Welcome to Our Website

Review Toyota HiAce

Toyota HiAce

Seperti yang kita ketahui bersama, Toyota HiAce sudah cukup lama hadir di pasar mobil Indonesia, tepatnya sejak tahun 1980-an. Kemudian pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diselenggarakan tahun 2017, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota HiAce yang dilengkapi dengan versi mewah, disusul dengan edisi khusus Toyota HiAce 50th Anniversary Edition.

Minivan kelas C ini didatangkan langsung dari pabrik Toyota di Thailand. Sejauh ini, Toyota HiAce telah mengalami banyak perubahan desain dan fungsi.

Di bidang MPV komersial, Toyota Hiace bersaing ketat dengan beberapa model lain seperti Isuzu Elf dan Mitsubishi Colt L300. Di Indonesia sendiri, ada empat model Toyota HiAce yang beredar di pasaran. Rincian harga adalah sebagai berikut.

Harga Toyota HiAce

Toyota HiAce dijual dalam berbagai tipe bodi, namun kebanyakan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Eksterior

Desain eksterior Toyota HiAce terlihat sangat chic. Mobil ini menggunakan desain boxy yang unik dan terlihat sangat elegan. Jika ada kebutuhan besar untuk menggunakan Toyota HiAce sebagai mobil MPV komersial mewah untuk segmen penumpang eksklusif, tidak mengherankan.

Pada bagian depan Toyota HiAce, Anda dapat melihat desain baru gril radiator dan lampu depan berlapis krom. Selain itu, gagang pintu dan penutup kaca spion samping juga dihias dengan krom. Kedua fitur eksternal ini hanya berlaku untuk model Toyota HiAx Commuter Manual Luxury.

Untuk desain jendela Toyota HiAce, desain yang digunakan Toyota juga elegan di semua variannya.

Untuk tipe lainnya hanya memiliki tampilan dasar tanpa aksen tambahan.

Untuk pemilihan warna sendiri, Toyota HiAce hanya menyediakan tiga pilihan warna yang senada. Tiga warna tersebut antara lain silver metalik, putih dan beige metalik.

Interior

Seperti yang kita ketahui bersama, interior kabin Toyota Hiace tidak hanya luas, tetapi juga sangat nyaman. Toyota HiAce STD Manual dan Commuter Manual dapat menampung hingga 16 penumpang.

Meski model Toyota HiAce Commuter Manual memiliki kapasitas penumpang yang lebih kecil, namun Toyota HiAx memberikan kemewahan lebih di dalam kabin melalui penggunaan kursi ala captain seat. Jok kombinasi hitam dan coklat serta cup holder di samping Toyota HiAxe juga terlihat sangat mulus.

Karena ukuran Toyota HiAx yang besar, kabinnya juga cukup lega. Ruang kaki dan ruang kepala mobil ini juga cukup leluasa bagi penumpang Toyota HiAxe.

Guna meningkatkan kenyamanan penumpang saat mengendarai mobil Toyota HiAxe, telah disematkan Advanced Head Unit AVX berukuran 6 inci yang mendukung berbagai format musik, seperti radio AM/FM, DVD, CD, USB, Bluetooth dan iPod. Penyejuk udara juga dipasang di atap setiap kursi, yang dapat disesuaikan oleh masing-masing penumpang.

Ada juga beberapa fungsi pada dashboard depan Toyota HiAx, seperti pengaturan kontrol iklim dan tuas transmisi. Pada varian Toyota HiAce Commuter Manual juga terdapat power window, mobil MPV komersial sejenis biasanya tidak memiliki window seperti ini.

Semua varian tersebut juga memiliki panel instrumen ergonomis yang dapat menampilkan informasi berkendara sekaligus memberikan kenyamanan berkendara. Dashboard ini juga dilengkapi dengan kotak penyimpanan multifungsi dan kotak sarung tangan untuk menyimpan barang.

Fitur

Sebagai fitur keselamatan standar, Toyota telah menyematkan dual SRS airbag dan sabuk pengaman 3 titik untuk penumpang depan, serta semua kursi dilengkapi dengan pretensioner dan force limiter.

Bagi yang belum tahu, fungsi pretensioner adalah mengencangkan sabuk pengaman secara otomatis jika terjadi tabrakan dan melindungi penumpang dari benturan dari depan. Pembatas gaya adalah membatasi kekuatan sabuk untuk menyesuaikan berat dan meminimalkan risiko cedera.

Fitur keselamatan lainnya juga disematkan, seperti rem cakram di roda depan. Untuk memaksimalkan efek pengereman, sistem pengereman anti-lock (ABS) dan fungsi bantuan rem diperbaiki.

Khusus untuk versi tertinggi, mobil ini menyematkan berbagai fungsi lanjutan, termasuk kontrol stabilitas kendaraan, hill start assist, dan sinyal pengereman darurat. Toyota juga telah menyematkan jok Isofix dan Toyota Mini untuk penumpang anak.

Suspensi depan Toyota HiAce mengadopsi suspensi double wishbone dengan stabilizer, dan suspensi belakang mengadopsi suspensi axle beam.

Sekarang kita beralih ke fungsi hiburan.

Selain itu, terdapat fungsi pengatur suhu dan pendingin udara di langit-langit kabin.

Pada saat yang sama, di semua model Toyota HiAce, berbagai fungsi kenyamanan standar juga disematkan. Fitur-fitur ini termasuk gigi pusat, power window atau penyesuaian jendela otomatis, akses mudah dan penyesuaian posisi kursi yang lebih baik.

Mesin dan Performa

Semua model Toyota HiAce dilengkapi dengan mesin yang sama, mesin 16-katup DOHC CRDi 4 silinder.

Mesin yang dimiliki Toyota HiAce bisa dikatakan sangat bertenaga.

Sementara itu, varian Toyota HiAce Premio sendiri memiliki output tenaga yang lebih besar. Tenaga yang dihasilkan mencapai 152 tenaga kuda dan torsi mencapai 420 Nm.

Jangan lupa untuk membelikan asuransi mobil Toyota HiAce agar mobil milik anda terjamin keamanannya.