Welcome to Our Website

Jenis Pallet Plastik Berdasarkan Bentuk dan Kegunaannya

Pallet plastik memiliki jenis atau karakteristik yang berbeda karena bahan dasarnya juga berbeda. Dari bahan yang berbeda tentunya memiliki bentuk serta kegunaan yang bervariasi. Selain itu pallet memiliki dimensi dan ukuran yang bermacam – macam. Bahkan ada beberapa ukuran pallet yang hanya dipakai di negara tertentu atau khusus di industri tertentu.

Oleh karena itu, muncul standarisasi dimensi yang dikeluarkan ISO (International Organization for Standar) untuk di beberapa negara, Berikut ini dimensinya:

  • Asia = 1100 x 1100

  • International = 1067 x 1067

  • Eropa = 800 x 1200

  • Australia = 1165 x 1165

  • Amerika = 1016 x 1219

Kita sudah mengetahui dimensi ukuran dari beberapa negara, selanjutnya berbagai macam bentuk pallet mulai dari yang untuk disusun, hingga dapat ditumpuk sesuai kebutuhan, berikut ini penjelasannya.

Three Runner Pallet

Pallet jenis ini paling sering di temukan dan paling banyak digunakan karena sangat berguna dalam menumpuk sehingga tidak memakan tempat penyimpanan. Three Runner Pallet jenis palet yang memiliki tiga struktur kaki di bagian kiri, tengah dan kanan, dengan bagian atas yang datar namun memiliki lubang atau rongga.

Setiap kakinya memiliki garis lurus yang terhubung antara kaki tengah saja, sehingga membuat pallet plastik jenis ini kurang kuat dan tidak untuk menampung beban berat. Pallet ini cocok di gunakan pada industri ekspedisi, pergudangan, atau industri makanan.

Kekurangan dari pallet ini adalah permukaan atau dasarnya yang licin, dikarenakan tidak memiliki dek di bagian bawahnya. Disarankan tidak menempatkan pallet ini di tempat yang memiliki kemiringan.

Selain itu ada jenis lain yang serupa yaitu Nine Legged Pallet. Jenis ini sama seperti three runner pallet, yang membedakan adalah memiliki garis penghubung di semua kakinya, sehingga membuat pallet ini lebih kuat dan kokoh dari pallet sebelumnya. Namun memiliki kekurangan yang sama.

Reversible Pallet

Nah, jenis ini cukup lebar karena terdapat dek di bagian atas dan bawah. Pada bagian bawah adalah dek yang padat dan memiliki bagian yang identik di bagian atas karena memiliki 5 lubang di setiap sisinya, jadi total memiliki 20 lubang di bagian atasnya.

Titik – titik lubang ini berguna untuk menghubungkan penopang dibagian atas dan bawah pallet ketika ingin menumpuk pallet tersebut.

Itu dia yang saat ini bisa kami sampaikan, untuk mengetahui harga palet plastik bisa cari saja di mesin pencari atau marketplace kesayangan Anda.