Welcome to Our Website

Pengertian dan Ciri Ciri Cerita Fabel

Pengertian dan Ciri Ciri Cerita Fabel

Pengertian dan Ciri Ciri Cerita Fabel

Fabel masuk dalam jenis karya sastra genri fiksi yang lengkap dengan penokohan seperti manusia biasa namun pemeranya adalah hewan.

Secara harfiah cerita fabel adalah sebuah dongeng tidak nyata yang memiliki alur, penokohan, tempat kejadian dan pesan moral dalam semua cerita yang terjadi dan diperankan oleh hewan bisa 1 dua atau lebih.

Semua hewan yang ada dalam sebuah cerita fabel ini akan diberikan masing masing perang sesuai dengan jalan ceritanya apakah itu peran baik atau jahat, apakah itu peran pendamping atau utama.

Dalam semua jenis fabel akan ditandai dengan pesan moral berupa ajakan berbuat baik, tolong menolong, di akhir ceritanya inilah yang dinamakan dengan pesan moral dalam sebuah cerita fabel.

Baca juga : https://www.daftarpustaka.org/cerita-fabel/

Semua orang bisa menulis fabel dengan baik, cerita ini sendiri dari sisi panjang tidak ada aturan baku 2 paragraf juga sudah bisa asalkan berupa cerita dimana nantinya masuk dalam katetgori cerita fabel singkat.

Sebelumnya kita bahas dulu apa ciri-ciri sebuah cerita fabel ini. Dimana nanti dengan tau cirinya sahabat akan lebih mudah membuat cerita fabel sendiri di rumah yuk simak langsung saja.

Berikut ciri ciri cerita fabel terlengkap!

  1. Pemain yang memerankan semua cerita fabel adalah hewan, bisa sapi, kerbau, gajah, burung, ikan dan lain sebagainya.
  2. Dari unsur cerita pada umumnya mengambil tema kehidupan sosial atau sehari hari
  3. Kemudian penokohan juga lengkap, satu cerita fabel akan ada tokoh antagonis dan protagonisnya, kemudian pintar, bijaksana, bodoh dll
  4. Sikap yang ada pada sosok hewan di gambarkan sama persis dengan manusia, bisa makan sendiri, tidur sendiri, bisa berbicara, saling membantu, berpikir dan lain sebagainya
  5. Dalam cerita fabel menggunakan sudut pandang orang ke 3
  6. Kemudian alur cerita pada umumnya menggunakan alur maju bukan mundur
  7. Ada tingkatakan konfilk dalam cerita fabel dimana terjadi secara urutan
  8. Terdapat keterangan latar lokasi kejadian, waktu kejadian suasana di lokasi kejadian sangat detail
  9. Dalam tata bahasa cerita menggunakan kalimat pengantar narasi
  10. Bahasa lebih santai dan cendurung menggunakan bahasa sehari-hari sehingga semua cerita fabel sangat mudah di cerna oleh anak anak.
  11. Mengandung pesan moral yang baik.

Itu dia sekilas bahasan mengenai pengertian cerita fabel dan ciri ciri lengkapnya. Dengan memahami ciri cirinya ini maka tidak sulit membuat sebuah cerita fabel sendiri.