Prediksi Tiga Formasi Idaman Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games 2021

3 Formasi Idaman Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games 2021 - Indonesia Bola.com

Timnas Indonesia kembali memulai persiapan pemusatan latihan (TC) untuk mematangkan fisik, taktik, serta strategi menjelang SEA Games 2021. Pelatih Shin Tae Yong telah memanggil 36 pemain untuk pemusatan latihan di Jakarta mulai dari tanggal 8 hingga 28 Februari 2021.

Dalam pemusatan latihan kali ini, Shin Tae Yong melibatkan variasi pemain. Pelatih asal Korea Selatan ini juga menyertakan banyak pemain senior. Dari 36 pemain yang dipanggil, jumlahnya terbagi menjadi 14 pemain U-22, 14 pemain senior, dan 8 alumnus Timnas U-19. Mengapa ada begitu banyak pemain senior yang dilibatkan? Padahal seperti yang sudah sudah, SEA Games membatasi usia pemain yang terlibat dalam cabang olahraga sepak bola maksimal berumur 22 tahun.

Meski begitu, setiap Timnas masih diperbolekan mendaftarkan dua nama pemain senior. Regulasi ini mulai diberlakukan sejak tahun 2017. Bukan kali ini saja, TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 dihuni oleh banyak pemain senior. Karena pada kegiatan yang sama di bulan Desember 2020 lalu, Shin Tae Yong juga memanggil banyak pemain yang telah melewati usia 22 tahun.

Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI mengatakan bahwa pihaknya belum memegang handbook SEA Games 2021 mengenai regulasi pertandingan termasuk umur pemain. Ini bukan TC Timnas U-22 Indonesia, namun TC Timnas untuk Sea Games 2021.

Diluar itu, sudah ada prediksi tiga formasi idaman Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021. Berita bola dibawah ini susunan pemainnya :

  1. Formasi Idaman Pertama (4-4-2)

Formasi idaman pertama ini diisi oleh para pemain terbaik di posisinya masing masing jika SEA Games 2021 menghapus regulasi usia. Pelatih asal Korea Selatan itu diyakini akan tetap mengusung pakem 4-4-2. Pola ini telah dipakai Shin Tae Yong selama menangani Timnas Indonesia U-19 dalam setahun terakhir. Shin Tae Yong sangat memprioritaskan pemain sayap dalam formasi 4-4-2 ini.

Timnas Indonesia dengan formasi 4-4-2 diisi oleh Nadeo Argawinata (Penjaga Gawang), Bagas Kaffa (Sisi Sayap), Andy Setyo (Benteng Tangguh), Bagas Adi (Benteng Tangguh), Andik Rendika (Sisi Sayap), Adam Alis (Pemain Cadangan), Evan Dimas (Pos Gelandang Box To Box), Rizky Pellu (Lini Tengah), Osvaldo Haay (Winger), Muhammad Rafli (Lini Depan), dan Kushedya Yudo (Lini Depan).

  1. Formasi Idaman Kedua (4-4-1-1)

Dalam formasi idaman kedua ini digabungkannya alumnus Timnas Indonesia U-19, pemain U-22, dan pemain senior.

Timnas U-22 Indonesia dengan formasi 4-4-1-1 ini diisi oleh Nadeo Argawinata (Penjaga Gawang), Nurhidayat Haris (Bek Depan), Andy Setyo (Bek Depan), Bagas Adi (Bek Depan), Andik Rendika (Bek Depan), Yakob Sayuri (Sisi Sayap Kanan), Evan Dimas (Gelandang Jangkar), Hanif Sjahbandi (Gelandang Jangkar), Adam Alis (Pos Gelandang Sayap Kiri), Osvaldo Haay (Second Striker), dan Muhammad Rafli (Penyerang Tengah).

  1. Formasi Idaman Ketiga (4-4-1-1) Murni Berisikan Pemain Timnas U-22

Untuk formasi idaman ketiga ini murni berisikan pemain Timnas U-22 ditambah dua nama senior sesuai regulasi yang berlaku di SEA Games edisi terakhir.

Timnas U-22 Indonesia dengan formasi 4-4-1-1 yang murni berisikan pemain Timnas U-22 ini diisi oleh Muhammad Riyandi (Penjaga Gawang), Bagas Kaffa (Bek Sayap Kanan), Andy Setyo (Senior/Palang Pintu Utama), Nurhidayat Haris (Palang Pintu Utama), Pratama Arhan (Bek Sayap Kiri), Feby Eka Putra (Gelandang Sayap Kanan), Evan Dimas (Senior/Lini Tengah), Rachmat Irianto (Lini Tengah), Irfan Jauhari (Gelandang Sayap Kiri), Osvaldo Haay (Lini Depan), dan Muhammad Rafli (Lini Depan).

This entry was posted in sport. Bookmark the permalink.