Welcome to Our Website

Mengulik Jenis Jenis Plts Atap Dan Penggunaannya

Jika berbicara mengenai pembangkit listrik tenaga surya, tidak sedikit yang mulai tertarik karena memiliki potensi penghematan biaya bulanan. Tak hanya itu, terdapat pula berbagai jenis PLTS Atap yang terdiri dari berbagai kapasitas, daya, dan prinsip. Semua itu bisa ditemukan dari produk berkelas dan berkualitas dari Sun Energy. Lantas seperti apa ragam jenisnya?

Jenis Panel Sesuai Kapasitas

Karena semakin berkembangnya teknologi, ketersediaan produk PLTS pun mulai beragam. Hal ini terbukti dari ketersediaan kapasitas panel surya yang dapat digunakan untuk kebutuhan umum dan pribadi. Disebutkan oleh Sun Energi, beberapa jenis panel sesuai kapasitas dapat dikelompokkan dalam kategori rendah, sedang, hingga tinggi.

Untuk kebutuhan PLTS rumah, maka panel yang tersedia mencakup 1 kWp, 2kWp, 4 kWp, dan 6 kWp. Umumnya, jumlah atau skala kapasitas tersebut dinyatakan cukup rendah. Namun tersedia sesuai dengan kebutuhan hunian. Yang mana cukup untuk mengaliri listrik pada beberapa barang elektronik di siang hari, seperti AC, kulkas, dan beberapa lampu di siang hari.

Terdapat pula skala kapasitas panel surya dan baterai yang lebih besar. Biasanya, jenis panel ini tersedia untuk bangunan setara bangunan komersial, perkantoran, atau pusat perbelanjaan. Beberapa produk PLTS atap pun dapat digunakan untuk kapasitas mencapai 2,5 MWp untuk kebutuhan listrik non stop layaknya pabrik dan rumah sakit. 

Jenis Panel Surya Sesuai Dengan Daya Dan Bangunan

Jika digolongkan menurut jenis bangunan, maka opsinya pun terdiri dari tiga jenis. Jenis yang pertama adalah untuk kebutuhan industri yang memiliki daya listrik sangat besar, seperti pabrik hingga lokasi penambangan. Umumnya, penggunaan solar panel di fasilitas ini digunakan untuk memastikan setiap mesin terus mendapatkan aliran listrik yang stabil.

Di bawah bangunan industri adalah gedung komersial seperti ruko, pusat perbelanjaan, kantor, hingga apartemen. Umumnya, kebutuhan listrik dengan solar panel menjadi pilihan sumber alternatif dan upaya penekanan biaya operasional. Alhasil, solar panel pun jadi pilihan. Sedangkan kategori bangunan terendah adalah untuk perumahan, sebagai listrik cadangan atau tambahan. 

Jenis Panel Surya Sesuai Prinsip Kerja

Sebagai teknologi konversi panas solar ke listrik, teknologi PLTS atap juga bisa dikenali dari dua metode atau prinsip kerjanya. Yang pertama adalah dengan prinsip fotovoltaik, yang mana mengubah cahaya matahari menjadi listrik secara langsung. Sedangkan PLTS metode kedua adalah prinsip pemusatan energi yang memusatkan panas pada suatu titik dengan cermin bersistem pelacak.

Tentunya, ketersediaan jenis dari panel surya tersebut bisa Anda temukan dari produk Sun Energy. Developer lokal untuk pembangkit listrik tenaga matahari tersebut memiliki banyak pilihan produk dengan pilihan pembiayaan yang menarik. Yakni terdapat pembiayaan DP 0%, yang berarti lebih mudah di awal dan pembayaran dapat dilanjut sesuai kinerja atau jangka waktu tertentu.