Welcome to Our Website

Festival Wakatobi

Festival Wakatobi

Wakatobi termasyhur selaku tempat liburan bahari yang menakjubkan. Disamping menghidangkan liburan bahari, ada even budaya yang dikepak baik dalam Festival Wakatobi.

Wakatobi Wave adalah satu diantara festival yang digelar buat bertambah bagian pariwisata terpenting liburan bahari di Wakatobi. Ada dalam Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Selatan yang termasyhur selaku satu diantara surga liburan bawah laut terpenting buat banyak penggemar diving.

Festival dilakukan di Harum Harum sebagai satu diantara sisi dari Wakatobi disamping Kaleidupa, Tomia, serta Binongko. Ketika penyelenggaraan festival ini, penduduk bakal meluap di jalan buat saksikan bermacam parade serta pementasan seni budaya.

Disamping dari penduduk seputar, ada dari golongan turis yang berniat hadir buat turut saksikan festival. Nikmati liburan bahari juga liburan budaya jadi daya magnet banyak turis ada dalam festival ini. Lihat secara langsung kehebohan serta kehangatan penduduk di Wakatobi dengan budaknya yang tetap terpelihara.

Daya Ambil Festival Wakatobi

1. Parade Pakaian

Parade pakaian jadi pembuka dari festival ini. Kebanyakan anak-anak sekolah dengan pakaian yang unik-unik bakal hadir dalam parade. Mereka bakal jalan kaki dari garis awalan sampai akhir sesuai sama lajur karnaval yang udah dipastikan.

Disamping murid, perwakilan-perwakilan dari institusi pemerintahan pun ikut menyemarakkan parade pakaian ini. Mereka memanfaatkan bermacam pakaian antik seperti kemeja berupa kepiting, ikan, gurita, serta wujud binatang laut yang lain. Sejumlah peserta pun berpakaian antik plus tambah kain unik Wakatobi ialah sarung leja kebiasaan.

2. Parade Karia

Karia adalah satu diantara sisi dari festival yang digelar di Harum Wnagi ini. Parade dituruti oleh gadis-gadis degan memanfaatkan kemeja kebiasaan atau tradisionil yang berwarna begitu menonjol. Mereka tampil dalam suatu parade yang memeriahkan kondisi festival.

BACA JUGA: Pulau Genteng kecil

Disamping memakai busana tradisionil dengan beraneka warna yang cerah, peserta parade pun memakai hiasan unik yang berwujud bunga emas. Dibarengi musik yang penuh semangat, parade ini bertambah memeriahkan Wakatobi Wave.

3. Perahu Hias

Festival ini pun dikerjakan dengan mengadakan lomba perahu hias. Perahu-perahu nelayan dibentuk semakin menarik dengan menambah aksesori-aksesori sesuai sama obyek festival. Sejumlah perahu yang dihias bakal berjajar di sejauh pantai atau laut. Pekerjaan ini kebanyakan dikerjakan seusai dalam hari ke-2  atau 1 hari seusai pembukaan.

4. Panjat Pinang

Pekerjaan panjat pinang jadi satu diantara daya magnet dari Wakatobi Wave. Penduduk dibawa buat turut meramaikan festival dengan panjat pinang yang telah dilakukan di atas laut di seputar Dermaga Panggulubelu. Sorak-sorak pirsawan memberinya semangat serta keceriaan dalam acara festival ini.

Daya Ambil dari Festival Wakatobi

5. Pementasan Tari Kolosal

Di acara festival ini pun di ramaikan dengan pementasan tari kolosal. Pengunjung bisa lihat pementasan tari Longko dari Pulau Harum-Wangi, tari Sajo moane dari Pulau Tompia, tari Lariangi dari Kaledupa, serta Tari Balumpa dari Binongko. Pementasan tari kolosal dari 4 pulau di Wakatobi ini kerap kali membikin tegang penontonnya.

Antiknya dari implementasi pementasan tari kolosal, beberapa ratus penari berpakaian wilayah atau tradisionil unik wilayah Wakatobi. Pementasan tari ini kebanyakan dikerjakan di hari awalan atau mungkin waktu pembukaan festival.

6. Acara Kansoda’a

Festival yang satu berikut pun menghadirkan acara kebiasaan yang dikatakan Kansoda’a. Pekerjaan ini dikerjakan lewat cara menuntun gadis-gadis asli dari Wakatobi. Wanita dari wilayah ini yang bergeser dewasa bakal dibawa naiki tandu buat setelah itu secara beramai-ramai diarak berkeliling-keliling seputar tempat implementasi parade.

Kehebohan serta keceriaan ada menghias muka-muka peserta yang mengikut Kansoda’a ini. Bertambah ramai kembali waktu tandu di lempar ke atas sekian kali.

7. Acara Cari Jodoh

Perayaan festival di Wakatobi ini pun di ramaikan dengan kebiasaan cari jodoh yang dikatakan dengan Kabuenga. Kebiasaan temurun ini kebanyakan dikerjakan di Lapangan Merdeka dengan tetua kebiasaan yang pimpin acara. Banyak pemuda pemudi asli Wakatobi bakal memutari lapangan kemudian dilanjut dengan acara Posombui.

Posombui dikerjakan dengan banyak wanita yang bawa air minum serta memberikan ke satu diantara pria yang pengin diputuskan. Peserta pria yang memperoleh uang itu ucapkan terima kasih lewat cara berikan uang.

Waktu serta Posisi Festival Wakatobi Diselenggarakan

Penyelenggaraan festival tahunan ini kebanyakan dikerjakan di Lapangan Merdeka serta Marina Togo Mowondu. Apabila Anda asal dari luar wilayah, jadi mengambil trayek yang ketujuan Harum Harum. Wilayah ini dapat dicapai dari Berbau Bau memanfaatkan kapal laut. Perjalanannya seputar 3 jam terkait dari situasi lautnya.

Sekumpulan acara yang memikat, dimulai dengan kesenangan sampai budaya didatangkan dalam festival Wakatobi. Turis yang pengin turut saksikan serta masuk dalam festival ini bisa bayar ticket masuk sebesar Rp 160.000,- /orang. Harga ticket ini dapat berganti-ganti tiap-tiap tahunnya terkait kebijaksanaan panitia pengelola.

BACA JUGA: Pulau Bintang Jakarta

Data harga ticket buat festival ini bisa dicari di situs sah atau social media dari kementerian pariwisata wilayah Wakatobi. Kebanyakan ticket masuk ini berlaku buat Anda yang bakal masuk ke taman nasional.

Pekerjaan yang Dijajakan di Festival Wakatobi

1. Lomba Perahu Hias

Pekerjaan lomba perahu hias jadi satu diantara yang ada pada Wakatobi wave. Peserta yang mengikut pekerjaan lomba ini kebanyakan dari penduduk di tempat yang punya perahu. Mereka bekerja sama-sama dengan klub buat merias perahu secantik serta seunik barangkali memanfaatkan gambar serta bermacam aksesories.

Buat penduduk yang tak mengikut lomba dapat turut saksikan bersama turis jejeran perahu-perahu yang tampil dengan aksesorisnya. Kebanyakan dekor buat perahu hias ini diputuskan sesuai sama warna serta obyek dari festival Wakatobi.

2. Nikmati Sunset

Panorama sunset di perairan ini demikian memesona dengan macam-macam warna senja yang terpantul di atas laut. Turis bisa tunggu matahari tenggelam dari seputar lokasi pantai atau dermaga.

Seusai nikmati daya pikat sunset, Anda dapat meneruskannya dengan nikmati kondisi malamnya. Nikmati alunan musik serta tarian yang ditunjukkan dalam pementasan seni selaku sisi dari festival Wakatobi.

3. Lomba Pakaian

Karnaval pakaian jadi pembuka dari festival di Wakatobi ini. Mereka tidak sekedar menyemarakkan festival namun juga mengikut lomba pakaian yang bakal dianggap oleh panitia. Pakaian yang antik serta inovatif bisa jadi juara serta menundukkan peserta yang lain.

Pekerjaan di Festival Wakatobi

4. Lomba Panjat Pinang

Lihat pertunjukan panjat pinang terus dahsyat serta membahagiakan. Ditambah lagi buat lomba panjat pinang di festival ini yang telah dilakukan di perairan Wakatobi. Peserta memanjat tiang atau pohon pinang yang dibuat di atas laut. Terdapat beberapa hadiah atraktif yang mengharap mereka di ujung tiang buat lekas diambil.

Festival Wakatobi

BACA JUGA:

Memanjat tiang atau pohon pinang ini bukanlah perihal yang ringan. Ditambah lagi udah termasyhur air laut, permukaan pohon yang licin membikin peserta lomba kesukaran buat sampai pucuk. Pirsawan atau turis kebanyakan turut saksikan perlombaan di atas perahu.

5. Nikmati Pementasan Musik

Waktu malam hari, pentas-panggung kesenangan bakal di isi dengan pementasan musik juga tari. Penduduk bisa saksikan serta nikmati pementasan seni itu. Sejumlah vokalis termasyhur pun diundang buat menyemarakkan kondisi festival ini.

6. Saksikan Parade Budaya

Festival ini menjajakan liburan bahari serta budaya. Disamping nikmati panorama di seputar perairan Wakatobi, turis dapat juga saksikan sejumlah parade budaya yang ditunjukkan dalam festival.

Kebiasaan yang telah dilakukan temurun seperti Karia, Kansoda’a, serta Posombui jadi sisi dari parade budaya Wakatobi. Sekumpulan parade budaya yang disajikan pastinya jadi daya magnet yang sayang buat ditinggalkan.

7. Nikmati Kulineran Unik Wakatobi

Pekerjaan yang begitu menarik yaitu coba liburan kulineran di seputar wilayah ini. Mencoba suguhan-hidangan unik Wakatobi juga suguhan laut yang fresh.

Layanan Liburan yang Siap di Festival Wakatobi

Ketika penyelenggaraan festival ini, dibentuk dunia hiburan buat tempat pementasan musik serta tari. Layanan ini paling sering dipakai ketika malam hari buat pementasan musik dari penyanyi-penyanyi yang udah diundang buat isikan acara.

Ketika pembukaan seperti karnaval, kursi-kursi buat pengunjung disajikan dipinggir jalan. Kursi-kursi ini pun terpasang buat banyak petinggi pemerintahan serta perwakilan dari dinas pariwisata di tempat.

Perabotan lomba disajikan buat peserta yang pengin mengikut pekerjaan lomba-lomba di festival ini . Sehingga peserta hanya butuh mendaftarkan untuk mengikut perlombaan yang diselenggarakan.

Sejumlah tenda dibikin buat penduduk serta tamu undangan nikmati parade atau karnaval budaya . Sehingga tak usah risau kepanasan waktu nikmati sekumpulan parade yang diselenggarakan di festival ini.

Turis ataupun penduduk yang ikut serta saksikan sekumpulan acara festival ini dapat berkunjung ke sejumlah warung makan seputar. Suguhan unik tanah Wakatobi juga suguhan laut dapat dicoba di warung makan yang ada pada seputar tempat implementasi festival ini.

Itu dia beberapa info menarik tentang Festival Wakatobi yang saat ini jadi pekerjaan tahunan yang digelar buat mempertingkat pariwisata di wilayah ini. Turis bisa nikmati pementasan budaya juga kecantikan liburan bahari di perairan Wakatobi.