Welcome to Our Website

Inilah Teknik Operan Bola Basket Untuk Jarak Jauh

Kelabui Lawan Kamu Dalam Permainan Basket Dengan Teknik Ini

Pada sebuah permainan bola basket, banyak sekali teknik-teknik yang harus dikuasai oleh pemain dan salah satunya adalah operan jarak jauh. Teknik operan bola basket untuk jarak jauh sangat cocok untuk melakukan serangan balik atau mengoper ke rekan setim yang memiliki ukuran badan tinggi.

Meskipun efektif, teknik satu ini harus dilatih sebanyak mungkin dan kerja sama yang sangat baik antar pemain. Untuk mengetahui apa saja teknik operan bola basket untuk jarak jauh, simak ulasannya di bawah ini.

  1.     Baseball Pass

Teknik operan bola basket pertama yang sering dilakukan pada jarak jauh adalah Baseball Pass dan teknik ini sering dipakai untuk mengoper pada rekan setim paling depan. Untuk menggunakan teknik ini, pertama posisikan salah satu kaki kamu pada bagian depan dan gunakan satu tangan untuk pegang bola.

Sedangkan tangan lainnya bertugas sebagai penyeimbang tubuh agar tidak jatuh. Selanjutnya, pusatkan berat badan pada bagian belakang dan lakukan ancang-ancang untuk melempar bola.

Selanjutnya, kamu melempar bola pada rekan setim yang diinginkan dan pastikan saat melepas bolanya, tangan lurus ke depan.

  1.     Overhead Pass

Selanjutnya ada Overhead Pass sebagai teknik operan bola basket untuk jarak jauh dan sesuai namanya bahwa operan ini dilakukan dengan melewati kepala lawan. Perlu diperhatikan bahwa teknik ini hanya berlaku untuk rekan setim yang berpostur tinggi sehingga peluang diterima jauh lebih tinggi.

Untuk melakukan teknik ini, kamu harus posisikan tubuh di depan rekan setim dan buka kedua kaki selebar bahu. Setelah itu, posisikan bola di atas kepala lalu lempar lempar bola melewati kepala lawan.

Tips yang perlu diperhatikan ketika melakukan Overhead Pass adalah luruskan kedua lutut kaki saat melempar bola. Cara ini dilakukan agar dapat menambah kekuatan lemparan pada rekan setim.

  1.     Wrap Around Pass

Wrap Around Pass adalah salah satu teknik operan bola basket yang dipakai untuk mengelabui lawan. Bahkan, jenis operan ini sebenarnya bisa dilakukan baik untuk jarak dekat maupun jauh sehingga jauh lebih fleksibel.

Cara menggunakan teknik Wrap Around Pass ini diawali dengan satu kaki yang dilangkahkan pada berbagai arah untuk mencari rekan setim yang tidak terkawal. Lalu, satu kaki lainnya akan menjadi poros dan bola dioper dengan satu tangan.

Pada saat melakukan operan, kamu bisa memakai dua  cara, yakni melalui udara untuk jarak jauh dan pantulan lantai untuk jarak dekat. Saat melakukan teknik operan ini, kejelian melihat posisi rekan setim sangatlah penting.

  1.     Alley Oop Pass

Teknik Alley Oop Pass ini adalah salah satu teknik operan yang diakhiri dengan dunk oleh rekan setim. Maka dari itu, teknik operan ini sangat cocok untuk rekan tim yang memiliki postur tinggi agar bisa melakukan dunk dengan sempurna.

Cara melakukannya adalah bawa bola sampai hampir mendekati ring lawan dan pastikan di saat bersamaan rekan setim juga tengah berlari agar siap menerima bola. Setelah yakin rekan setim ada di posisi tepat, lempar bola setinggi mungkin untuk mendekati ring dan rekan yang tadi sudah bersiap tinggal memasukan bolanya.

Untuk bisa melakukan teknik Alley Oop Pass, perlu kerja sama yang baik dan juga peluang yang tepat agar bisa berhasil.

Demikian teknik operan bola basket untuk jarak jauh yang sering digunakan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa kamu praktekkan di lapangan.