Welcome to Our Website

Fungsi Logo yang Utama Bagi Perusahaan

Kalau berbicara mengenai logo, siapa sih yang nggak memahami logo? Semua orang tentu telah memahami logo. Pada artikel sebelumnya juga telah dibahas mengenai type logo. Tapi jika ditanya apa kegunaan logo, ada yang mampu jawab nggak ya?

Logo punya kegunaan yang amat mutlak bagi perusahaan maupun sebuah instansi. Bahkan, logo juga mampu merubah perkembangan berasal dari sebuah merk. Dengan ada logo, seseorang mampu mengenali sebuah lembaga bersama dengan enteng dan menempel diingatan.

 

Lalu pengertian logo itu apa?

Yuk kami bahas bersama dengan mengenai pengertian, tujuan, kegunaan logo, dan semua yang terkait bersama dengan logo. Simak pembahasan di bawah ya.

 

Pengertian Logo

Logo merupakan lambang, tanda, atau simbol yang punya arti dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi, instansi, perusahaan, atau individu yang punya tujuan sehingga enteng diingat oleh orang lain.

Logo juga memberi tambahan deskripsi mengenai beberapa ciri atau identitas perusahaan. Sehingga logo mampu juga diambil kesimpulan sebagai sebuah simbol atau beberapa ciri untuk memudahkan pengenalan sebuah perusahaan dan juga identitas perusahaan yang mewakili citra perusahaan.

Penyederhanaan berasal dari suatu realitas yang kompleks sehingga mampu dikontrol, dimodifikasi, dan dibangun cocok bersama dengan perkembangan zaman juga merupakan pengertian berasal dari logo.

Sedangkan menurut wikipedia, pengertian logo adalah suatu gambar atau sekadar sketsa bersama dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti berasal dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan suatu hal yang singkat dan enteng diingat sebagai pengganti berasal dari nama sebenarnya.

Sebuah logo perlu punya filosofi dan kerangka dasar berupa rancangan yang punya tujuan melahirkan cii-ciri independent atau berdiri sendiri. Logo lebih lazim dikenal oleh visual (penglihatan), seperti warna dan bentuk logo yang menjadi ciri khas.

Dalam bukunya Sularko, dkk (2008:6) yang berjudul “How to They Think”, arti logo atau merek identity atau corporate identity adalah sebuah isyarat yang secara segera tidak menjual, namun berikan suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu menunjang membedakan suatu product atau jasa berasal dari kompetitornya.

Sebuah logo mampu diambil maknanya berasal dari mutu yang disimbolkan, lewat pendekatan budaya perusahaan (corporate culture), penempatan posisi (positioning) historis atau aspirasi perusahaan. Apa yang bertujuan adalah mutlak daripada seperti apa rupanya.

Secara lazim atau keseluruhan logo adalah instrumen rasa harga diri dan nilai-nilainya mampu mewujudkan citra positif dan mampu dipercaya.

 

Fungsi Logo

1. Sebagai fasilitas identifikasi (branding)

Fungsi logo adalah sebagai bentuk pengenalan atau identitas baik bagi produk, jasa, atau identitas seseorang / perusahaan. Dengan fungsinya sebagai identitas, sehingga menuntut logo untuk mampu menjiwai dan mencerminkan cii-ciri seseorang, perusahaan, produk, atau jasa yang diwakilinya.

Hal ini punya tujuan sehingga enteng dikenali, enteng diingat, dan enteng untuk dibedakan bersama dengan identitas yang lain.

 

2. Sebagai fasilitas informasi, pengendali, pengawas, dan pengontrol

Sudah memahami ya bahwa logo mempunyai kandungan sebuah informasi yang idamkan disampaikan pemilik logo kepada publik. Informasi berikut digunakan sebagai alat pengendali.

Pengendali itu mampu berupa pandangan atau tabiat publik pada merek pemilik logo. Berarti bersama dengan ini logo juga berfungsi sebagai pengawas dan juga pengontrol berasal dari merek image.

Tapi bukan berarti bersama dengan kegunaan logo sebagai pengendali ini, apa pun yang dikatakan oleh merek dapat dijalankan oleh publik. Sebenarnya logo hanya mengemukakan informasi untuk memberi tambahan kesan yang diinginkan. Seperti sebuah himbauan yang tidak memaksa sama sekali.

 

3. Sebagai fasilitas motivasi

Logo adalah anggota berasal dari desain komunikasi visual yang berfungsi sebagai fasilitas motivasi. Motivasi yang disampaikan oleh logo kepada publik tentu saja cocok bersama dengan tujuan berasal dari merek tersebut.

Misalnya logo product shampo yang memotivasi publik untuk merawat dan merawat rambut kami lewat logonya. Bisa juga logo air mineral yang membuktikan keaslian air berasal berasal dari sumber pegunungan yang sehat untuk dikonsumsi.

 

4. Sebagai fasilitas pengutaraan emosi

Siapa sangka kegunaan logo juga sebagai pengutaraan emosi. Seperti logo yang melukiskan bagaimana kasih sayang seorang ibu kepada anaknya yang kebanyakan terdapat pada logo product bayi. Melalui logo tersebut, publik dapat memahami bagaimana seorang ibu menyayangi anaknya.

 

5. Sebagai fasilitas promosi dan presentasi

Inilah kegunaan mutlak bagi logo yakni sebagai media promosi dan presentasi. Hal ini dijalankan bersama dengan penyampaian informasi atau pesan untuk menarik perhatian publik secara visual sehingga enteng diingat. Gambar dan kalimatnya berupa persuasif dan menarik.

Melalui logo, merek dapat menarik perhatian publik dan mengemukakan informasi atau pesan. Tujuan utamanya adalah untuk menjajakan product dan jasa.

 

Tujuan Logo

Setelah memahami kegunaan berasal dari logo, tujuan berasal dari logo juga perlu Anda ketahui. Berikut lebih dari satu tujuan berasal dari logo.

 

1. Marketing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa logo punya tujuan utama yatu sebagai keliru satu proses branding dan trick marketing. Logo berperan sebagai bentuk penggambaran atau identitas berasal dari perusahaan, sehingga logo itu menjadi citra berasal dari perusahaan.

 

2. Menarik Perhatian

Logo perlu mampu tampil menarik perhatian costumer sebagai keliru satu trick marketing. Dengan tampilannnya yang seperti itu dapat mendorong costumer untuk melacak tau lebih lanjut.

Logo bukanlah hanya sebuah gambar yang dicermati kemudian mampu dilupakan bersama dengan mudah. Sebuah logo perlu mampu diingat dan susah dilupaka oleh konsumennya.

 

3. Trend

Saat ini, kompetisi dalam dunia industri persaingannya amat ketat. Seluruh perusahaan telah memeberikan layanan yang baik, penjualan yang baik, dan juga kualitasnya juga baik. Kini saatnya logo yang memilih bagaimana hasilnya.

Maka berasal dari itu, dapat lebih baik jika logo dibuat bersama dengan sederhana. Namun punya karakteristik tertentu dibandingkan bersama dengan perusahaan kompetitornya.

Jadi, sebaiknya memanfaatkan tenaga ahli, agency, atau konsultan yang mengakibatkan jasa desain logo tersebut. Sehingga kami dapat mendapatkan manfaat-manfaat yang maksimal.