Welcome to Our Website

Kumpulan Beberapa Cara Untuk Anak Agar Bisa Terus Fokus Belajar

  1. Berolahraga secara teratur

    cara untuk anak fokus belajar

Sekarang, kita tahu betapa bermanfaatnya olahraga bagi kesehatan fisik kita, tetapi tahukah Anda efeknya pada otak Anda, kemampuannya untuk tetap fokus, dan menyimpan informasi baru?

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga teratur tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Anda, tetapi juga otak Anda. Penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka pendek, meningkatkan aliran darah ke otak dengan olahraga dapat membantu Anda meningkatkan fokus hingga dua atau bahkan tiga jam! Meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur telah terbukti meningkatkan suasana hati dan tidur kita secara keseluruhan, sekaligus mengurangi gejala stres dan kecemasan – yang semuanya dapat memengaruhi fungsi kognitif dan kemampuan berkonsentrasi kita.

Untuk mulai merasakan manfaat olahraga, mulailah dengan memperkenalkan beberapa jalan cepat di sekitar blok untuk meningkatkan detak jantung Anda. Kami merekomendasikan untuk memulai dengan berjalan-jalan sebelum sesi belajar, agar darah mengalir ke otak Anda, serta di siang hari untuk merangsang Anda pada saat-saat ketika Anda mungkin merasa ‘lesu.’

Baca Juga : Les Privat Terdekat, Biaya Les Privat Jakarta

Selain itu, Anda juga dapat melihat lari, atau bahkan latihan aerobik online. Yoga juga dapat membantu Anda menghilangkan stres dan meregangkan tubuh di penghujung hari, sementara aktivitas seperti Pilates dan latihan beban dapat memperkuat inti dan otot penting lainnya.

  1. Tinjau metode belajar Anda

    cara membuat anak fokus belajar

Seperti halnya segala sesuatu dalam pendidikan dan seterusnya saat Anda memasuki dunia kerja, Anda akan menemukan bahwa meninjau berbagai hal adalah cara terbaik untuk melacak kemajuan dan melakukan perbaikan.

Ketika datang untuk memeriksa tujuan dan kemajuan studi Anda, Anda harus meluangkan waktu untuk meninjau dan memantau seberapa efektif alat dan teknik yang Anda gunakan dalam membantu Anda mencapainya. Semakin efektif alat belajar Anda, semakin Anda akan merasa termotivasi, dan lebih mungkin untuk tetap fokus selama studi Anda.

Mengambil lima menit di akhir setiap minggu, bulan, atau bahkan tahun, untuk meninjau kebiasaan, rutinitas, dan kemajuan Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi pola dalam alur kerja Anda dan mengoptimalkan area yang tidak bermanfaat seperti yang Anda harapkan. 

Baca Juga : Tutor Private, Guru Private Matematika

Beberapa siswa suka menggunakan analisis SWOT untuk memantau kekuatan dan kelemahan mereka, sementara yang lain suka menjalankan setiap metode yang mereka gunakan dan akan memiliki intuisi tentang apakah itu efektif atau tidak.

Tentu saja, secara objektif, menyelesaikan tes akhir modul dan makalah sebelumnya dapat menjadi cara lain yang bagus untuk melihat apakah pembelajaran Anda berhasil. Menandai diri sendiri akan membantu Anda mengidentifikasi area apa pun untuk perbaikan, memberi Anda serangkaian tujuan berikutnya untuk difokuskan.

  1. Beri diri Anda hadiah reguler

Ketika digunakan dengan benar, memberi diri Anda hadiah kecil tapi teratur dapat membantu Anda tetap fokus saat belajar dan mempertahankan konsentrasi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Dalam studi psikologi, “teori pengkondisian operan,” menunjukkan bahwa kita belajar melalui penghargaan dan hukuman. Lebih khusus lagi, ini menyatakan bahwa ketika perilaku tertentu (yaitu belajar) diikuti oleh hasil yang menyenangkan, kita lebih mungkin untuk mengulangi perilaku tersebut untuk mengulangi hadiah itu – juga dikenal sebagai penguatan positif.

Anda dapat menggunakan penguatan positif ini saat belajar, dengan memberi penghargaan kepada diri sendiri setiap kali Anda mencapai tujuan belajar, menyelesaikan proyek tertentu, atau hanya setelah menghabiskan waktu lama duduk di meja Anda bekerja keras. Tidak peduli apa imbalannya, semakin Anda mengasosiasikan hasil yang baik dengan belajar, semakin Anda akan merasa termotivasi ketika Anda duduk untuk belajar berikutnya.

Agar efektif, penghargaan harus menjadi sesuatu yang Anda nikmati. Sekarang, hanya karena beberapa teman Anda mungkin melihat perjalanan ke gym sebagai hadiah, yang lain mungkin melihatnya sebagai tugas. Pastikan Anda memilih sesuatu yang benar-benar sesuai dengan Anda; seperti hari libur di akhir minggu yang berat, atau istirahat untuk menonton acara TV favorit Anda di akhir sesi belajar – sehingga Anda terdorong untuk mengulangi perilaku tersebut di masa depan.

Satu hal yang perlu diingat dengan penghargaan adalah perbedaan antara menggunakan penghargaan internal dan eksternal. Imbalan eksternal adalah hal-hal atau pengalaman fisik yang dapat Anda hadiahi sendiri, seperti kopi yang enak, atau hari libur. Sementara itu, penghargaan internal mengacu pada emosi atau keadaan pikiran internal tertentu, seperti perasaan bangga setelah menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.

Menariknya, studi psikologis telah menemukan bahwa jika dalam jangka panjang, penghargaan internal lebih efektif daripada penghargaan eksternal dalam memotivasi siswa untuk terus belajar karena Anda mendapatkan pelepasan kimiawi dari tugas. Oleh karena itu, sebaik hadiah eksternal dapat membantu Anda tetap termotivasi, biarkan diri Anda menyerap semua perasaan positif yang juga terkait dengan pembelajaran.

  1. Temukan kelompok belajar

Belajar, terutama menjelang musim ujian, bisa sangat menegangkan dan mengasingkan. Jadi, mencari dukungan dari teman sekelas Anda selama periode ini adalah hal yang menguntungkan untuk membantu Anda tetap fokus dan melewati periode yang lebih sulit.

Bekerja bersama siswa lain yang bersemangat dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu Anda tetap termotivasi saat belajar, mendorong Anda untuk terus mendorong – bahkan ketika Anda melihat konsentrasi Anda mulai berkurang. Ini juga menghilangkan beberapa perasaan terisolasi yang bisa datang dengan merevisi dan belajar sendiri.

Baca Juga : Jasa Les Private, harga Guru Private Ke Rumah

Dengan itu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membentuk kelompok belajar untuk memastikan mereka tidak menjadi kelompok ‘sosial’ murni. Cobalah kiat-kiat teratas ini untuk membuat kiat Anda seefektif mungkin:

  • Batasi kelompok maksimal 6 orang. Direkomendasikan agar kelompok belajar tidak lebih dari 4 sampai 6 orang di dalamnya. Dalam kelompok yang lebih besar, beberapa anggota mungkin tidak berkontribusi banyak, atau Anda mungkin merasa sulit untuk mengatur semua orang untuk bertemu pada waktu yang sama setiap minggu. Mereka bisa sedikit lebih kacau. Dengan kelompok yang lebih kecil, Anda akan meminimalkan sosialisasi, memaksimalkan kontribusi individu, dan tetap menikmati manfaat pembelajaran yang ramah.
  • Jangan hanya memilih teman Anda: Saat membentuk kelompok belajar, Anda mungkin tergoda untuk meminta teman Anda bergabung dengan Anda, tetapi mereka mungkin bukan teman belajar yang paling efektif. Kelompok terbaik akan terdiri dari anggota yang semuanya memiliki tujuan yang sama, bekerja dengan kemampuan yang sama, dan berdedikasi untuk menyelesaikan semua tugas sekolah mereka. Tergantung pada subjek yang Anda pelajari, mungkin juga menguntungkan untuk memilih anggota kelompok yang berbeda yang memiliki pengetahuan subjek yang lebih baik.
  • Pertimbangkan lingkungan belajar: Seperti halnya pembelajaran Anda, Anda ingin memastikan bahwa Anda memilih lingkungan yang tepat untuk belajar. Pilih tempat tanpa gangguan, tetapi itu memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan bebas. Sebagian besar perpustakaan menawarkan ruang belajar yang dapat dipesan, sementara kedai kopi besar juga bisa menjadi pengganti yang bagus.
  • Tanamkan kelompok belajar ke dalam rutinitas Anda: Jika Anda berencana untuk bertemu secara teratur dengan kelompok belajar, ada baiknya untuk mengatur sesi Anda pada waktu dan tempat yang sama setiap minggu. Dengan cara ini, setiap anggota dapat memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum rapat. Tetapi di luar ini, ini juga akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sesi ke dalam jadwal belajar permanen Anda, menjadikannya aspek ‘biasa’ lain dari jadwal belajar Anda, dan oleh karena itu, rutinitas – yang kami tahu dapat membantu Anda fokus untuk jangka waktu yang lebih lama.