Ramaikan Pasar Digital UMKM dan Dapatkan Keuntungannya

Pasar Digital UMKM menjadi salah satu platfrom yang disorot oleh banyak pihak setelah dirilis pada tanggal 17 Agustus 2020. Apalagi platfrom ini merupakan proyek besutan pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Memang platform ini dihadirkan untuk membangkitkan perekonomian Indonesia yang kian lesu di tengah wabah Covid-19. UMKM menjadi salah satu sektor yang terkenda dampak begitu besar. Mereka merasakan sulit sekali untuk mendapatkan pembiayaan. Selain itu, mereka juga merasakan permintaan yang sangat menurun.

Begitu halnya juga dengan BUMN yang kian sulit melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa. Mereka yang kerap kali lakukan pertemuan fisik ketika ingin melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa, sekarang harus rela perkejaan mereka tersendat.

Padahal pengadaan barang dan jasa bagi BUMN merupakan salah satu faktor penting untuk proses kerja dan kelancaran program-program mereka.

Dengan kedua pokok masalah ini, maka pemerintah melahirkan PaDi UMKM untuk menjadi sebuah solusi jawaban atas permasalah yang ada.

Bagi UMKM sendiri nantinya akan mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, Pasar Digital UMKM bisa menjadi salah satu tempat bagi mereka untuk memperluas akses mereka. Kedua, kesempatan melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN tentu dengan nominal yang cukup besar. UMKM bisa mengajukan pinjaman dengan menunjukkan invoice mereka.

Bagi BUMN sendiri, tentu PaDi UMKM menjadi salah satu langkah yang memudahkan mereka dalam melakukan pengadaan barang dan jasa. Mereka cukup menggunakan personal computer, laptop atau bahkan smartphone mereka untuk melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa.

Bagi pemerintah sendiri, tentu PaDi UMKM sangat membantu sebagai alat bantu pengawasan mereka terhadap belanja BUMN kepada UMKM. Selain itu, pemerintah bisa mendapatkan data profil UMKM yang valid dan lengkap. Dan selanjutnya dilakukan pemetaan usaha yang lebih baik ke depannya.

Ada banyak sekali kategori produk/barang dan jasa yang tersedia di PaDi UMKM. Di luar 8 kategori utama yang ada di halaman utama PaDi UMKM, ada 17 kategori yang saat ini sudah tercatat akan disediakan oleh PaDi UMKM, yakni;

  1. Barang Elektronik, Komputer dan Peripheral;
  2. Jasa Konsultan dan Penilaian;
  3. Alat dan Jasa Kesehatan-Keselamatan;
  4. Alat Tulis Kantor;
  5. Jasa Event Organizer;
  6. Jasa Mandor dan Tenaga Kerja Lainnya;
  7. Jasa Perawatan Elektronik dan IT;
  8. Jasa Perawatan Gedung;
  9. Jasa Perawatan Kendaraan;
  10. Jasa Percetakan dan Media;
  11. Jasa Travel dan Akomodasi;
  12. Produk/Barang/Jasa Konveksi dan Laundry;
  13. Produk/Barang/Jasa Pendidikan dan Pelatihan;
  14. Sewa dan Jasa Pengadaan Kendaraan;
  15. Produk/Barang/Jasa Pertanian dan Pertenakan;
  16. Jasa Sewa Gedung;
  17. Produk/Barang/Jasa Souvenir dan Merchandise

Bagi pelaku UMKM yang ingin mengetahui bagaimana cara mendaftar di PaDi UMKM, Anda bisa mengunjungi halaman berikut ini. Bagi pelaku UMKM yang ingin mengetahui keuntungan apa saja yang diberikan oleh PaDi UMKM, Anda juga bisa mengklik tautan berikut ini.

This entry was posted in teknologi. Bookmark the permalink.