Welcome to Our Website

Inilah Dampak Positif dan Negatif Dari Pasar Bebas Terhadap Indonesia

Daya saing Indonesia dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015 - IPQI

Tahukah kamu bahwa dampak positif dan negatif dari pasar bebas untuk negara Indonesia merupakan akibat dari globalisasi. Dalam arti lain, pasar bebas memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Di sisi lain, globalisasi mampu memberi banyak efek bagi kehidupan masyarakat di seluruh dunia, salah satunya dalam bidang ekonomi.

Contoh paling mendasar akibat dari globalisasi yakni adanya pasar bebas. Di mana pasar bebas adalah suatu bentuk kerja sama antara negara-negara maju dan berkembang untuk meningkatkan kegiatan perdagangan.

 

Pengertian Pasar Bebas

Pengertian paling mendasar dari pasar bebas yaitu pasar yang para penjual dan pembelinya memiliki kebebasan untuk memutuskan masalah perdagangan dan bisnisnya.

Dalam kegiatan produksi serta penjualan, pasar bebas lebih condong kepada independen atau tanpa campur tangan pemerintah.

Fungsi dari pasar bebas yang paling pokok yaitu memberi kebebasan terhadap masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi, lebih khususnya untuk kegiatan ekspor dan impor.

Terlebih lagi, untuk perusahaan-perusahaan besar, pasar bebas dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan, di mana penghasilan tersebut didapat dari bisnis yang sedang dijalani dan berkesempatan untuk belajar hal yang lebih modern.

 

Dampak Positif Pasar Bebas Untuk Indonesia

Pasar bebas hanya menjual produk-produk dengan kualitas terbaik, hal tersebut karena persaingan yang sangat ketat di dalamnya. Maka dari itu pasar bebas hanya menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk dijual kepada konsumen.

Hal tersebut juga menjadi pemicu utama mengapa produsen-produsen yang tergabung dalam pasar bebas bersemangat untuk bersaing dalam menjual produk terbaik.

Hal ini menjadi salah satu dampak positif dari pasar bebas, dan berikut dampak positif dari pasar bebas bagi Indonesia, antara lain:

  • Membuka peluang investasi dari luar negeri
  • Membuka peluang ekspor bagi para pelaku bisnis
  • Meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia ditandai dengan meningkatnya kualitas produk lokal
  • Terpenuhinya kebutuhan negara
  • Meningkatkan keuangan
  • Memperluas lapangan kerja

 

Dampak Negatif Pasar Bebas Bagi Indonesia

Jika ada dampak positif tentu ada dampak negatif yang menyertainya. Pasar bebas juga memiliki dampak negatif seperti dalam studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian Politik LIPI tahun 2010 silam. Di mana dampak negatif pasar bebas salah satunya datang dari sektor pertanian lokal.

Dalam studi tersebut, sektor pertanian lokal menjadi dampak negatif dari pasar bebas karena kalah daya saing harga komoditas.

Hal tersebut terjadi karena harga komoditas pertanian Indonesia lebih mahal ketimbang komoditas-komoditas dari luar negeri. Hal tersebut membuat situasi usaha pertanian dan perekonomian lokal menjadi terpuruk.

Tidak hanya dari sektor pertania, terdapat pula beberapa dampak negatif yang dihasilkan sehingga berpengaruh terhadap kondisi sosial budaya masyarakat. Berikut ini beberapa dampak negatif pasar bebas, antaralain:

  • Meningkatkan pola konsumtif masyarakat
  • Menyebabkan banyaknya produk-produk luar negeri masuk ke Indonesia sehingga menggerus produk-produk lokal
  • Meningkatnya ketergantungan pada negara maju
  • Munculnya persaingan yang tidak imbang antara negara maju dan berkembang
  • Menghambat industri dalam negeri karea produk lokal kalah saing dengan produk luar negeri.
  • Pendapatan negara berkurang jika ekspor melemah

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar pengertian, dampak negatif dan positif pasar bebas bagi negara Indonesia. Mudah-mudahan informasi di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua dan tentunya membuat kalian mengerti tentang pasar bebas.