Welcome to Our Website

Kenalan dengan Tipe Uang yang Berada di Dunia

Uang sebagai alat pembayaran khusus yang syah dan dipakai di penjuru dunia. Walau telah sebagai alat pembayaran khusus, tetapi ada banyak yang belum ketahui jika tipe uang ini berbeda.

Oleh karenanya di sini akan diulas mengenai Apa beberapa jenis uang yang berada di dunia dan ketidaksamaan antara semua tipe itu.

Menurut Bahan Pembikinnya

Beberapa jenis uang dalam ekonomi yang pertama ialah uang yang didasari pada bahan pembikinannya, dan terdiri jadi dua yaitu uang kertas dan logam.

Uang kertas yang dibuat dari kertad dengan standarisasi baku hingga kertas yang dipakai tidak asal-asalan, dan ada pertanda khusus seperti gambar atau cap.

Uang logam umumnya dibuat dari emas atau perak, mempunyai wujud bulat serta lebih bertahan lama dibandingkan uang kertas.

Menurut Instansi yang Mengeluarkannya

Selainnya menurut berbahan rupanya uang bisa juga diperbedakan menurut instansi yang mengeluarkannya. Jika menurut instansi yang mengeluarkannya, uang terdiri jadi dua tipe yakni.

Uang kartal sebagai alat bayar syah yang dapat dipakai setiap hari.

Uang giral yaitu uang berbentuk deposito atau simpanan, hingga harus diambil lebih dulu jika ingin dipakai.

Menurut Nilainya

Lalu paling akhir menurut nilainya yang dipisah dalam dua tipe, yaitu:

Uang pertanda yaitu uang yang nominal dengan nilai berbahan mempunyai ketidaksamaan. Seperti membuat uang Rp 20ribu memerlukan dana Rp 10ribu.

Uang penuh yakni nilai ke-2 nya yaitu bahan dan nominal sama.

Jadi rupanya tipe uang ini bukan hanya mengenai uang logam dan kertas saja, tetapi rupanya lebih bermacam dari itu.

Baca Selengkapnya di berita paling populer hari ini

Baca Juga: Cara Cek Nomor Indosat