Welcome to Our Website

Selain Untuk Mengalirkan Air, Pipa PVC Juga Bisa Dijadikan Kerajinan Tangan

Pipa merupakan salah satu material yang tidak kalah penting yang harus ada ketika kamu akan membangun sebuah rumah, gedung, atau bangunan lainnya. Fungsi pipa ini sebagai media saluran air didalam sebuah bangunan. Awalnya, hanya tersedia jenis jenis pipa yang terbuat dari bahan logam seperti besi atau tembaga yang mana bisa membuat pipa itu sendiri menjadi mudah keropos dan karatan. Karena hal itu, pipa dari bahan plastik semakin populer digunakan untuk perumahan. Selain materialnya yang sangat ringan, harga pipa PVC juga cukup terjangkau.

Salah satu jenis pipa yang cukup populer dan digemari masyarakat Indonesia saat ini adalah pipa PVC atau Polyvinyl Chloride. Pipa PVC merupakan pipa thermoplastic pertama yang digunakan untuk saluran air. Pipa PVC terbuat dari bahan baku Polivinil Klorida atau biasa dikenal dengan istilah PVC atau pipa uPVC. Pipa PVC tidak hanya anti karat dan tidak mudah keropos saja, namun juga memiliki banyak kelebihan lainnya, seperti :

  1. Mudah dan cepat proses pemasangannya.
  2. Relatif murah dan terjangkau harganya.
  3. Teksturnya sangat kuat.
  4. Halus permukaannya
  5. Dan aman untuk saluran air minum.

Pipa PVC terbagi menjadi beberapa macam jenis berdasarkan ukuran, ketebalan, serta bentuknya. Di Indonesia sendiri, brand produk pipa PVC ini tersedia dalam berbagai jenis, termasuk penggunaan standar industri. Dari beberapa standar tersebut, yang populer digunakan dibanyak produk pipa PVC adalah SNI dan JIS.

Simak detail spesifikasi pipa PVC, dibawah ini :

  1. Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukurannya, pipa PVC biasanya disediakan dengan panjang hingga 4 meter. Sedangkan untuk diameternya bervariasi mulai dari ½ inch, 1, 1 ¼, ¾, 2, hingga 6 inch.

  1. Berdasarkan Ketebalan

Sedangkan berdasarkan ketebalannya, pipa PVC terbagi menjadi 3 tipe yaitu tipe C, AW, dan D. Pipa AW merupakan pipa yang paling tebal dan cukup kuat. Pipa AW memiliki kemampuan tekan hingga 10 kg/cm2.

Sementara tipe pipa D memiliki ketebalan minimum dan mampu menahan beban hingga 5 kg/cm2. Dan untuk tipe pipa C merupakan pipa yang ketebalannya paling tipis diantara yang lainnya.

  1. Berdasarkan Bentuknya

Jika berdasarkan bentuknya, pipa PVC terbagi menjadi 4 jenis yaitu pipa talang, pipa MOF, pipa polos, serta pipa fitting atau sambungan. Keempat jenis pipa tersebut memiliki fungsi masing masing yang berbeda.

Sekarang kamu sudah tahu kan fungsi, kelebihan, dan jenis jenis pipa PVC? Sebenarnya, masih ada satu hal lagi yang harus kamu ketahui. Ternyata, fungsinya tidak hanya sekedar untuk mengalirkan air saja. Namun, ditangan tangan orang kreatif, kelebihan pipa PVC ini bisa dijadikan kerajinan tangan yang menarik dan unik yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari.

Lantas, barang barang apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan pipa PVC? Yuk, temukan jawabannya dengan menyimak penjelasan dibawah ini :

  • Lubang biopori dari Pipa PVC. Lubang biopori merupakan lubang yang dibuat tegak lurus kedalam tanah. Lubang biopori memiliki diameter sekitar 10 hingga 30 cm. Kemudian, lubang tersebut diisi dengan sampah organik yang berfungsi sebagai makanan untuk makhluk hidup didalam tanah, misalnya cacing dan akar tumbuhan. Sebaiknya pembuatan lubang biopori ini dilakukan pada area terbuka yang akan terkena air hujan seperti dihalaman rumah, sekitar pepohonan, tempat parkir, dan lainnya.
  • Pipa PVC bisa juga dibuat menjadi lampu hias.
  • Pipa PVC dikreasikan menjadi gantungan baju.
  • Pipa PVC juga bisa digunakan untuk membuat akurium cantik.