11 Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan

Saat pertama kali berjalan di dunia perguruan tinggi pasti akan disambut oleh berbagai kampus yang pastinya akan mengundang Anda untuk bergabung dengan organisasi tersebut. Organisasi dan komunitas di kampus sangat berbeda.

Beberapa terkait dengan minat dan bakat, dan beberapa berbeda dari suka. Nah, setelah Anda menemukan organisasi atau komunitas yang paling Anda minati, sebaiknya gabung dan gabung dengan organisasi tersebut karena ada keuntungan yang akan Anda nikmati hingga semester terakhir di kampus bahkan setelah lulus.

Dari sekian banyak organisasi yang ada di kampus, pasti Anda menemukan organisasi yang bernama Jurusan Kemahasiswaan (HMJ). Departemen Himpunan Mahasiswa biasanya mencakup orang-orang yang memiliki minat, bakat, dan aspirasi yang mencerminkan gelar yang saat ini Anda pilih.

Disana anda akan belajar banyak hal dan banyak keuntungan yang akan anda dapatkan ketika diterima menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan, So. mari kita lihat 10 keuntungan bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Departemen untuk Anda. Ayo dengarkan baik-baik!

Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa

1. Menambah relasi

Dalam kiprahnya Himpunan Mahasiswa Jurusan sangat terbatas ya Eits bukan berarti lingkaran pertemanan hanya berhenti sampai disitu lho, di organisasi ini anda bisa berkenalan dengan mengadakan kegiatan atau acara yang bisa dihadiri oleh stakeholders dan nara sumber. yang pasti akan menginspirasi banyak dari mereka. hidup kita.

Anda juga bisa meningkatkan hubungan dengan para senior, teman sekelas, dan adik-adik. Bukankah itu menyenangkan?

2. Membantu studi kamu

Tak bisa dipungkiri, banyak mahasiswa yang bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Departemen untuk membantu mereka belajar dengan lebih mudah. Dan jangan salah paham, itu benar karena Anda bisa membuat klub belajar atau komunitas belajar yang bisa diikuti oleh para senior Anda.

Selain itu, Anda juga dapat meminta senior untuk mengajari Anda tentang berbagai hal di jurusan tentang hal-hal yang belum Anda ketahui.

3. Belajar mengatur waktu

Dengan bergabung dalam organisasi / komite acara di kampus, waktu yang biasanya dihabiskan untuk belajar dan melakukan tugas akan berkurang secara otomatis. Agar kegiatan akademik dan non akademik dapat berjalan dengan lancar maka pengaturan waktu yang tepat harus dilakukan.

Pengalaman sebagai mahasiswa yang terorganisir bisa jadi sangat berharga saat berkompetisi di dunia kerja dan bisa menjadi tambahan jika dibandingkan dengan mahasiswa yang hanya aktif dalam kegiatan kuliah.

4. Tempat bertukar pikiran

Dalam organisasi, pertukaran ide merupakan hal yang biasa dan harus mencakup hal-hal yang sangat positif. Apalagi jika Anda bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki frekuensi yang sama dengan Anda. Mungkin menyenangkan dan dapat ditemukan di Himpunan Mahasiswa Departemen.

Biasanya ada kegiatan yang rutin diadakan setelah pembahasan rutin biasanya dilakukan sebulan sekali. Anda juga bisa bertukar pikiran dengan orang yang berkarakter untuk bisa menambah ilmu dan memperluas wawasan.

5. Keluarga paling dekat

Di Departemen Himpunan Mahasiswa, harus mencakup sekelompok mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki kesamaan visi dan misi. Sehingga Anda akan memiliki keluarga yang merasa tak terhindarkan saat pergi-pergi dari orang tua. Sebagai sebuah keluarga, sangat sulit untuk menikmati kebersamaan.

6. Belajar bersosialisasi

Saat memasuki dunia kerja, komunikasi dan sosialisasi menjadi dua hal yang sangat penting. Dengan bergabung dalam suatu organisasi, Anda akan diberikan pengalaman komunikasi yang baik dan sosialisasi yang baik tanpa harus stres saat memasuki dunia kerja.

Karena di dalam organisasi kamu sudah terbiasa mengasah kemampuan komunikasi dan sosialisasi kamu sehingga kamu dewasa saat mendapatkan pekerjaan nanti.

7. Melatih softskill

Anda juga dapat mempelajari keterampilan baru di Himpunan Mahasiswa Departemen ini, seperti dalam hal kepemimpinan, sosialisasi yang baik, berbicara di depan umum, dan banyak lagi yang akan Anda peroleh. Jadi, jangan ragu lagi, yuk bergabung!

8. Latar belakang yang sama

Sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan, Anda juga dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang sama dengan Anda, cita-cita yang sama, serta visi dan misi yang mereka dambakan. Kesamaan ini akan membawa Anda ke dalam organisasi yang lebih dalam dan tentu saja bersama-sama.

9. Sarana untuk lebih dekat dengan dosen

Kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan, harus sering dikaitkan dengan dosen yang biasanya menjadi narasumber untuk kegiatan atau acara yang diadakan. Dengan ini Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk mendekati dosen yang bisa menambah nilai di akhir semester.

10. Circle pertemanan dengan Idealisme sama

Tentu Anda akan nyaman ketika mereka memiliki cita-cita yang sama dengan Anda. Nah, di Departemen Himpunan Mahasiswa, Anda bisa menemukan teman-teman yang memiliki idealisme yang sama. Dan itu bisa menjadi teman yang menyenangkan saat Anda bertemu.

11. Memiliki kesempatan untuk menjadi staf departemen

Anda dapat memanfaatkan jarak Himpunan Mahasiswa Departemen dengan Staf Kejuruan sehingga Anda dapat bekerja atau magang sebagai staf departemen sebelum bekerja di luar kampus nanti. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang masih baru dan ingin menimba pengalaman sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Ingin kuliah di Telkom University? Yuk bisa gabung bersama kami dengan mengunjungi tautan tersebut untuk info lebih lanjut.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.