Welcome to Our Website

Jenis Switch Manageable Dan Perbedaannya

Di setiap perangkat jaringan komputer khususnya pada sebuah kantor atau perusahaan – perusahaan besar pastinya banyak memiliki komponen jaringan yang peran dan fungsinya masing – masing. Peran dan fungsi ini mulai dari pemrograman biner hingga berfungsi sebagai penghubung antar beberapa device computer untuk digunakan sebagai alat bertukar informasi maupun data dari pengguna.  Dengan ini salah satu komponen yang berperan penting yaitu jaringan yang sering disebut sebagai switch.

Sebuah komponen switch jika dibandingkan dengan jaringan hub yang menjadi pembeda yaitu pada kinerja dan fungsi hub dalam menerima sinyal dari port ke port yang langsung dikirimkan ke port yang sudah tersedia sedangkan switch bekerja lebih efesien dan sangat terarah pada almaat device yang dituju secara langsung untuk melakukan pertukaran data.

Switch di era saat ini sudah semakin berkembang dan didukung oleh fitur – fitur yang cukup canggih sehingga dapat menjadi andalan dalam hal bidang distribusi jaringan atau data informasi antar device computer. Switch manageable sendiri memiliki dua jenis yaitu switch unmanaged dan managed switch.

Managed switch merupakan sebuah tipe dari komponen switch yang memberikan kelebihan dan layanan keamanan data informasi tingkat tinggi yang didukung dengan pengaturan dan kontrol yang sangat lengkap. Jenis switch ini sangat cocok dan menjadi sebuah rekomendasi bagi Anda yang membutuhkan switch yang dapat dimonitor secara langsung dan penuh selama 24 jam serta dibekali dengan kontrol akses jarak jauh.

Managed switch ini bisa dikatakan switch dengan harga yang cukup mahal akan tetapi dapat digunakan sebagai sebuah investasi sebuah perusahaan untuk bidang bisni agar berkembang lebih pesat. Fitur – fitur yang dimiliki dari managed switch ini yaitu dapat memisahkan jaringan, menyambung jaringan lain, pengaturan akses pengguna, dan dapat melakukan control arus system.

Unmanaged switch merupakan sebuah komponen dari switch yang pengaturannya tidak dapat dirubah dan tidak bisa untuk dimodifikasi yang memiliki dampak kemudahan bagi penggunanya sehingga tidak perlu melakukan pengaturan dan tentunya harganya lebih terjangkau.

Switch dengan tipe ini sangat cocok bagi Anda yang memulai dengan usaha skala kecil hingga menengah seperti usaha rumahan, kantor kecil hingga toko yang tidak memerlukan staf admin informasi teknologi.

Unmanaged switch ini tidak memiliki system keamanan jaringan data informasi akan tetapi tidak menjadi sebuah persoalan jika digunakan untuk jaringan lingkup kecil dengan jumlah device computer enam sampai sepuluh unit. Switch tipe ini sangat tidak menjadi rekomendasi jika digunakan untuk bidang yang berkaitan dengan infomasi – informasi yang sangat sensitif dan penting.

Perbedaan Switch Unmanaged Dan Managed Switch

Dilihat dari ulasan di atas secara pengetian jenis dari switch ini memiliki berbedaan. Berikut ulasan perbedaaan antara switch unmanaged dan managed switch :

1. Layanan fitur monitoring

Switch unmanaged secara monitoring tidak menyiapakan kemampuan tersebut dan penggunanya hanya dapat melakukan pengecekan dan memastikan data sudah terkirim ke device tujuan. Sedangkan managed switch dapat melakukan monitoring yang digunakan untuk konfigurasi alamat IP serta melakukan pengecekan data transfer.

2. Tingkat efisiensi dan kemudahan

Switch managed secara penggunakan lebih rumit dan kurang efesien karena pengunanya perlu melakukan penegcekan konfigurasi yang terdapat di dalamnya. Berbeda dengan switch unmanaged menggunakan lebih efesian dan mudah.

3. Network redundancy

Fitur jalur cadangan ini hanya dimiliki oleh komponen switch jenis switch managed saja. Sedangkan pada switch unmanaged tidak memiliki Network redundancy sebagai jalur cadangan.