Welcome to Our Website

Pahami Tentang Macam – Macam Teknik Shooting Dalam Permainan Bola Basket

Teknik Dasar Shooting Bola Basket Terlengkap - Kupas Tuntas Basketball

Salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh anak muda adalah permainan bola basket. Permainan bola basket ini biasanya dimainkan dalam dua tim yang setiap timnya berisi 5 orang pemain. Secara garis besar permainan bola basket ini mirip dengan permainan bola lainnya yang mengharuskan kita memasukan bola ke pihak lawan sebanyak – banyaknya untuk bisa jadi pemenang.

Hanya saja pada permainan bola basket teknik permainan yang diperbolehkan yaitu pemain hanya diperbolehkan mengambil, membawa, mengoper, dan memasukan bola kedalam ring menggunakan tangan. Jika anda tidak senagaja menggunakan anggota tubuh lain dalam permaian basket maka anda akan terkena pelanggaran. Itulah teknis dasar yang harus dipahami dalam permainan basket.

Selain hal tersebut anda juga perlu memahami teknik – teknik lain dalam permainan bola basket agar anda bisa bermain secara maksimal. Tidak hanya itu, pemahaman akan teknik dan peraturan permainan juga bisa membuat anda lebih menguasai permainan. Salah satu teknik penting yang harus dipahami dalam permainan basket adalah teknik shooting bola basket.

Teknik tersebut penting untuk dipahami karena hanya dengan shooting itulah kita bisa menambah poin bagi tim kita. Dalam permainan basket sendiri ada beberapa teknik shooting bola basket yang perlu anda pahami sebagai berikut:

  1. Tembakan One Hand Shoot

Tembakan One hand shoot ini merupakan teknik shooting paling dasar yang harus dipahami oleh semua pemain basket. Agar bisa melakukan tembakan One hand shoot ini dengan benar anda bisa melakukan langkah berikut ini :

  1. Tembakan Dua tangan

Tembakan dua tangan ini merupakan teknik dasar lainnya dari shooting bola basket. Cara melakukan teknik shooting ini hampir sama dengan melakukan teknik One hand shoot, hanya saja saat melakukan teknik ini anda menggunakan kedua tangan untuk melakukan tembakan ke arah ring.

  1. Tembakan Lay Up

Tembakan Lay Up ini merupakan teknik dasar lainnya dari teknik shooting bola basket. Cara untuk melakukan tembakan Lay Up ini yaitu anda harus melakukan dribble bola sebelumnya dan ketika sudah mulai mendekat ke garis dalam anda bisa melakukan lemparan kedalam ring untuk mendapatkan tiga poin atau anda bisa juga melakukan lemparan pelan kedalam ring yang diarahkan ke backboard.

  1. Jump Shot

Jump Shot ini merupakan teknik menembak bola yang dilakukan sambil melompat. Teknik shooting ini bisa dilakukan jarak dekat maupun jarak jauh yang memungkinkan pemain mencetak three points.

  1. Hook Shot

Hook Shot ini merupakan teknik menembak bola basket yang dilakukan dengan posisi badan yang tidak langsung menghadap ke ring. Biasanya teknik shooting ini dilakukan dengan menggunakan satu tangan yang ditekuk bagian pergelangannya sambil melompat.

  1. Free Throw

Free Throw ini merupakan kesempatan melakukan shooting bola basket yang didapatkan setelah tim lawan melakukan pelanggaran di sekitar area ring saat tim sedang menyerang.

  1. Three Point Shoot

Three Point Shoot ini merupakan kesempatan melakukan shooting bola basket yang memungkinkan anda mendapatkan tiga point sekaligus. Untuk bisa mendapatkan tiga point tersebut anda harus melakukan shooting dari luar garis dalam ring.

  1. Bank Shot

Bank Shot ini merupakan cara menembakan bola basket dengan memantulkannya dulu kearah papan ring sebelum akhirnya bola memantul dan masuk kedalam ring.

  1. Slam Dunk

Slam Dunk ini merupakan cara menembakan bola basket yang dilakukan sambil melompat kearah ring setinggi – tingginya.