Welcome to Our Website

Gua Passohara, Liburan Gua Fantastis Dekat Pantai Mandala Riang Bulukumba

Gua Passohara, Liburan Gua Fantastis Dekat Pantai Mandala Riang Bulukumba

Gua Passohara adalah obyek wisata alam fantastis serta terselip di Bulukumba dekat dari Pantai Mandala Riang. Gua yang punya sumber mata air yang diprediksikan udah berumur beberapa ratus tahun.

Harga Ticket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Map: Periksa Posisi
Gua passohara adalah tempat liburan yang bertempat di dekat lokasi pantai Mandala Riang yang berada di Kampung Lembanna, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Buat hingga kesini, turis bakal lewat medan yang cukup curam dengan batu-batuan licin sedalam 30 mtr..

Di ujung gua ada suatu mata air yang dipercayai udah berumur beberapa ratus tahun. Mata air ini sampai waktu ini masih dipakai oleh penduduk. Dengan situasi yang kurang penyinaran, turis penting bawa alat pencahayaan sendiri waktu berliburan ke arah tempat ini.

Di gua ada danau yang elok. Buat mendapatkan danau, pengunjung mesti masuk rongga bawah tanah dengan panjang kira-kira 100 mtr. terlebih dulu. Gua ini sendiri miliki jarak cuman seputar 100 mtr. dari bibir pantai.

Daya Ambil yang Dipunyai Gua Passohara

1. Sumber Mata Air di Dalam Gua

Di gua Passohara ada suatu mata air yang diprediksikan punya umur beberapa ratus tahun. Sampai ada pikiran kalau mata air itu udah sampai umur beberapa ribu tahun. Sumber mata air ini dipercayai ada buat penuhi kepentingan penduduk seputar.

Buat hingga ke sumber mata air, pengunjung terlebih dulu mesti melintasi batu-batuan licin yang jadi menurun dengan kedalaman 30 mtr.. Situasi jalan tuju gua adalah sela sempit maka penyinaran tidak bisa mempercayakan sinar matahari saja. Pengunjung yang hadir penting bawa alat pencahayaan tambahan apabila pengin masuk.

Katanya, saluran air dari gua ini terjalin bersama air di pantai Mandala Riang yang miliki jarak dua km dari posisi . Sehingga, seandainya situasi air di pantai pada situasi kering, air di gua bakal turut kering. Begitu juga sewaktu situasi air pada situasi pasang.

Baca Lagi : Pulau Pelangi Resort

2. Kolam Air Tawar yang Begitu Jernih

Di gua ada kolam air tawar bersama air kehijauan yang paling jernih. Pengunjung yang hadir bisa nikmati kesegaran air di danau ini dengan berenang atau menyelam. Kesegaran air di gua ini dapat menyingkirkan letih seusai telusuri lubang gua yang cukuplah curam. Kejernihan air kolam membikin akhir bisa lihat sampai dasar kolam. Seluruhnya kelihatan di atas. Ditambah lagi apabila Anda ambil peluang buat berenang serta menyelam ke dasar kolam. Pastinya bertambah terang ekosistem yang ada di bawah kolam sana.

3. Dinding Gua

Dinding gua passohara tampak tangguh dengan warna kecoklat-coklatan. Gua ini tambah menakjubkan dengan stalaktit serta stalakmit yang menghiasnya. Gabungan di antara dinding gua yang memiliki warna kecoklat-coklatan bersama air yang memiliki warna biru kehijauan begitu jernih menyebabkan kesan-kesan kontras yang elok di pandang mata.

Trayek Gua Passohara

Gua Passohara berada di Kampung Lembanna, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Posisinya ada begitu dekat sama pantai Mandala Riang. Buat hingga ke tempat ini, turis bisa memanfaatkan trayek tuju pantai Mandala Riang setelah itu menyambung perjalanan ke gua.

Pantai Mandala Riang sendiri berada di Kampung ara, Lembanna, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Miliki jarak 35 km dari Kota Bulukumba. Butuh waktu empat sampai lima jam dari kota Makassar.

Seusai masuk Kabupaten Bulukumba, Anda hanya butuh mengikut jalan as Bulukumba-Bira. Seusai perjalanan waktu kira-kira 45 menit, Anda bakal mendapatkan papan petunjuk jalan tuju Apparalang. Disana, Anda hanya butuh mengikut petunjuk jalan buat hingga di pantai Mandala Riang.

Situasi jalan yang dilintasi buat hingga di pantai cukup tak mulus, maka pengunjung yang hadir penting berwaspada. Situasi jalan kecil, berliku-liku serta ada turunan tajam. Pengunjung bakal melintasi lajur dengan batu-batuan kecil yang curam. Akses jalan bisa dilintasi kendaraan beroda 2 ataupun empat.

Buat pengunjung yang rencana tak bermalam bakal lebih bagus apabila melaksanakan perjalanan saat pagi hari, ingat situasi jalan yang sedikit gelap sebab kurangnya pencahayaan waktu malam hari.

Turis yang pengin bertandang ke gua ini bisa hadir kesini dalam hari senin sampai minggu sebab posisi ini terus terbuka buat disinggahi. Waktu membuka serta tutup lokasi pun tak ada. Akan tetapi, lebih baiknya Anda hadir waktu matahari masih bercahaya ingat situasi pencahayaan yang kurang.

Anda yang hadir ke posisi ini, bakal diambil cost senilai Rp 8.000 buat beli ticket masuk. Untuk memperjelas, Anda bisa mengabari pengurus gua Passohara.

Baca Juga : Pulau Tidung Jakarta

Teknik Nikmati Gua Passohara

1. Susur Gua atau Caving

Tiap-tiap gua punya kekhasan semasing. Kekhasan ini terus bagus untuk ditelusuri. Gua Passohara lantas punya kekhasan yang sayang sekali apabila tak ditelusuri. Jadi, turis yang bertandang ke lokasi ini disarankan buat melaksanakan susur gua.

Susur gua adalah pekerjaan menjajahi semuanya sisi gua baik vertikal ataupun horizontal. Akan tetapi, sebelumnya melaksanakan pekerjaan ini lebih baiknya Anda melihat perihal ini selaku penyiapan akan melaksanakan olahraga yang tergolong berlebihan ini.

2. Mengikut Pelatihan Caving atau Penyelusuran Gua

Mengikut pelatihan bertujuan biar pengunjung punya pengetahuan terkait gua. Pengetahuan ini berfaedah buat keamanan pengunjung waktu mengeksplor kecantikan gua.

3. Melihat Situasi Cuaca

Kesensitifan kepada alam jadi kunci keselamatan turis yang pengin melaksanakan susur gua. Turis semestinya mengelak gua-gua yang bisa terpengaruh banjir waktu musim penghujan, terutama gua yang punya air serta dekat sama saluran sungai.

4. Bawa Alat Pencahayaan Double

Gua terus ada pada situasi gelap baik siang maupun malam hari. Jadi alat pencahayaan yang dibawa jadi salah satu petunjuk jalan.

Buat mengelak efek sesat jalan atau gak dapat kembali, jadi penyusur gua mesti antisipatif dengan bawa alat double. Alat yang dibawa bisa berwujud senter atau head lamp.

5. Mengikut Petunjuk Pemandu

Caver mesti pengin dengar serta menaati orang yang bertindak selaku pemandu. Pemandu ini pasti lebih mengerti situasi gua serta mengenali apa yang pengunjung tak pahami.

6. Persiapkan Fisik serta Moral

Situasi moral satu orang begitu memiliki pengaruh di fisiknya. Orang dengan moral kuat bakal dapat memberinya sugesti biar fisik kuat. Akan tetapi, orang yang dengan moral yang kurang kuat bakal berefek di kapabilitas fisik yang menurun.

7. Mengerti Tehnik Tali Tunggal

Punya pengetahuan terkait tekni ini begitu menolong pengunjung dalam nikmati kecantikan gua vertikal.

8. Melindungi Diri Biar Masih Dalam Situasi Tenang

Ketenangan di gua yaitu keharusan yang wajib dikerjakan caver. Situasi gaduh yang disebabkan oleh pengunjung mungkin mengacaukan situasi makhluk dalam gua.

9. Melacak Situasi Ekosistem Gua

Gua jadi area yang penuh rahasia. Situasinya yang gelap serta kadangkala ada dalam bawah tanah membikin kehidupan di gua jadi bagus untuk dikilas-balik.

Situasi yang beda bakal menciptakan output yang beda. Situasi gua yang terus gelap tentu bakal membikin makhluk hidup didalamnya melaksanakan penyesuaian. Makhluk hidup ini berevolusi maka punya ciri-khas yang lainnya ketimbang makhluk di luar gua.

Situasi yang begitu, tidakkah sangat bagus buat dikilas-balik ? Asumsikan, apabila Anda mendapatkan makhluk hidup dengan situasi yang masih belum pernah Anda tonton awal mulanya. Sangat dahsyat bukan ?

10. Menggambar Topography Gua

Ruang dalam gua punya guratan-guratan yang memikat serta antik. Dinding-dinding dengan celungan serta benjolan yang juga unik. Stalatit serta stalakmit yang menghias seisi gua. Serta macam-macam warna alami yang ada pada semasing segi gua.

Kesemuanya perihal ini bisa jadi suatu obyek gambar yang sangat bagus. Anda bisa hadir dengan bawa alat gambar serta perona unggulan. Setelah itu menggambar dengan enjoy sembari hanya duduk di bibir gua. Anda bisa mengerjakannya di gua pun, seandainya Anda siap bawa pencahayaan buat mendukung pekerjaan itu.

Pekerjaan menggambar bisa menyingkirkan kepenatan serta menggembirakan diri kita sendiri. Diluar itu, kreasi Anda bisa sebagai rujukan buat pengetahuan berkaitan geografi.

gua passohara

Lokasi Kebiasaan Ammatoa Kajang

Pantai Kaluku Bulukumba

11. Berenang di Kolam Air Tawar

Kolam air tawar yang ada pada dalam gua adalah daya pikat yang jangan ditinggalkan. Kejernihan air dengan warna biru kehijauan mesti Anda coba kesegarannya. Sebab situasi yang cukuplah gelap, Anda jangan lupa buat bawa pencahayaan. Anda bisa menyelam agar dapat lihat apa yang ada pada dalam kolam.

Belum banyak turis yang hadir membikin posisi ini ibaratnya kolam renang personal. Selamat nikmati kolam Anda sendiri !

12. Bergaya

Dalam rencana menyimpan cerita lama, pengunjung yang hadir ke posisi ini jangan lupa buat ambil poto. Sejumlah foto yang diambil berikut ini yang bakal dapat cerita bagaimana insiden di waktu lalu serta pengubahan-perubahan apa yang berlangsung seusai waktu berakhir.

Di posisi ini ada banyak spot yang paling manis dipakai buat bergaya. Perlu diingat timbulkan senyuman terhebat yang Anda punya !

Layanan yang Siap di Gua Passohara Bulukumba

Ada dekat sama pantai Mandala Riang, pengunjung bisa memanfaatkan layanan yang ada pada seputar pantai ini waktu mengekplor daya pikat kecantikan Gua Passohara.

Gua Passohara punya daya pikat alam yang paling mengagumkan. Adalah tempat buat sumber mata air berumur beberapa ratus tahun yang sampai ini hari masih dipakai oleh penduduk. Bermacam pekerjaan dahsyat serta menentang bisa dikerjakan di gua ini. Kecantikan di gua membikin siapa-siapa saja pengin kembali pada sini.