Welcome to Our Website

Hal Penting yang Perlu Diketahui Perawatan Pasca Persalinan

Jasa Perawatan Pasca Bersalin – Kehamilan dan persalinan ialah kodrat alami dalam transisi kehidupan seorang wanita. Mempunyai si buah kesayangan dan jadi seorang ibu satu kebahagiaan sekalian kebanggaan tertentu. Bukan hanya periode kehamilan saja yang perlu untuk diperhatikan, saat persalinan juga sama keutamaan karena banyak keadaan yang bisa mempunyai potensi jadi permasalahan saat persalinan.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Perawatan Pasca Persalinan

Pasca persalinan ini disebutkan dengan periode nifas / puerperium, yakni keadaan saat persalinan sampai kembali seperti saat sebelum hamil umumnya terjadi di antara 4-6 minggu. Selama saat nifas ini organ reproduksi akan perlahan-lahan kembali seperti sebelumnya saat sebelum hamil atau yang disebutkan periode involusi. Pada dasarnya ada 2 poin utama yang penting diingat pada ibu saat persalinan yakni keadaan FISIK dan PSIKOLOGI nya.

1. Pasca persalinan

Dua jam sesudah melahirkan bayi ialah saat yang paling krisis yang memerlukan pemantauan ketat. Dalam kurun waktu 2 jam ini dilaksanakan monitor ketat penekanan darah tiap 15 menit, temperatur badan tiap 4 jam pada 8 jam pertama lalu tiap 8 jam pada 8 jam selanjutnya. Kontraksi dan besarnya kandungan jadi perhatian, jumlah pendarahan per vaginam dipantau. Bila dibutuhkan diberi obat untuk kontraksi kandungan supaya tidak ada pendarahan. Dua jam sesudah ditegaskan tidak ada kompleksitas karena persalianan, dibolehkan makan. Kalori dan Protein yang diperlukan seikit semakin banyak. Suplemen zat besi diperlukan minimal tiga bulan saat melahirkan.

2. Payudara

Payudara wanita mempunyai kelenjar air susu, jumlahnya 15-20 lobus pada tiap payudara. Sebentar- lima hari sesudah melahirkan payudara mulai menghasilkan colostrum, yang warna kekuningan. Colostrum ini sedikit memiliki kandungan gula dan lemak tetapi kaya elemen kekebalan, mineral , protein globulin, asam amino, immunoglobulin A (IgA), macrophages, lymphocytes, lactoferrin, lactoperoxidase, and lysozymes yang paling bagus untuk bayi. Payudara akan menghasilkan colostrum sampai seputar dua minggu lalu mulai peralihan ke air susu pada 4-6 minggu. Sedikit berlainan dari colostrum, air susu ibu yang matur terbagi dalam lemak, protein, karbohidrat, bioactive faktors, minerals, vitamins, hormones, dan produk kekebalan. Fokus dan formasi air susu ibu dikuasai oleh konsumsi makanan ibu, umur bayi, dan keperluan bayi. Ibu yang menyusui bisa hasilkan 600 ml setiap hari.

Cara Merawat Payudara :

Putting susu dengan teratur dibikin bersih dari kotoran atau air susu yang jadi kering yang bisa membuat iritasi antara puting susu memakai air hangat dan sabun yang halus. Dibikin bersih sebelum dan setelah menyusui. Fissure yang terluka bisa mengakibatkan ngilu dan memengaruhi produksi air susu dan jadi sumber infeksi. Jika putting susu terluka bisa diberi salep lanolin dan diberi perlindungan putting susu sepanjang 24 jam. Umumnya lebih baik di dalam 10 dari. Bayi bisa diberi asi lewat payudara yang sehat dan pyudara yang sakit bisa dikeluarkan asi lewat pompa. Status bayi yang keliru saat menyusu dapat memengaruhi lecet pada putting susu. Kontraindikasi menyusui ialah beberapa obat tertentu , alhokol, terkena virus HIV dan TBC yang tidak diobati, dan penyembuhan kanker payudara.

Beberapa penyakit virus seperti Hepatitis B dan C, Citomegalovirus masih bisa menyusui bayi. Ibu dengan penyakit Herpes simplek masih bisa menyusui asal dipastikam putting susu tidak ada sisi yang lecet. Beberapa obat yang jangan dimakan oelh ibu menyusui diantaranya cyclosphamide, cyclosporine, doxorubicin, methotrexate, mycophenolate, marijuana dan alcohol.

Persoalan yang lain kerap ditemui di saat menyusui ialah keadaan Breast Engorgement. Yakni keadaan yang diikuti dengan ngilu payudara karena mampetnya pengeluaran air susu dan demam di antara 37.8-39˚C yang umumnya pucuknya terjadi pada 3-5 hari sesudah melahirkan. Langkah menanganinya dengan kenakan Bra yang nyaman, kompres dengan es dan obat anti ngilu. Kecuali karena penyumbatan air susu, breast engorment bisa muncul karena infeksi. Permasalahan yang lain kerap ditemui pada payudara ialah inverted nipple (putting susu terbenam). Ini mempersulit di saat menyusui. Langkah menanganinya dengan mengisap putting susu dengan teratur dan kerap dalam waktu lama saat sebelum waktunya melahirkan supaya putting bisa mencolok keluar.

3. Perineum

Perineum ialah wilayah seputar kemaluan dan anus. Umumnya pada wilayah perineum berikut dilaksanakan perlakuan episiotomi atau perluasan jalan lahir di saat persalinan. Wilayah ini harus dibikin bersih dengan arah dari depan ke belakang. Kompres dingin bisa diberi pada wilayah cedera jahitan untuk kurangi bengkak. Jika ada ngilu luar biasa wilayah perineum dan anus karena itu harus berhati-hati akan berlangsungnya iritoma (pendarahan). Cedera jahitan umumnya menyembuh seputar tiga minggu. Walaupun jarang-jarang ditemui bisa terjadi prolapse kandungan di mana kandungan turun atau kebalik keluar dari kemaluan, ini sebagai salah satunya keadaan yang genting dan membutuhkan pengatasan selekasnya. Hemoroid atau ambeyen atau wasir sering terjadi umumnya karena penekanan dan saat mengejan. Penatalaksanaannya dengan salep anti ngilu, merendam di air hangat, dan obat pelunak kotoran.

4. Kandung kemih

Dalam proses persalianan yang lama dan susah dengan bayi besar, atau kontribusi alat seperti vakum atau forcep, pemakaian kateter urin, operasi sesar, bisa menyebabkan kompleksitas pada kandungan kemih yakni berlangsungnya retensio urin. Retensio urin sebagai satu keadaan di mana tidak bisa berkemih hingga urin ketahan di kandungan kemih hingga sangat terasa ngilu.

Jika dalam kurun waktu 4 jam saat persalinan tidak bisa berkemih karena itu mengisyaratkan ada permasalahan. Langkah menanganinya dimasukkan kateter urin minimum 24 jam untuk keluarkan urinnya dan istirahatkan kandungan kemih sambil penilaian pemicu berlangsungnya retensio. Disamping itu bisa diberi beberapa obat dan check laboratorium pada urinnya adakah infeksi. Bila yam aka bisa diberi antibiotika.

5. Mood dan psikologi

Yaitu penting memperhatikan apa terjadi stres saat melahirkan. Sering terjadi stres pada sekian hari sesudah melahirkan. Beberapa kasus yang lebih kronis bisa terjadi post partum baby blues syndrome. Keadaan ini diikuti dengan ketakutan dan kekhawatiran akan kekuatan akan mengurusi anak, sediakan keperluan dan pengubahan wujud badan sesudah melahirkan. Umumnya tanda-tanda ini lenyap pada 2-10 hari. Kpada keadaan yang kronis bisa terjadi kemauan untuk bunuh diri atau membunuh bayinya. Dalam ondisi ini karena itu dibutuhkan therapy beberapa obat selanjutnya.

6. Komplikasi otot dan tulang pada saat melahirkan.

Bisa terjadi di saat pengenduran status yang telalu terlalu berlebih. Berprasangka buruk terjadi keadaan abnormal jika wanita saat melahirkan tidak bisa berjalan dan atau berasa ngilu perut bawah sampai ke belakang dan tungkai. Jika terjadi karena itu bisa dipelajari dengan pengecekan kelanjutan seperti Xray.

7. Waktu berhubungan seksual kembali

Sesudah dua minggu saat persalinan bisa dilaksanakan aktivitas seksual jika berasa nyaman. Menurut riset, 90% dari 484 wanita saat melahirkan anak sulung lakukan aktivitas seksual sesudah 6 bulan. Berhubungan seks yang terlampau cepat bisa tidak membahagiakan dan mengaggu cedera jahitan dan menyebabkan laserasi jalan lahir. Dyspareunia (ngilu saat berhubungan seks) bisa terjadi sebagian orang sesudah operasi sesar.

8. Kontrasepsi

Kontrasepsi merukan hal yang tersering diacuhkan oleh ibu saat persalinan sebab menganggap tidak begitu penting dan bisa diundur. Walau sebenarnya realitanya sebagai satu poin penting. Wanita yang tidak menyusui menstruasi bisa kembali ke 6-8 minggu saat persalinan. Ovulasi terjadi pada rerata 7 minggu (antara 5-11 minggu). Pada wanita menyusui menstruasi dan kesuburan kembali seputar 18 bulan saat persalinan.

Kondisi lainnya yang bisa terjadi saat persalinan diantaranya ialah kecapekan, konstipasi (susah buang air besar), anemia (kurang darah), sakit di kepala, kompleksitas cedera jahitan. Pada umumnya pantauan keadaan ibu saat melahirkan dilaksanakan sampai 18 bulan. Demikian beberapa hal yang penting diingat pada ibu saat persalinan. Sangkanya artikel ini bisa memberikan sedikit wacana pada calon ibu atau yang telah melahirkan. Seorang ibu yang sehat pasti bisa menjaga dan memperbesar beberapa anak yang sehat angkatan muda penerus bangsa.

Info Selengkapnya : Paket Pasca Bersalin