Welcome to Our Website

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa pembelajaran yang penting, khususnya bagi umat Islam. Mengapa? Karena bahasa Arab adalah bahasa utama yang digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk beribadah (seperti berdoa dan membaca Al-Qur’an), dan itu adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di planet ini.

Karena pentingnya belajar bahasa Arab, setiap Muslim harus mempelajari bahasa ini sejak usia dini. Seperti halnya bahasa-bahasa lain, belajar bahasa Arab mengharuskan terlebih dahulu mengetahui huruf Hijaiyah (dalam bahasa Latin, huruf A sampai Z).

Belajar bahasa Arab bukan hanya soal ibadah bagi umat Islam, tetapi aspeknya juga sangat luas. Misalnya, jika Anda ingin berbisnis dengan orang Arab atau mencari ilmu di negeri mereka, maka Anda perlu memahami bahasa mereka agar aktivitas Anda bisa berjalan lancar (walaupun sebenarnya bisa menggunakan bahasa Inggris).

Belajar bahasa Arab (dan bahasa lainnya) di zaman modern tidaklah sulit. Dengan teknologi canggih, Anda bahkan bisa belajar bahasa secara manual. Ya, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang membantu Anda menguasai bahasa Arab melalui perangkat smartphone Anda.

Nah, pada poin kali ini kita sedang membahas 10 aplikasi pembelajaran bahasa arab yang bisa digunakan di smartphone. Melalui aplikasi belajar bahasa arab ini semoga pengetahuan bahasa anda bertambah. Apa saja aplikasi belajar bahasa Arab? Simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Kamus Arab Indonesia

Mengapa melihat melalui kamus? Karena ini adalah sumber utama kami untuk belajar kata-kata. Jika sebelumnya Anda menggunakan kamus berbentuk buku, kini Anda dapat membuka kamus dalam bentuk aplikasi yang mudah digunakan.

Kamus Indonesia-Arab adalah salah satu aplikasi utama untuk belajar bahasa Arab. Setelah itu, mulailah belajar bahasa Arab dengan mencari kata-kata bahasa Indonesia.

Kamus ini cocok untuk banyak orang karena mudah digunakan.

  1. Google Translate

Google Translate adalah aplikasi terjemahan bahasa yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Selain sangat mudah digunakan, aplikasi ini juga mendukung terjemahan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Arab tentunya.

Google Translate memiliki tiga fungsi utama yang sangat berguna untuk Anda. Yang pertama adalah fungsi terjemahan teks, yang mendukung 103 bahasa online dan 59 bahasa offline. Fungsi lainnya adalah untuk memungkinkan Anda mengarahkan kamera smartphone ke teks yang akan diterjemahkan dan mengambil foto.

Misalnya, ketika Anda sedang berjalan-jalan di Mesir. Anda akan menemukan rute kota yang ditulis dalam bahasa Arab. Anda hanya perlu mengambil gambar teks Arab, dan Google Terjemahan juga akan menampilkan terjemahan teks di layar ponsel Anda.

Ketiga, ada fitur yang memungkinkan Anda untuk berbicara dengan Google Translate, yang akan menerjemahkan apa yang Anda katakan ke dalam bahasa yang Anda inginkan. Fitur ini tentu sangat berguna bagi orang yang ingin belajar bahasa baru (termasuk bahasa Arab). Anda dapat mengunduh Google Terjemahan secara gratis di sini.

  1. Duolingo

Itu karena Duolingo memberi penggunanya metode pembelajaran yang sederhana dan cepat.

Sangat disarankan bagi pemula yang sedang belajar bahasa Arab untuk menggunakan aplikasi ini. Dalam aplikasi ini, fokus pembelajaran adalah mempelajari istilah kosakata, pengucapan dalam bentuk audio dan mini games untuk diingat.

Selain itu, tantangan dibuat setiap hari untuk mendorong siswa terus berinteraksi dengan Duolingo. Agar tidak penasaran, Anda bisa langsung mendownload aplikasi Duolingo di sini.

  1. Memrise

Memrise adalah salah satu aplikasi paling populer untuk belajar bahasa asing (termasuk bahasa Arab). Mengapa? Karena Memrise menyediakan fitur-fitur unik dan menarik, seperti belajar langsung dari penutur asli dan menggunakan aplikasi secara offline, pengguna juga dapat mencoba dubbing.

Memrise juga memberikan konsep pengajaran yang berulang sehingga Anda dapat dengan mudah mengingat kosakata penting. Unduh aplikasi Memrise di sini sekarang.

  1. Belajar Bahasa Arab + Suara

Selain itu, ada aplikasi belajar bahasa Arab yang cocok untuk anak Anda. Tentu saja, itu dilakukan dengan cara yang menyenangkan dengan gambar dan suara.

Metode pembelajaran bahasa Arab melalui aplikasi ini bersifat interaktif. Selain itu, anak juga akan menghadapi permainan yang menarik untuk membuat belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Aplikasi belajar bahasa arab ini masih menyediakan banyak fitur. Agar tidak penasaran, silahkan download aplikasi ini disini sekarang juga.

  1. Mondly

Berikutnya adalah aplikasi Mondly yang hampir mirip dengan Memrise. Aplikasi pembelajaran bahasa ini mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Arab. Belajar bahasa Arab di Mondly berfokus pada dialog dan membangun landasan tata bahasa dan kosa kata atas dasar ini.

Di Mondly, Anda juga dapat menemukan fitur seperti statistik pembelajaran, papan peringkat untuk tujuan motivasi, dan pembelajaran frasa.

Apakah Anda siap belajar bahasa Arab dengan Mondly? Jika sudah siap, silakan unduh aplikasinya di sini terlebih dahulu dan gunakan aplikasi Mondly sekarang.

  1. Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Aplikasi ini berisi dialog bahasa arab yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Topik percakapannya juga berbeda-beda, sehingga cocok untuk pemula yang masih belajar bahasa Arab.

Selain dialog, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya. Misalnya, fungsi belajar tata bahasa Arab. Dengan fungsi tersebut, pelajar tingkat menengah juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai bahan referensi.