Welcome to Our Website

Gunung Kukusan : Pesona 8 Gunung Cantik Siap Memanjakan Mata Anda. Kesini Yuk!

gunung kukusan

Mencoba liburan lebih menantang kenapa tidak? Jika Anda berniat liburan ke Jogja dengan mengambil tempat wisata menantang, Anda bisa mencoba menguji adrenalin Anda untuk memanjat Gunung Kukusan yang terletak di Magelang.

Gunung ini tidk terlalu tinggi seperti gunung aktif lainnya. Melainkan hanya berupa gunung batu yang ditumbuhi panjang tumbuhan subur. Dan, jika sudah sampai ke puncak, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan. Rasanya seperti berada di alam lain.

Wisata alam Jogja memang terkenal asik dan mempunyai panorama yang memukau. Tak heran banyak wisatawan yang datang ke Jogja dan mencari wisata alam yang menantang. Apalagi seperti Gunung Kukusan ini. Anda bisa ke sini dengan menggunakan sewa mobil Jogja lepas kunci yang terjangkau.

Anda bisa mendakinya hanya dengan 20 menit trekking dari area parkir. Tapi pastikan, kondisi badan Anda dalam keadaan fit. Jangan mau kalah dengan wisatawan asing yang senang trekking ke wisata alam bebas seperti ini.

Anda sebagai wisatawan domestik harus mau dan mampu juga jelajah alam Indonesia yang tak kalah menawan dengan wisata alam di luar sana. Anda bisa memulai dengan mencoba mendaki Gunung Kukusan ini. Berani coba?

Lokasi dan Rute Gunung Kukusan

Pasti Anda sudah mulai bertanya-tanya, dimana sih lokasi Gunung Kukusan ini? Lokasinya berada di perbatasan antara Kebun Teh Nglinggo. Tepatnya berada di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Salaman, Magelang.

Karena lokasinya berbatasan langsung dengan Kebun Teh Nglinggo, Anda juga bisa sekaligus mengunjungi kebun teh lho. Dan tahukah Anda, kalau Kebun Teh Nglinggo adalah kebun teh satu-satunya di Jogja. Jadi jangan sampai melewatkannya juga ya.

Lalu, untuk rute perjalanannya Anda bisa lewat Jogja dan lewat Magelang. Kalau Anda lewat Magelang, Anda bisa melewati rute dari Magelang kemudian meluncur ke Borobudur dan meluncur ke Kecamatan Salaman. Jika sudah sampai Salaman, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar.

Dan, kalau Anda berangkat dari Jogja, Anda bisa melalui rute ini. Dari Tugu Jogja, Anda bisa mengambil jalan ke arah barat menuju perempatan lalu lintas Ringroad Barat Demak Ijo. Dari situ Anda bisa langsung ambil arah barat untuk menuju ke Jalan Godean.

Setelah melalui Jalan Godean, Anda bisa menuju ke Pasar Godean dan menuju ke Jembatan Sungai Progo. Jika sudah melalui Jembatan Sungai Progo, Anda akan menemui perempatan Bangjo Kenteng kemudian ambik kanan. Tak jauh dari sana, ada perempatan Dekso, perempatan yang ada Tugu di tengah jalan, ambil kiri,

Ikuti jalan ke arah Samigaluh melewati sungai Tinalah yang berada di kiri jalan. Kondisi jalan juga mulai berkelok naik turun. Pertigaan Pasar Totogan bisa ambil kiri/lurus yang nantinya Anda akan menemukan SMP 2 Samigaluh.

Dari SMP 2 Samigaluh, Anda bisa lurus mentok ke pertigaan Pasar Plono, ambil arah kanan. Kemdudian dari sana ikuti jalan yang mengarah ke Kebuh Teh Nglinggo. Dari kebun teh Anda harus rela menerobos hutan sekitar 10-15 menit untuk sampai ke area Gunung Kukusan.

Harga Tiket Masuk Gunung Kukusan

Wisata ke Gunung Kukusan tak menuntut Anda untuk merogoh kocek yang dalam. Pasalnya untuk bisa masuk ke kawasan Gunung Kukusan ini, Anda hanya diminta membayar tiket sebesar 2.000 rupiah saja lho. Murah banget, kan?

Bahkan dengan harga semurah itu Anda tidak hanya bisa menikmati puncak Gunung Kukusan melainkan juga dua puncak lainnya yang tak kalah keren dan menarik. Kedua puncak tersebut bernama Puncak Kendeng dan Puncak Dempok.

Anda bisa menguji adrenalin Anda dengan mendaki kedua puncak tersebut. Kedua puncak tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan puncak Gunung Kukusan. Anda hanya akan diperkenankan melewati jalan setapak kecil yang berbatasan langsung dengan jurang. Wahhh, beranikah Anda?

Waktu Terbaik Berlibur ke Sini

gunung kukusan
sumber: tribunnews.com

Ada baiknya, Anda juga memperhatikan waktu berkunjung. Waktu juga bisa mempengaruhi jalanan dan juga pemandangan yang nantinya akan Anda saksikan. Maka dari itu mencari banyak referensi akan sangat membantu Anda untuk bisa berlibur ke tempat pilihan Anda.

Dan, jika Anda ingin pergi ke Gunung Kukusan, sangat penting untuk memperhitungkan waktu berkunjung. Mengingat medan jalan yang masih cukup terjal dan curam, membuat Anda harus ekstra hati-hati dan harus banyak referensi.

Waktu terbaik untuk menikmati puncak Gunung Kukusan adalah saat musim kemarau. Jalanan tidak akan licin, sehingga trekking Anda bisa berjalan dengan mudah. Saat musim kemarau cuaca juga akan sangat cerah dan membantu Anda untuk melihat jelas pemandangan yang ada di bawah sana.

Anda juga bisa datang pagi hari untuk melihat kabut awan yang menutupi pucuk-pucuk gunung. Jika cauca cerah, Anda akan mendapat kesempatan melihat 8 gunung yang ada di Jawa. Wah, siapa sih yang menolak di suguh pemadangan seperti ini?

Bulan-bulan seperti Mei-Agustus juga sangat cocok untuk dijadikan bulan liburan Anda. Pada bulan-bulan itu biasanya cuaca akan sangat cerah dan musim kemarau tengah memasuki fasenya. Anda pun bisa mudah mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Jika beruntung, Anda bisa juga mendapatkan potret matahari terbenam yang sempurna.

Tips Berkunjung Ke Gunung Kukusan

Sebelum bergegas ke Gunung Kukusan, Anda bisa menyimak tips berkunjung berikut ini:

  • Pastikan kendaraan yang ada gunakan dalam keadaan bagus dan bertenaga. Mengingat medan perjalanan yang nantinya akan Anda lalui berkelok-kelok tajam, jadi pastikan dulu kondisi kendaraan yang Anda pakai untuk menuju ke sana.
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Mau memanjat, mendaki gunung pastinya Anda juga harus memperhatikan pakaian yang harus Anda gunakan. Gunakan pakaian yang mudah menyerap panas dan keringat.
  • Pakai alas kaki yang nyaman dan aman. Kalau mau menikmati puncak Gunung Kukusan atau puncak yang lain disebelahnya, pastikan dulu sepatu Anda nyaman dipakai dan aman untuk digunakan trekking. Ingat ya, jalanan ke puncak adalah tanah, dan kemiringannya juga lumayan curam. Jadi pastikan gunakan alas kaki yang aman.
  • Bawa bekal. Minum harus selalu bawa. Cuaca panas dan aktivitas berlebih membuat kita jadi sering haus. Jadi pastikan, Anda selalu membawa bekal minum yang cukup. Mau bawa bekal makanan ringan juga boleh. Asal selalu jaga kebersihan ya.

Nah jika sudah menyimak tips di atas, Anda bisa lebih mempertimbangkan perjalanan wisata Anda nanti kan. Gunung Kukusan memang cantik, lebih cantik lagi kalau Anda turut menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarang dan mencoret-coret batu.

Anda juga bisa ke sana lebih mudah dengan sewa mobil Jogja atau sewa motor harian Jogja lho. Kalau mau praktis Anda juga bisa menggunakan jasa paket wisata Jogja. Mau semua itu, yuk langsung hubungi kami. Dan booking dari sekarang juga!