Prospek atau Peluang Karr Jurusan Psikologi

Kebanyakan mahasiswa yang sudah lulus pasti bingung mau fokus ke IPA apa. Karena begitu Anda sudah memutuskan untuk kuliah, berarti Anda perlu tahu bidang ilmu apa yang Anda sukai. Salah satu yang paling populer akhir-akhir ini adalah jurusan psikologi.

Temukan psikotes online terbaik hanya di Golife.id

Nah, buat kamu yang bingung mau ambil jurusan apa nanti, memilih jurusan psikologi mungkin bisa jadi pertimbangan. Apa saja kelebihannya dan bagaimana prospek kerjanya, mari kita bahas bersama.

Mata Kuliah psikologi

Sebelum masuk jurusan psikologi, mari kita simak bersama, jurusan psikologi apa yang sebenarnya sedang dipelajari. Dengan melihat apa yang telah kita pelajari, nantinya kita akan menemukan kelebihan dan prospek pekerjaan yang relevan.

1. Filsafat
2. Statistik
3. Psikologi kepribadian
4. Psikologi klinis
5. Psikologi perkembangan
6. Biopsikologi
7. Psikometri
8. Metodologi Penelitian
9. Kursus tentang Alat Uji
10. Pengembangan Alat Ukur Psikologi

Perlu juga dicatat bahwa departemen psikologi juga peduli dengan data observasional, pengumpulan dan pengolahan. Jadi buat kamu yang juga hobi berhitung atau suka matematika, jurusan psikologi juga memiliki hubungan yang erat dengan matematika.

Prospek Jurusan Psikologi

Sekarang kita tahu apa yang telah kita pelajari, maka kita akan tahu tujuannya. Berikut adalah beberapa keuntungan dari gelar psikologi.
1. Peluang kerja menjadi dosen atau pengajar bidang ilmu Psikologi
2. Secara tidak langsung kamu akan memahami ilmu filsafat
3. Kamu bisa membentuk diri menjadi lebih baik sambil belajar
4. Akan memiliki kharismatik diri
5. Punya kemampuan mengolah data kuantitatif dan kualitatif
6. Kemampuan membuat modul pelatihan/program
7. Belajar hal-hal yang logis dan tentang kepribadian manusia kebanyakan

Prospek pekerjaan psikologis di perusahaan

Lulusan psikologi tidak bisa hanya bekerja di departemen SDM. Karena psikologi memiliki banyak jurusan, maka prospek pekerjaan psikologi dapat dikelompokkan menjadi:

1. Spesialis intervensi sosial

Lulusan di bidang ini umumnya bekerja di pemerintahan atau organisasi sosial untuk memecahkan masalah di masyarakat.

2. Psikometri

Pekerjaan di bidang ini umumnya adalah tugas membuat pengukuran psikologis manusia, seperti ukuran: motivasi, kenikmatan kejujuran.

3. Peneliti

Biasanya lulusan psikologi di bidang ini bekerja dengan banyak data besar di lembaga survei atau Badan Pusat Statistik.

4. Konsultan Psikologi

Kelompok ini biasanya bekerja sama dengan pihak ketiga, karena posisi psikolog di sini sebagai penyedia layanan.

Dapatkan soal tes psikologi gratis disitus Golife.id

Berikut prospek karir lulusan psikologi:

1. Dosen Psikologi

Setiap lulusan psikologi dapat menjadi dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dengan syarat minimal memiliki gelar magister psikologi (M.Psi.). Gaji dosen umumnya dihitung berdasarkan lamanya waktu mengajar dan jumlah kelas yang diikuti.

2. Guru Bimbingan Konseling

Lulusan psikologi juga dapat berkarir sebagai guru Konseling (BK) di tingkat SMP atau SMA. Jika Anda ingin mengajar di sekolah umum, maka Anda harus memilih PNS terlebih dahulu.

3. Konsultan karir

Menjadi konsultan karir merupakan alternatif untuk lulus dengan gelar psikologi. Seperti namanya, psikolog karir akan menangani orang-orang yang sedang mencari pekerjaan atau profesional. Konsultan karir diharapkan dapat membantu merencanakan dan memilih karir bagi klien.

4. Market researcher

Peneliti pasar atau peneliti pasar umumnya bekerja di perusahaan atau lembaga independen. Deskripsi pekerjaan seorang peneliti pasar adalah mengumpulkan, menganalisis data dari kondisi pasar atau perilaku konsumen.

5. Psikolog

Mungkin inilah profesi yang ditekuni lulusan psikologi. Meskipun secara umum, karir seorang psikolog dibagi lagi menurut konsentrasi. Psikolog diberi tugas untuk mengevaluasi, menganalisis perilaku dan mentalitas manusia.

6. Psikoterapis

Psikoterapis bisa dianalogikan dengan psikiater. Namun, pasien bukan satu-satunya orang yang dianggap sakit jiwa. Secara umum, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain atau psikoterapis untuk memecahkan masalah sosial.

7. Recruiter / Talent Acquisition Specialist

Perekrut adalah bagian dari Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan. Umumnya, perekrut adalah posisi pekerjaan yang dapat diterima oleh lulusan psikologi. Gaji seorang perekrut dengan pengalaman kerja 3-5 tahun rata-rata Rp.8.000.000-Rp. 25.000.000 per bulan.

8. Analis UX

Posisi analis UX umumnya di perusahaan internet atau yang memiliki produk dengan perangkat lunak. Analis UX bertanggung jawab untuk menganalisis tindakan konsumen saat menggunakan produk / layanan, dan kemudian menggunakan hasil analisis untuk meningkatkan produk / layanan perusahaan.

Estimasi gaji lulusan psikologi

Gaji yang diterima lulusan dengan gelar sarjana psikologi bervariasi, tergantung pada bidang karir mereka.

Lulusan S1 psikologi yang berprofesi sebagai peneliti pasar dengan pengalaman 2-4 tahun, menerima gaji Rp.5.000.000 – Rp.8.000.000.

Seorang perekrut atau spesialis akuisisi bakat dengan gelar sarjana psikologi, dengan pengalaman kerja 3-5 tahun, menerima gaji Rp. 8.000.000 – Rp. 25.000.000.

Untuk lulusan psikologi yang memilih menjadi konsultan dengan pengalaman 1-3 tahun, gajinya antara 10.000.000 – Rp. 15.000.000.

Ini adalah pembahasan tentang kelebihan dan prospek pekerjaan dari gelar psikologi, kenapa masih ragu untuk mengambil gelar ini?

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.