Welcome to Our Website

Festival Teluk Tomini

Festival Teluk Tomini

Festival Teluk Tomini adalah acara tahunan yang dapat membius perhatian dari banyak banyak turis. Pergelaran buat promo pariwisata serta perkenalkan budaya Sulawesi tengah.

Harga Ticket: Gratis, Alamat: Kampal, Kec. Parigi, Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; Map: Periksa Posisi
Nyaris tiap-tiap wilayah di Indonesia punya pagelaran yang teratur diselenggarakan di tiap-tiap tahunnya. Dengan obyek serta prinsip yang bervariasi membikin Indonesia diketahui selaku negara yang kaya budaya serta kebiasaan istiadat.

Diantaranya yaitu Festival Teluk Tomini yang teratur diselenggarakan di tiap-tiap tahunnya. Pekerjaan ini udah diselenggarakan sejak mulai tahun 2013 berarti pada tahun 2020 ini yaitu kali ke 7 even ini dilakukan. Maksud diselenggarakannya even ini yaitu biar khalayak ramai mengenali apabila Teluk Tomini adalah satu diantara wilayah di Sulawesi yang kaya tempat serta budaya.

Tiap-tiap tahun festival ini terus mengundang banyak perhatian dari banyak turis baik lokal ataupun luar negeri. Ditambah lagi acara ini bakal dikerjakan pada siang sampai malam hari yang akan membikin siapa-siapa saja berkeinginan untuk saksikan pagelaran ini.

Daya Ambil Festival Teluk Tomini

1. Liburan Sambil Belajar

Di festival ini Anda dapat habiskan waktu liburan sama keluarga serta beberapa orang terkasih contohnya dengan mendatangi tempat liburan yang ada pada Teluk Tomini sambil lihat festival yang sedang digelar wilayah ini.

Anda dapat juga belajar kayak apa budaya atau kebiasaan istiadat yang ada pada wilayah ini maka pengetahuan Anda bakal bertambah luas. Walaupun cuman datang ke satu tempat, ada begitu banyak pelajaran yang dapat Anda temukan.

2. Menghidangkan Liburan Bahari serta Liburan Budaya

Festival Teluk Tomini beberapa waktu terakhir ini banyak disukai disebabkan terdapat beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan. Festival ini tergolong ke grup liburan bahari serta liburan budaya . Sehingga siapa sajakah yang lihat pementasan di Teluk Tomini ini bakal bertambah mengetahui wilayah ini dengan bagus.

3. Memberikan Bervariasi Pementasan

Festival Teluk Tomini punya begitu banyak daya magnet diantaranya didatangkan dengan didatangkannya perlombaan berskala nasional. Ada Lomba Photography, Festival Kulineran, Pameran Kerajinan Rakyat, Lomba Photography, Penentuan Putra serta Putri Bahari dan sejumlah perlombaan menarik yang lain.

BACA JUGA: Pulau Sepa Resort

Daya magnet yang membikin Festival Teluk Tomini ini lebih banyak dikunjungi turis yaitu sebab pekerjaan ini punya maksud yang pasti adalah untuk membentuk daya magnet biar turis yang bertandang ke wilayah ini bertambah bertambah baik dari dalam negeri atau mungkin luar negeri.

Daya Ambil dari Festival Teluk Tomini

4. Banyak Turis Hadir

Diluar itu, festival ini pun kebanyakan bakal dikunjungi banyak turis tidak sekedar lokal namun ada pelancong dari luar negeri. Pekerjaan ini pastinya memiliki potensi biar makin banyak turis yang hadir ke Teluk Tomini.

5. Festival yang Antik

Tidak sama dengan festival yang lain, Festival Teluk Tomini ini digemari banyak turis sebab keunikannya. Liburan ini pengin perkenalkan Teluk Tomini ke turis maka namanya bergema sampai ke Luar negeri.

Festival ini pun diselenggarakan di tiap-tiap tahunnya dengan prinsip serta obyek yang berlainan. Maka walaupun beberapa kali lihat festival ini, Anda akan tidak jenuh sebab prinsip atau obyek festival ini yang selalu berganti-ganti.

Sampai, lomba-lomba yang diselenggarakan lantas akan juga beralih. Walaupun ada sejumlah lomba yang akan digelar pada tahun seterusnya, namun ada-ada saja lomba-lomba yang baru-baru ini didatangkan pada tahun itu . Sehingga tiap-tiap tahunnya, festival ini punya keutamaan sendiri. Sebab itu tidak aneh apabila banyak orang-orang tertarik pada festival ini diperbandingkan festival yang telah dilakukan di wilayah lain.

Waktu serta Posisi Pekerjaan Festival Teluk Tomini

Tahun tempo hari, Festival Teluk Tomini diselenggarakan di Bulan April atau pasnya dari tanggal 13 sampai 18 April di tiap-tiap tahunnya. Namun buat tahun ini nampaknya bakal merasakan penurunan sebab terdapatnya virus epidemi covid-19.

Tak usah risau, festival ini akan diselenggarakan apabila waktunya udah dipastikan. Anda dapat nikmati bermacam pementasan yang tersuguh di festival ini dari pagi sampai malam hari dengan bermacam acara pekerjaan yang berlainan.

Apabila Anda pengin datang ke posisi Festival Teluk Tomini jadi Anda mesti datang ke Kayu Bura sebagai sisa tempat Sail Tomini atau pasnya di Jalan Kampali No 3 Kecamatan Parigi, Kampa Kab. Parigi Moutong.

BACA JUGA: Pulau Putri Jakarta

Buat ketujuan posisi festival ini dapat dengan apa sebab akses jalannya yang udah baik. Apabila Anda tak ada dalam pulau yang serupa serta bakal memanfaatkan lajur udara atau bisa saja dengan pesawat terbang, jadi Anda dapat pesan pesawat terbang yang bakal tuju Bandar Udara Kasiguncu.

Setelah itu, teruskan kembali perjalanan sampai ke Teluk Tomini dengan memanfaatkan angkutan publik yang udah siap di seputar lapangan terbang seperti mobil atau taksi ada juga. Buat lama perjalanannya dapat sampai 4 jam.

Apabila Anda tengah ada dalam Palu serta pengin melaksanakan perjalanan darat, Anda dapat melakukan perjalanan ke Ampana yang bisa menghabiskan waktu sampai 10 jam. Setelah itu, teruskan kembali dengan memanfaatkan transportasi laut seputar 5 jam buat datang di dermaga Wakai. Apabila Anda memanfaatkan lajur laut pastinya mesti samakan dengan skedul kapal kelak.

Pekerjaan yang Dijajakan di Festival Teluk Tomini

1. Festival Musik Tradisionil

Pekerjaan lalu lihat Festival Musik Tradisionil. Festival ini dapat Anda tonton kelak ketika sudah terjadinya acara. Dengan kemunculan festival ini, musik tradisionil bakal bertambah disayangi serta dapat populer oleh turis baik dalam negeri ataupun luar negeri.

2. Festival Kulineran

Sambil lihat festival musik tradisionil, Anda dapat juga cicipi kulineran-kuliner yang bakal tersuguh di festival ini. Macam olahan unik Parigi serta Sulawesi tengah dapat Anda tonton kelak. Kulineran Parigi Moutong nampaknya tidak bisa terpisahkan dengan ikan laut. Sebab wilayah ini benar-benar termasyhur selaku pembuat ikan terhebat di Indonesia.

Apabila Anda penggemar makanan laut, jadi festival kulineran di Teluk Tomini ini dapat menjadi surga dunia buat Anda. Sebab terdapat beberapa sejumlah menu ikan laut yang disuguhkan dengan bermacam trik baik dimasak, dibakar atau dibentuk dengan sup kuning.

Sementara itu buat suguhan terutamanya yaitu lalampa taboli. Festival Teluk Tomini di tahun 2018 sempat pecahkan rekor MURI atas terdapatnya suguhan ini. Maka menu unik Tomini bertambah diketahui penduduk secara luas. Serta masihlah banyak kembali suguhan menu tradisionil yang dapat Anda temukan waktu lihat pagelaran di Teluk Tomini.

3. Lomba Photography Obyek Liburan

Apabila Anda kegemaran photography jadi tak boleh terlewat peluang emas buat mengikut Lomba Photography Obyek Liburan yang bakal didatangkan oleh Festival Teluk Tomini. Anda bebas memphoto obyek wisata apa yang ada pada Teluk Tomini . Sehingga walaupun Anda bukan asli orang Tomini namun lomba ini masih dapat Anda turuti.

Festival Teluk Tomini

BACA JUGA:

4. Lomba Penentuan Putra Putri Bahari

Terdapat beberapa pekerjaan yang bakal dikerjakan di Festival Teluk Tomini diantaranya Lomba Penentuan Putra Putri Bahari. Apabila Anda pengin mengikut perlombaan ini, jadi tentulah Anda penting penuhi semuanya prasyarat serta keputusan yang udah ditentukan oleh faksi berkaitan.

5. Lihat Pameran Kerajinan Tangan

Apabila Anda lihat festival Teluk Tomini, perlu diingat lihat pameran kerajinan tangan yang terus punya kecantikan serta kekhasan khusus buat banyak wisatwan. Ada begitu banyak kerajinan tangan yang juga unik wilayah ini yang dapat Anda membeli serta jadi untuk cinderamata atau oleh-olehan buat dibawa pulang kelak.

Layanan yang Siap di Festival Teluk Tomini

1. Perabotan serta Perabotan Lomba

Festival Teluk Tomini bakal menghidangkan bermacam pagelaran yang elok serta unik dengan wilayah ini. Diluar itu, ada bermacam perlombaan yang dapat dituruti seluruh orang tidak sekedar dari Sulawesi saja namun turis lokal serta luar negeri dapat juga ikutiinya.

Sebab ada perlombaan, tentu festival ini bakal menyiapkan perabotan serta perabotan yang bakal memberi dukungan kelancaran dari lomba itu . Sehingga apabila Anda jadi satu diantara peserta lomba tak butuh bawa perabotan dari rumah sebab udah disajikan oleh panitia.

3. Tenda Acara

Anda yang menyaksikan pagelaran di Teluk Tomini tak usah takut kehujanan atau kepanasan sebab udah ada tenda acara yang disajikan panitia kelak.

3. Alat Menyelam

Ketika terjadinya Festival Teluk Tomini, ada sejumlah alat menyelam yang bakal disajikan sebab ada satu diantara lomba dari festival ini ialah memphoto obyek bawah laut. Anda dapat pakai alat menyelam seperti snorkeling serta diving ketika mengikut lombanya kelak.

4. Bangku Pirsawan

Diluar itu, faksi panitia Festival Teluk Tomini akan juga menyiapkan bangku pirsawan yang tentulah pengin saksikan pagelaran dari acara ini. Anda dapat bawa keluarga atau beberapa orang terkasih Anda duduk di kursi-kursi yang udah disajikan biar ringan nikmati pagelaran yang disuguhkan.

Itu dia barusan data terkait sejumlah hal yang ada pada Festival Teluk Tomini. Anda dapat perbandingkan dengan pagelaran yang lainnya biar tahu kenapa banyak turis lebih tertarik pada festival ini. Tidak sekedar punya layanan yang komplet, terdapat beberapa perlombaan serta hadiah atraktif yang dapat Anda temukan waktu mengikut festival ini.