Jenis-Jenis Kambing dan Harga Kisarannya

Di Indonesia banyak jenis-jenis kambing tidak hanya satu jenis saja. Dikarenakan masyarakat Indonesia gemar menyantap daging kambing, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan penjual kambing di pasaran. Ada banyak menu olahan daging kambing yang sering kita jumpai dengan cita rasa tradisional yang khas dan berbeda-beda seperti sate kambing, sop kambing, gulai kambing, dan Kambing Aqiqah yang sudah dimasak matang.

1.Kambing Etawa

Kambing Etawa.

Kambing etawa dikenal sebagai kambing yang menghasilkan susu enak dan banyak dan beda dari kambing yang lain karena dagingnya empuk. Kambing ini biasanya banyak digunakan dan disembelih untuk Aqiqahan, atau masakan daging lainnya. Per harinya, kambing etawa bisa menghasilkan

Jenis kambing ini memiliki ciri khas kakinya yang pendek. Meski demikian, tubuhnya cukup besar. Tinggi kambing etawa berkisar antara 127 cm untuk kambing jantan dan untuk kambing betina etawa memiliki tinggi 92 cm.

Sedangkan untuk beratnya bisa mencapai 63 kg untuk kambing betina dan 91 kg untuk kambing jantan.

Harga: Rp2.000.000-Rp3.000.000

 

2.Kambing Kacang

Kambing Kacang.

Jenis kambing kedua yang paling banyak dijumpai di Indonesia adalah kambing kacang. Kambing kacang biasanya banyak dijumpai karena masyarakat akan mencari kambing ini menjelang hari raya Idul Adha untuk qurban.

Harganya yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan harga jenis kambing lainnya menjadi salah satu alasan mengapa kambing kacang banyak dicari.

Selain itu, kambing kacang punya daya tahan tubuhq yang kuat sehingga tidak mudah sakit dan perawatannya juga sangat mudah.

Ukuran kambing kacang tidak terlalu besar. Untuk kambing kacang jantan dewasa, bobotnya hanya mencapai maksimal 30 kg. Sementara untuk kambing betina dewasa hanya mencapai 25 kg.

Tingginya hanya sekitar 56 cm hingga 65 cm saja dengan ciri bulu pendek kecuali pada bagian ekor dan dagunya.

Harga: Rp1.000.000-Rp2.500.000

3.Kambing Jawarandu

Kambing Jawa Randu.

Kambing jawarandu menjadi salah satu jenis kambing yang juga sama-sama memiliki kemampuan untuk menghasilkan susu dalam jumlah banyak.

Tampilannya mirip dengan kambing kacang karena memang kambing jawarandu merupakan hasil persilangan dari kambing kacang dengan kambing etawa. Ukurannya sedang karena hanya memiliki bobot seberat 40 kg.

Ciri khas dari kambing jawarandu adalah adanya tanduk kecil dengan telinga panjang yang jatuh.

Harga: Rp1.200.000-Rp3.500.000

4.Kambing Boer

Kambing Boer.

Jenis kambing berikutnya adalah kambing boer. Kambing ini punya ukuran tubuh yang sangat besar. Saking besarnya, kambing boer memiliki julukan sebagai kambing sapi.

Bobot dari kambing boer dewasa bisa mencapai hingga 150 kg. Ukuran yang besar dikarenakan kambing ini aslinya dari Afrika Selatan lalu dikembangbiakkan di Indonesia.

Walaupun ukurannya besar, tapi kambing boer punya ukuran kaki yang pendek. Kambing ini memiliki warna putih dengan bagian atas kepala berwarna cokelat. Sedangkan telinganya panjang dan lebar.

Kambing boer memiliki bulu yang pendek dengan keseluruhan tampilan yang lebih mirip dengan hewan anjing.

Harga: Rp3.000.000-Rp5.000.000

5.Kambing Kosta

Kambiing Kosta.

Jenis kambing lainnya adalah kambing kosta. Kambing ini banyak dijumpai di daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Kambing ini merupakan hasil kawin silang dari kambing kacang dengan kambing khasmir. Kambing khasmir sendiri adalah kambing asli Irlandia.

Kambing kosta memiliki bentuk tubuh yang sedang dengan warna bulu yang hitam dan corak kecoklatan. Ciri lainnya dari kambing kosta adalah bentuk tanduknya yang relatif pendek dan melengkung ke samping.

Harga: Rp2.000.000-Rp3.000.000

6.Kambing Saanen

Kambing Saanen.

Kambing saanen adalah salah satu jenis kambing yang aslinya dari Swiss Barat. Jenis kambing saanen merupakan salah satu kambing penghasil susu yang enak.

Tampilannya ini terlihat bersih karena warnanya putih. Bulunya terbilang pendek dengan bobot yang bisa mencapai hingga 91 kg untuk kambing jantan dan 63 kg untuk kambing betina.

Kambing saanen punya hidung yang lancip dengan telinga kanan dan kiri yang tegak berdiri. Ciri lainnya dari kambing saanen adalah memiliki ekor pendek dengan bulu yang sangat tipis.

Harga: Rp4.500.000-Rp7.000.000

7.Kambing Muara

Kambing Muara.

Selanjutnya ada kambing muara yang tampilannya sekilas mirip dengan kambing kacang karena memiliki warna cokelat dengan corak kehitaman.

Kambing muara adalah salah satu jenis kambing asli Indonesia yang asalnya dari Sumatera Utara, tepatnya dari Kecamatan Muara. Kambing ini terlihat sangat gagah sehingga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu saja, kambing muara ini terbilang kambing yang sangat lincah dan punya ketangkasan yang bagus. Padahal ukuran dari kambing muara ini cukup besar karena bisa berukuran dua kali lipat dibanding kambing kacang.

Harga: Rp2.000.000-Rp3.000.000

 

This entry was posted in Informasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.