Welcome to Our Website

Jenis-jenis composite sandwich panel

Composite sandwich panel kini menjadi salah satu inovasi terbaru dari bangunan modern. Yang mampu memenuhi kebutuhan untuk bidang pekerjaan konstruksi yang lebih ekonomis dan juga efisien. Sandwich panel merupakan struktur bangunan yang tahan pada suhu dingin atau panas. Bahan materialnya dibuat menjadi 2 lapis yaitu lapisan tipis dan tengah.

Jenis-jenis composite sandwich panel

  1. Lapisan Kulit

Fungsi dari lapisan kulit panel ini adalah untuk menahan tekan dan juga tarik pada bagian lenturan panel. Lapisan kulit sandwich ini terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  • Polimer Berserat

Merupakan material komposit yang dibuat dari bahan matriks polimer yang diperkuat dengan menggunakan serat.

  • Baja Galvanis atau Bahan Metal

Merupakan bahan material baja yang telah dilapisi dengan lapisan seng, tujuannya adalah untuk melindungi permukaan dari karat atau korosi.

 

 

Mau buat rumah dari container ? pesan bahan nya disini : jual container bekas

 

 

  1. Lapisan Inti

Jenis composite sandwich panel berikutnya adalah lapisan inti. Yang berguna sebagai insulasi dan akan mengurangi laju dari perpindahan energi baik dingin atau panas. Pada saat terjadi perubahan pada suhunya. Jenis lapisan inti pada sandwich panel di antaranya yaitu:

  • Polyurethane (PU)

Merupakan bahan material foam yang keras dan juga kaku, serta campuran atau hasil isolvenan dari plastik dan karet. Yang kemudian diperoleh dengan pelarutan material dengan keunggulan yang tahan aus, tahan gesek, dan tahan kimia ringan.

Sifatnya juga lebih stabil ketika berada pada suhu dingin/panas. Dan sangat baik dalam menghemat energi serta mencegah terjadinya kondensasi. Ukuran ketebalan yang tersedia yaitu 50 hingga 150 mm.

  • Rock Wool

Composite sandwich panel terbaik berikutnya yaitu rockwool. Yang dibuat dari bahan bebatuan yang secara umum menjadi kombinasi yang berasal dari batu bara, batuan basalt, serta batu kapur. Lalu dipanaskan dengan suhu hingga 1600oC dan akhirnya meleleh menjadi seperti lava.

Ketika sedang mencair maka batuan itu akan menjadi disentrifugal dengan membentuk beberapa serat. Namun rock wool ini tidak cocok digunakan pada penyimpanan, karena tak akan sanggup menahan suhu kurang dari 5oC.

Rock wool lebih cocok digunakan pada area yang suhunya panas dan tahan suhu yang tinggi.

  • Expanded Polystyrene

Merupakan bahan insulasi yang sifatnya ringan, tidak getas atau rapuh, bebas dari CFC dan memiliki kemampuan transmisi uap air rendah. Sehingga hal itu dapat mencegah terjadinya penguapan. Namun sayangnya tidak tahan pada suhu panas. Ukuran ketebalannya dimulai dari 40 sampai 200 mm.

  • Non-approved Polyisocyanurate

Adalah bahan material rigid foam yang dibuat dari campuran antara polyol dengan isocyanurate. Jenis panel ini mempunyai ketahanan yang kuat dengan peranan suhu yang tinggi dan juga tahan terhadap api. Serta bersifat stabil dan tahan terhadap mechanical.

Itulah sejumlah jenis dan manfaat dari composite sandwich panel yang perlu Anda ketahui. Sandwich panel ini paling sering digunakan oleh pengusaha konstruksi.