Welcome to Our Website

Kegunaan ERD dan Peranannya

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi dan peranan dari ERD (Entity Relationship Diagram). Sebelum membahas tentang fungsi dan peranannya, terlebih dahulu kita harus tahu apa sih itu ERD dan seperti apa ERD itu maka dari itu akan saya jelaskan dahulu.

Konsep Entity Relationalship Diagram ditemukan pertama kali oleh Peter Chen di tahun 1976. Entitiy Relationalship Diagram dapat dideskripsikan sebagai model yang menjelaskan isi dan hubungan data dalam suatu basis data dalam bentuk entitas, atribut, serta relationship antar entitas.

Kegunaan ERD

  1. Untuk merancang model dasar dari struktur data serta relationship atau hubungan dari setiap data tersebut.
  2. Untuk mempermudah pengerjaan basis datanya karena dalam ERD kita sudah menjelaskan hubungan dari data satu ke data lainnya
  3. Untuk mempermudah dalam mengubah dan menganalisis suatu sistem secara dini
  4. Untuk mempermudah dalam pengembangan suatu sistem karena dalam ERD sudah terdapat gambaran umum serta detil dari suatu sistem yang dirancang.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat beberapa contoh ERD.

Lalu seberapa pentingkah peranan ERD saat ini? Tentunya pemahaman serta penguasaan ERD sangat diperlukan karena dengan konsep ERD kita bisa merancang suatu sistem yang kokoh dan terstruktur. Karena di tahap pengerjaan ERD kita diharuskan menganalisis suatu hubungan dari data yang hendak disimpan dalam di basis data sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kekacauan data seperti adanya data yang redundan yang tentunya bisa menyebabkan tabrakan data. Selain itu dengan ERD kita bisa mendeteksi kelemahan suatu sistem serta data apa saja yang perlu dan tak perlu ada dalam basis data serta kita bisa menentukan data constraintnya, data cardinality, hingga atributte type. Sehingga hasil akhir dari sistem yang akan dikerja menjadi lebih minim tingkat kesalahannya, lebih efisien, dan sesuai dengan kebutuhan.

Sekian Penjelasan singkat saya tentang manfaat dan peran ERD. Semoga dari postingan kali ini anda bisa ambil pengetahuannya dan sebagaimana manusia, mungkin juga ada kesalahan penulisan yang tak saya sadari jadi silahkan dikoreksi, diberikan masukan, dan didiskusikan