Mencari Tanaman Liar Berkhasiat Disekitar Rumah

Tahukah kamu, disekitar tempat tinggal kita ada banyak tanaman liar yang tumbuh, jika kamu ingin tahu, mungkin kamu bisa sedikit memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal. Pasalnya ada banyak tanaman liar atau yang sering dianggap gulma oleh banyak orang namun tanaman tersebut mempunyai khasiat dalam mengobati.

Tanaman Liar Berkhasiat

Tentunya jika tanaman tersebut tumbuh di sekitar tempat tinggal kamu bisa menjadi alternatif untuk pengobatan secara alami. Penasaran? Maka dari itu cobalah temukan beberapa tanaman liar bermanfaat berikut ini.

1. Putri malu

Tahukah kamu walau tanaman satu ini mempunyai duri yang cukup berbahaya karena bisa membuat luka ternyata mempunyai khasiat mengobati. Putri malu merupakan tanaman yang sensitif terhadap sentuhan dan cahaya, dimana saat malam hari dan disentuh daunya akan mengatup.

Tanaman satu ini bisa menjadi salah satu obat alami dalam meluruhkan air seni, menurunkan panas tubuh, meredakan batuk berdahak, menurunkan berat badan dan mengatasi masalah insomnia.

2. Rumput ketul

Selanjutnya ada rumput ketul, bentuk pohonya kecil, berdaun hijau, mempunyai bunga kecil dengan kelopak bunga berwarna putih dan putik bunga berwarna kuning. Tamanam liar satu ini biasanya tumbuh di semak-semak, perkarangan rumah, kebun dan ditepi selokan.

Manfaat tanaman satu ini terletak pada bagian daunya, dimana daun rumput ketul direbus yang kemudian diminum. Beberapa manfaat dari tanaman satu ini ialah menurunkan panas demam, mengatasi sakit tenggorokan, mencegah radang usus buntu, mengobati hepatitis, mengatasi masalah mencret serta meredakan nyeri rematik.

3. Rumput alang-alang

Alang alang atau biasa disebut juga dengan ilalang adalah rerumputan liar atau gulma penganggu yang dapat tumbuh dimana saja, tanaman liar satu ini sangat cepat tumbuh dan cukup bandel di basmi. Rumput ilalang dikatakan pengganggu karena kehadiranya membuat semak, namun disisi lain bagian akar dari tanaman satu ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Rebusan akar alang-alang diketahui mampu mengatasi panas dalam, mengobati sariawan, meluruhkan kencing (diuretik), obat sakit ginjal, mengatasi mimisan dam mencegah penyakit kencing darah.

4. Meniran

Tanaman liar selanjutnya yaitu ada meniran, tanaman satu ini cukup mudah ditemui dan dapat tumbuh dengan mudah disela-sela bebatuan. Meniran diketahui mengandung senyawa yang berkhasiat dalam mengobati, beberapa diantaranya terdapat zat damar, flavonoid, alkaloid, lignan, saponin, kalium dan tanin.

Tanaman meniran atau rumput meniran diketahui berkhasiat layaknya seperti obat diureti, dapat meningkatkan sistem imun serta mampu menurunkan panas demam.

5. Tumbuhan keduduk bulu

Clidemia hirta atau keduduk buku adalah tumbuhan liar yang umunya hidup disembarang tempat seperti kebun, hutan, pinggiran sungai, sekitaran rumah dan semak blukar. Tumbuhan liar satu ini memiliki bulu-bulu halus di seluruh daun dan batangya, memiliki buah dengan ukuran kecil bergerombol berwarna ungu.

Letak pemanfaatan tumbuhan liar satu ini ada pada bagian daunya, bentuk daunya yang berbulu halus kerap digunakan sebagai alat penganti dalam membersihkan tubuh saat mandi, mengobati sariawan, digunakan untuk keramasan rambut kepala dan mengobati luka bekas gigitan lintah.

6. Tanaman sintrong

Sintrong merupakan tanaman gulma dengan dengan daun berbulu serta menyerupai bunga dandelion. Tanaman liar satu ini juga biasa dikenal dengan nama salentrong atau sintrong, jalentrong, jonggolan, sembung gilang serta junggul di daerah Jawa.

Tanaman sintrong umunya dimanfaatkan bagian daunya sebagai lalapan saat makan serta di Jawa lebih sering diolah menjadi panganan urap atau pecel. Selain enak disantap, tanaman liar satu ini juga memberi manfaat untuk kesehatan diantaranya mampu melancarkan pencernaan, menyehatkan kulit serta meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Rumput teki

Rumput teki atau biasa disebut juga tanaman suket teki, adalah tumbuhan gulma yang mudah tumbuh disembarang tempat hingga terkadang sulit untuk dikendalikan. Namun disamping penyebutan gulma tanaman liar satu ini diketahui mempunyai manfaat baik untuk kesehatan.

Pemafaatan tanaman satu ini ada pada bagian akarnya, akar rumput teki diklaim mampu mengobati masalah kencing batu, melancarkan siklus menstruasi, mempercepat pembekuan darah saat luka, mengatasi beberapa penyakit kulit, melancarkan buang air besar, meningkatkan produksi ASI, serta menurunkan panas tubuh.

Nah itulah beberapa tanaman liar yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat herbal, coba temukan beberapa tanaman tersebut disekitar tempat tinggal kamu. Sebenarnya masih ada banyak tanaman liar yang mempunyai khasiat dalam mengobati, diatas hanyalah sebagian kecil.

Sumber : healty99

This entry was posted in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.