Welcome to Our Website

Keuntungan Dan Kelemahan Serta Cara Kerja ERP

1. Integrasi Bisnis dan Akurasi Data

ERP memiliki sistem yang terdiri dari beberapa modul dan sub modul yang dapat mewakili suatu komponen bisnis. Saat suatu data dimasukkan ke dalam suatu modul (misalnya data penerimaan material) maka modul lainnya seperti pembayaran dan persediaan akan diperbaharui secara otomatis dan real-time.

Input data tersebut hanya perlu dilakukan sekali yakni pada saat transaksi berlangsung. Dengan begitu, proses kerja bisa lebih cepat dan mengurangi kemungkinan kesalahan input data.

 

2. Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi

Dalam sistem ERP ada alat pendukung untuk mengambil keputusan terbaik, misalnya alat simulasi dan perencanaan. Dengan alat tersebut maka pihak manajemen bisa memanfaatkan setiap sumber daya dengan lebih tepat.

Sistem jasa erp juga bisa membantu membuat dan menyajikan laporan standar yang dibutuhkan oleh manajemen, juga bisa diakses kapan saja saat dibutuhkan.

 

3. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Sistem ERP juga dapat membuat proses aktivitas rutin menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya seperti proses pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan. Semua proses tersebut bisa berjalan lebih cepat dan sederhana.

 

4. Pembentukan Standarisasi Prosedur

Sistem ERP dibuat dengan standar Internasional yang kemudian diadopsi perusahaan yang menerapkannya. Dengan sistem ERP, maka proses kerja menjadi lebih terstruktur dan tidak tergantung pada pekerja tertentu.

Kelemahan Menerapkan ERP

  • Penyesuaian di banyak situasi terbatas.
  • Kebutuhan, atau perlunya untuk mendesain ulang atau proses bisnis pada perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.
  • Sistem ERP dapat menjadi halangan dalam biaya pada proses instalasi dan running ERP.
  • Technical support yang mendukung ERP bisa jadi buruk, karena bisa jadi memiliki keahlian dan pengalaman yang sedikit.
  • ERP dapat menjadi kaku untuk perusahaan atau organisasi tertentu yang baru atau perusahaan yang ingin berpindah pada arah usaha yang lain di masa depan.
  • Harga ERP proprietary cenderung mahal.

Cara Kerja ERP (Enterprise Resource Planning)

  • ERP merupakan bagian dari infrastruktur perusahaan, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Semua orang dan bagian yang akan mempengaruhi terhadap adanya ERP harus terlibat dan memberikan dukungan.
  • ERP ada untuk sebagai pendukung fungsi bisnis dan peningkatan produktivitas, bukan sebaliknya. Tujuan implementasi ERP yaitu untuk meningkatkan daya saing perusahaan.