Welcome to Our Website

Kegunaan Dan Manfaat Baja Karbon

 

Semua jenis baja mengandung karbon tetapi baja karbon memiliki kandungan karbon lebih banyak. Ini juga termasuk mangan dan besi. Ini dianggap sebagai salah satu logam baja yang paling banyak digunakan. Ini memiliki banyak kegunaan dan keunggulan dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Ini juga dikenal sebagai baja tempa dan dapat dibentuk menjadi bentuk apa pun. Ini cukup lunak dan karena itu dapat dibuat menjadi bentuk yang diinginkan. Itu dituangkan ke dalam balok yang digulung untuk membentuk bentuk yang diinginkan.

Baja karbon dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu baja rendah atau baja ringan, baja sedang dan kandungan karbon tinggi. Paduan rendah mudah dibentuk dan dibentuk karena mengandung karbon tingkat rendah. Baja karbon sedang terutama digunakan untuk membuat poros, kopling dan gandar.

Baja Rendah: Ini mengandung tingkat konstituen karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan paduan lainnya. Ini relatif lebih murah daripada jenis logam lainnya dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi. Ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang rendah.

Baja Sedang: Paduan baja lainnya termasuk baja karbon sedang yang tahan terhadap keausan. Ini tahan lama dan kuat. Ini digunakan untuk memproduksi struktur logam besar dan komponen otomotif.

Baja Tinggi: Salah satu logam baja karbon terkuat termasuk varietas baja tinggi. Ini terutama digunakan untuk memproduksi pegas dan kabel kekuatan tinggi.

Variasi lain dari baja termasuk logam baja ultra tinggi yang sangat kuat dan tarik. Hal ini terutama digunakan untuk memproduksi pisau dan as roda.

Semua jenis logam rak ambalan baja ini digunakan untuk pembuatan berbagai jenis alat dan mesin industri. Ini juga digunakan untuk memproduksi mata bor karena kuat dan tarik. Bahkan digunakan untuk pembuatan alat pemotong dan paku. Baja tinggi terutama digunakan untuk pembuatan mata bor, pisau dan alat pemotong karena kuat dan serbaguna.

Selain konstituen ini, banyak elemen lain seperti mangan, kromium dan tungsten digunakan sebagai bahan pengeras. Sifat-sifat baja dapat ditentukan dengan proporsi unsur-unsur ini.

Baja tahan karat yang mengandung paduan tingkat tinggi ini dikenal tahan karat dan kuat. Meskipun jenis baja ini memiliki berbagai manfaat, tetapi juga memiliki kerugian tertentu. Ini dikenal rapuh dan oleh karena itu jarang digunakan untuk membangun gedung dan jembatan. Baja dengan tingkat paduan utama yang rendah dapat digunakan untuk berbagai keperluan karena tidak rapuh dan lebih kuat.

Namun demikian, digunakan untuk pembuatan pipa baja karena cenderung tetap utuh. Ia juga dikenal tahan lama dan tahan banting. Karena anti-korosif, dapat digunakan untuk keperluan di bawah air. Ini memiliki kemampuan untuk menahan tekanan tinggi dan oleh karena itu digunakan untuk berbagai keperluan industri.

Sebagian besar jenis paduan baja ini dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Ada banyak industri yang memproduksi pipa baja dan alat perawatan di dalam negeri.