Welcome to Our Website

Mempelajari Seputar Bangun Trapesium Dari Mulai Jenis, Sifat, Hingga Rumus Mencari Luas Dan Kelilingnya

Rumus Luas Trapesium Sembarang, Siku-Siku Dan Contoh Soal

Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran wajib yang dipelajari mulai dari SD sampai dengan SMA. Meski banyak orang tidak menyukai pelajaran ini karena dianggap sulit, nyatanya pelajaran matematika ini sangat berharga dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Jenjang pelajaran matematika yang didapatkan pun berbeda – beda dan disesuaikan dengan jenjang sekolahnya.

Biasanya saat ada di sekolah dasar kita akan mempelejari tentang dasar – dasar dalam pelajaran matematika. Salah satu pelajaran yang kita dapatkan di sekolah dasar adalah bagaimana cara menghitung luas dan keliling sebuah bangun datar. Tapi sebelum memasuki pelajaran tersebut tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang bangun datar apa saja yang akan dipelajari.

Contoh bangun datar yang sudah banyak diketahui adalah persegi,persegi panjang, dan lingkaran. Padahal selain itu masih ada beberapa jenis bangun datar yang bisa anda pelajari, salah satu adalah trapesium. Trapesium sendiri termasuk kedalam bangun datar yang memiliki empat buah sisi. Namun berbeda dengan persegi maupun persegi panjang, trapesium ini bisa memiliki ukuran rusuk yang sejajar namun tidak sama panjang.

Jadi meskipun trapesium ini merupakan bangun datar yang memiliki empat rusuk layaknya persegi atau persegi panjang, tapi rumus yang digunakan untuk mencari keliling maupun luas dari trapesium ini berbeda. Untuk anda yang mungkin lupa tentang rumus keliling dan juga rumus luas trapesium ini, berikut rumsu yang bisa anda gunakan.

  1. Rumus keliling trapesium

K = AB + BC + CD + DA

K = sisi + sisi + sisi + sisi

  1. Rumus luas trapesium

L = ½ x jumlah rusuk sejajar x tinggi

L = ½ x (a + b) x tinggi

Rumus diatas biasanya merupakan rumus yang bisa digunakan untuk mencari tahu keliling dan luas dari trapesium sama kaki, trapesium siku – siku, dan trapesium sembarang. Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat contoh soal tentang pengerjaan car mencari keliling dan luas trapesium.

  • Contoh soal keliling trapesium

“Terdapat sebuah trapesium ABCD, dengan ukuran AB = 2 cm, BC = 7 cm, CD = 9 cm, dan DA = 8 cm. Coba hitung berapa keliling dari trapesium tersebut.”

Keliling = AB + BC + CD + DA

= 2 + 7 + 9 + 8 cm = 26 cm

Jadi, keliling dari trapesium tersebut adalah 26 cm.

 

  • Contoh soal luas trapesium

“ Sebuah trapesium memiliki panjang sisi sejajar masing – masing yakni 15 dan 30 cm serta tinggi 10 cm. Hitung berapakah luas dari trapesium tersebut.”

Luas = ½ x ( 7 + 14 ) x 8

= ½ x 21 x 8

= ½ x 168

= 84 cm2

Jadi, luas dari trapesium tersebut adalah 84 cm2

“ Terdapat sebuah trapesium dengan panjang sisi AB 8 cm, panjang sisi AD 5 cm, panjang sisi CD 5 cm, dan panjang sisi BC 6 cm. Dari soal tersebut hitung berapakah luas dari trapesium tersebut.

Luas = ½ x (jumlah sisi sejajar) x tinggi

= ½ x (AB + DC) x AD

= ½ x ( 8 + 5 ) x 5 cm

= ½ x ( 13) x 5 cm

= ½ x 65 cm

= 32,5 cm2