Welcome to Our Website

Pengertian Differential Pressure Flow Meter

Differential Pressure Flow Meter atau DP Flow Meter adalah pengukur aliran yang paling umum. Jumlah pengalaman yang luas (teknik pengukuran telah tersedia sepanjang 100 tahun) tercermin dalam kuantitas besar penampilan. Pengukur aliran tekanan diferensial mengukur aliran volume dalam gas, cairan, dan uap.

 

Pengertian Differential Pressure Flow Meter

Differential Pressure Flow Meter adalah type flow meter yang pakai prinsip flow paling basic yakni terdapatnya suatu flow gara-gara terdapatnya perbedaan tekanan dari dua daerah tertentu. Sesuai bersama dengan hukum Bernauli digambarkan sebagai terdapatnya perbedaan pressure yang dapat memicu flow velocity.

Dengan pakai peralatan tertentu, dimana flow fluida yang menuju pipa dipandu menuju lebih dari satu bagian peralatan yang membawa luasan daerah yang berlainan memicu terdapatnya variasi dalam flow velocity dan flow pressure. dan tekanan aliran. Dengan mengukur nilai pergantian pressure, maka dapat dihitung flow velocty dari fluida tersebut

Ada banyak type dan wujud yang dapat membangkitkan differential pressure flow meter yang diaplikasikan di industri cocok bersama dengan hukum persamaan Bernouli :

Orifice Plate
Venturi Tube:
Flow Nozzle:
Cones Meters
Wedge Meters
Pitot Tube

Prinsip Kerja Differential Pressure Flow Meter

Sebelumnya telah di singgung bahwa DP Flow Meter ini pakai hukum bernoulli untuk mengukur aliran fluida dalam pipa. Pengukur aliran tekanan diferensial memicu penyempitan dalam pipa yang menciptakan penurunan tekanan melintasi pengukur aliran.

Ketika aliran meningkat, lebih banyak penurunan tekanan dibuat. Pemipaan impuls mengarahkan tekanan hulu dan hilir flowmeter ke pemancar yang mengukur tekanan diferensial untuk memilih aliran fluida. Teknologi ini menyumbang sekitar 21% dari pasar dunia untuk flowmeters.Persamaan Bernoulli menyatakan bahwa penurunan tekanan melintasi penyempitan sesuai bersama dengan kuadrat laju aliran. Dengan pakai pertalian ini, 10 % aliran skala penuh hanya membuahkan 1 % dari tekanan diferensial skala penuh. Pada 10 % aliran skala penuh, akurasi pengukur aliran tekanan diferensial terkait pada keakuratan pemancar pada rentang tekanan diferensial 100:1.

Akurasi pemancar tekanan diferensial biasanya menurun pada tekanan diferensial rendah dalam jangkauannya, sehingga akurasi flowmeter dapat diturunkan bersama dengan cara yang sama. Oleh gara-gara itu, pertalian non-linier ini dapat memiliki efek yang merugikan pada keakuratan dan penurunan pengukur aliran tekanan diferensial. Ingatlah bahwa yang menarik adalah keakuratan proses pengukuran aliran — bukan keakuratan pemancar tekanan diferensial.

Geometri yang berlainan digunakan untuk pengukuran yang berbeda, juga pelat orifice, nosel aliran, elemen aliran laminar, tabung aliran rugi-rendah, baji segmental, kerucut V, dan tabung Venturi.