Welcome to Our Website

Mengenal 10 Nama Malaikat Dan Tugasnya Menurut Islam

10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Islam, Wajib Tahu!

Dalam ajaran Islam terdapat banyak nama malaikat dan tugasnya, namun jumlah pastinya hanya diketahui oleh Allah SWT. Meski demikian, ada sepuluh nama malaikat yang wajib diketahui umat muslim.

Sejumlah nama malaikat – malaikat Allah SWT disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an serta kisah para Nabi dan Rasul. Tidak bisa dipungkiri memang kehadiran mereka senantiasa disekitar kita. Salah satunya menurut pendapat Quraish Shihab berdasarkan riwayat Imam Bukhari, diungkapkan bahwa para malaikat hadir di majelis dzikir.

Kemudian, Allah SWT berfirman, “Limpahkan rahmat bagi mereka semua. Ampuni mereka semua”. Tetapi malaikat berkata, “Ya Allah, ada orang yang hadir tapi tujuannya bukan berdzikir”. Allah kembali berfirman, “Ampuni mereka, karena mereka mendekat kepada orang yang berdzikir”. (buku berjudul ‘Yang Halus dan Tak Terlihat : Malaikat dalam Al-Quran).

Riwayat singkat tersebut menjadi bukti bahwa malaikat Allah sangat dekat dalam banyak lini kehidupan manusia. Sebagai umat Islam, kita juga berkewajiban untuk mengimani adanya malaikat sesuai dengan rukun iman kedua.

Allah SWT menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Malaikat tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah serta berbeda dengan manusia dalam hal sifat dan tugasnya. Bahkan mereka tidak berjenis kelamin layaknya manusia yang terdiri dari laki – laki dan perempuan. Malaikat merupakan satu – satunya makhluk ciptaan Allah SWT yang paling taat dan senantiasa menjauhi larangan-Nya.

Mereka tidak makan dan juga tidak minum. Dalam keadaan biasa, malaikat Allah tidak bisa dilihat dengan mata kepala karena mereka itu sebangsa ruh. Tidak ada kewajiban bagi kita untuk mengetahui hakekat dzat malaikat. Kita hanya diwajibkan sebatas mempercayai akan keberadaan malaikat dengan sifat – sifat tersebut dalam Al-Qur’an.

Terdapat beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menerangkan mengenai malaikat Allah, diantaranya yaitu :

  • Surat asy-Syu’ara’ : 192-194

“Dan sungguh, (Al-Qur’an) ini benar – benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam, Yang dibawa turun oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar engkau termasuk orang yang memberi peringatan.”

  • Surat Qaaf : 18

“Tidak sesuatu perkataan yang dikatakan; melainkan mesti ada malaikat yang mengawasi dan meneliti”.

  • Surat As-Sajadah : 11

“Katakanlah kamu akan dinantikan oleh malaikat maut yang diwajibkan (mencabut) segala nyawa kamu; kemudian kepada Tuhanmu ingatlah kamu dikembalikan.” (As-Sajadah : 11)

Untuk informasi lebih jelas, berikut penjelasan mengenai 10 nama malaikat dan tugasnya menurut Islam yang menarik untuk diketahui :

  1. Malaikat Jibril

Memiliki nama lain Ar-Ruhul-Amin atau Ar-Ruhul-Qudus, tugas malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi dan Rasul-Nya.

  1. Malaikat Mikail

Tugas malaikat Mikail adalah membawa rezeki kepada semua makhluk, terutama manusia.

  1. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas untuk meniup terompet sangkakala saat hari kiamat kelak. Saat terdengar tiupan terompet sangkakalanya, semua mahluk di dumi akan mati seketika.

  1. Malaikat Izrail

Tugas Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa dari tubuh makhluk.

  1. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar memiliki tanggung jawab untuk menanyai dan melaksanakan perintah pemeriksaan terhadap amal perbuatan manusia di alam barzah (kubur).

  1. Malaikat Nakir

Bersama dengan malaikat Munkar, malaikat Nakir juga bertugas untuk menanyai dan memeriksa amal perbuatan manusia di alam kubur.

  1. Malaikat Raqib

Tugas dari Malaikat Raqib adalah mencatat segala perbuatan amal baik manusia semasa hidup.

  1. Malaikat Atid

Mendampingi malaikat Raqib, malaikat Atid bertugas untuk mencatat segala perbuatan buruk atau jahat manusia semasa masih hidup.

  1. Malaikat Malik

Memiliki nama lain Zabaniyah, malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka.

  1. Malaikat Ridwan

Dan terakhir malaikat Ridwan yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga pintu surga.