Welcome to Our Website

Perlu Tahu! Keuntungan dan Kerugian Yang Didapat dari Menjalankan Bisnis Perseorangan

Ada banyak bentuk-bentuk badan bisnis yang tersedia di Indonesia. Bagi orang yang telah terjun di dunia bisnis, pasti telah tidak asing ulang mendengar beragam macam wujud atau model bisnis. Bentuk-bentuk badan bisnis yang tersedia di Indonesia, diantaranya adalah Perusahaan Perseorangan, Persekutuan Komanditer ( CV ), Perseroan Terbatas ( PT ), Firma dan lain lain.

Kali ini, kita dapat membicarakan kelebihan dan kekurangan badan bisnis perseorangan. Banyak sekali para calon pebisnis yang tetap belum mengerti bersama dengan pasti apa saja kelebihan dan kekurangan badan bisnis perseorangan.

Badan bisnis perseorangan merupakan suatu badan bisnis atau perusahaan yang dimiliki oleh pebisnis individu. Satu individu pebisnis yang jadi pemilik badan bisnis jadi orang yang mobilisasi perusahaannya.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan badan bisnis perseorangan :

A. Kelebihan badan bisnis perseorangan

  1. Pendirian badan bisnis perseorangan terlalu mudah. Tidak butuh akta formal (akta pendirian dari notaris) dalam pendiriannya namun untuk bisnis-bisnis khusus perlu meminta izin ke Pemerintah Daerah setempat.
  2. Pendirian badan bisnis perseorangan tergolong murah, sesuai untuk bisnis yang relatif kecil atau pebisnis yang punyai modal dan bidang bisnis yang terbatas.
  3. Pemilik punyai seluruh laba dari bisnisnya. Badan bisnis perseorangan amat mungkin pemilik menerima 100 persen laba yang dihasilkan.
  4. Pemilik memilki keleluasaan dalam perihal menyita keputusan. Pemilik bisnis bisa menentukan arah bisnisnya tanpa tersedia campur tangan dari pihak lain.

B. Kekurangan badan bisnis perseorangan

  1. Akses modal yang terbatas. Badan bisnis perseorangan relatif sukar untuk beroleh akses modal dari pihak luar, jikalau kredit bank.
  2. Pemilik badan bisnis perseorangan bertanggung jawab seutuhnya atas kewajiban-kewajiban bisnisnya.
  3. Badan bisnis perseorangan relatif sukar ikuti tender yang diadakan oleh Pemerintah.

Setelah mengerti kelebihan dan kekurangan badan bisnis perseorangan, Anda tidak perlu pusing ulang dalam menentukan wujud bisnis yang sesuai untuk Anda atau jika anda berminat mendirikan sebuah PT tetapi belum mengetahui car-caranya makan Anda bisa menggunakan jasa pembuatan PT yang terpercaya.