalah Google, Yahoo, Youtube, Nasa, Wikipedia, Instagram, dan masih banyak lagi.

Phyton tergolong sebagai bahasa pemrograman yang terbuka (open source), tata bahasanya mudah dipahami, library-nya luas, fleksibel, memiliki sistem pengelolaan data otomatis, serta mudah diaplikasikan.

Phyton bahkan dapat melakukan eksekusi perintah multi guna secara langsung melalui penggunaan metode orientasi objek. Phyton juga dapat memberikan tingkat keterbacaan syntax dengan menggunakan semantik dinamis.

3. JavaScript

Bahasa pemrograman terbaik dan sering digunakan selanjutnya adalah JavaScript. Bahasa ini umumnya dipakai untuk mengembangkan situs web di bagian perangkat pengunjung (client), berkebalikan dengan PHP yang bekerja di sisi server suatu website.

Penggunaan JavaScript dapat mendukung kinerja situs yang lebih responsif. Selain dipakai dalam pengembangan website, JavaScript juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi ringan dan mudah dikembangkan. Apalagi bahasa program ini dapat disimpan dalam penyimpanan yang relatif ringan dan kecil.

Dari tiga bahasa pemrograman terbaik di atas, mana yang paling ingin kamu pelajari dan kuasai?