Welcome to Our Website

Festival Daya pikat Palu Nomoni

Festival Daya pikat Palu Nomoni

Festival Daya pikat Palu Nomoni adalah even tahunan berskala internasional yang sangat bagus, mengangkat peninggalan seni budaya serta jadi ajan promo pariwisata Sulawesi tengah.

Harga Ticket: Gratis, Alamat: Teluk Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah; Map: Periksa Posisi
Festival Palu Nomoni adalah festival di wilayah Kota Palu yang diselenggarakan secara tahunan. Acara ini awalannya dikatakan “Festival Teluk Palu” serta diselenggarakan di 2008 lampau. Pekerjaan ini diselenggarakan dengan maksud bisa melestarikan kebiasaan serta kebudayaan wilayah, dan perkenalkannya pada angkatan muda.

Festival ini digelar Pemerintahan Wilayah Kota Palu dengan bantuan dari Pemerintah Propinsi Sulawesi tengah dan Dinas Pariwisata di tempat. Acara ini diselenggarakan dengan membawa kembali bermacam kearifan budaya lokal yang berharga beberapa ratus tahun serta membungkusnya dalam bermacam pertunjukan pementasan yang penuh budaya serta nilai baik.

Even berskala internasional ini diberikan secara spesifik buat penduduk Suku Kaili yang tempati sejumlah besar wilayah Sulawesi tengah, ialah Kota Palu, Kabupaten Donggala serta Sigi. Festival yang dituruti baik oleh turis lokal ataupun luar negeri ini tidak sekedar mengangkat pagelaran budaya saja namun juga perlombaan olahraga yang besar.

Daya Ambil Festival Daya pikat Palu Nomoni

1. Berskala Internasional

Festival yang digelar oleh Pemerintahan Wilayah Kota Palu, Pemerintahan Propinsi, dan Kementrian Pariwisata ini adalah satu diantara festival paling besar di Palu yang dituruti tidak sekedar oleh pelancong lokal namun sampai ke luar negeri juga.

BACA JUGA: Pulau Bidadari Resort

2. Menghadirkan Bermacam Pagelaran Budaya serta Seni Tradisionil

Acara ini fokus pagelaran-pagelaran budaya serta seni tradisionil selaku acara terutamanya. Diantaranya pementasan kolosal dengan seruling tradisionil ialah lalove, dan gimba, gendang tradisionil yang bakal dikerjakan di sejauh teluk.

3. Diramaikan Pertunjukan Spesial Suku Kaili

Pemerintahan tunjukkan ritus ini selaku wujud konservasi peninggalan budaya pendahulu. Ritus sebagai kebiasaan pendahulu Suku Kaili, suku yang diam di wilayah Lembah Palu ini disebut yaitu ritus kebiasaan Balia.

Kebanyakan ritus kebiasaan Balia digelar bersama dengan Pampoura satu diantara ritus yang antik di mana satu diantara penarinya bakal jalan-jalan di atas baranya api.

4. Banyak Perlombaan Olahraga Bertaraf Internasional

Festival ini disamping mengangkat budaya selaku topiknya, pun dibarengi oleh perlombaan-perlombaan besar bertaraf internasional yang mulai ditempatkan dalam urutan acara sejak mulai 2016.

5. Dekat Dengan Liburan Alam di Seputar Palu

Ada dalam posisi yang taktis, turis yang hadir tidak sekedar bisa nikmati festivalnya saja namun dapat juga menyisihkan diri buat mendatangi sejumlah wisata lokal yang ada pada seputar festival.

Daya Ambil Festival Daya pikat Nomoni

6. Pemandangan Alam yang Luar Dapat serta Sesuai buat Bergaya

Panorama alam yang udah termasyhur sampai luar negeri masih bisa dicicip sewaktu acara terjadi. Penentuan posisinya tidak sekedar mengasihkan panorama laut yang elok namun juga panorama alam serta hutannya yang mengagumkan.

Turis bakal mendapat banyak photo kecantikan alam bawah laut serta pegunungannya yang menakjubkan, dan keramaian serta hidupnya kondisi festival yang terjadi.

7. Pameran Kekayaan Wilayah

Disamping pagelaran budaya serta perlombaan olahraganya, Festival Palu Nomoni pun memperlihatkan bermacam kekayaan wilayah Sulawesi. Kemajemukan yang ditonjolkan melalui bermacam pameran itu dapat menarik beberapa pengunjung hadir.

Perihal yang ditunjukkan salah satunya pakaian kebiasaan, aksesories serta perhiasan, serta masihlah banyak kembali. Dari sini banyak turis mendapat bermacam oleh-olehan menarik unik wilayah yang tentu dapat menjadi pengingat peristiwa-peristiwa elok yang udah dilintasi sewaktu ada dalam festival ini.

8. Dekor yang Mengagumkan

Tempat festival diselenggarakan ini didesain demikian rupa maka tampak mengagumkan, tidak sekedar mengeluarkan daya pikat alam di sekeliling namun juga budaya kebiasaan wilayah.

9. Kulineran Wilayah yang Luar Biasa Nikmat

Pengelola menyiapkan bermacam kulineran unik Sulawesi yang paling nikmat. Turis bisa menikmatinya sambil merasai kehebohan festival yang terjadi. Anda tak usah risau apabila makanannya tak sesuai dengan hasrat Anda, sebab alternatif makanannya yang bervariasi.

10. Tak Lupakan Peninggalan Budaya Indonesia

Sesuai sama obyek yang dibawa, semuanya acara dalam festival ini memiliki tujuan buat perkenalkan kebudayaan wilayah warisan banyak pendahulu yang penuh bakal nilai baik bangsa serta udah ada beratus-ratus tahun lama waktunya.

BACA JUGA: Pulau Sepa Resort

Acara ini pun memiliki tujuan buat melestarikan kebudayaan-kebudayaan itu serta perkenalkannya pada khalayak ramai biar kebudayaan ini tak dilalaikan serta terkikis oleh era yang bertambah maju.

Waktu serta Posisi Festival Daya pikat Palu Nomoni

Festival Palu Nomoni yang kali terakhir diselenggarakan tahun 2018 ini sukses digelar atas kerja-sama Dinas Pariwisata serta Pemerintahan Wilayah. Festival yang kali terakhir dilaksanakan waktu tiga hari ialah dari 28 hingga 30 September 2018 ini kebanyakan diselenggarakan di seputar Teluk Palu serta perbatasan Sungai Palu.

Agar dapat hadir ke arah tempat ini, turis yang hadir di luar Sulawesi serta pengin hadir melalui lajur udara bisa hadir lewat Lapangan terbang Mutiara Sis Aljufri, Palu. Anyar setelah itu ke arah tempat acara terjadi dengan kendaraan beroda 2 atau beroda 4 yang dapat secara gampang dihadapi di seputar lapangan terbang.

Turis dapat juga melintasi lajur laut dengan berayar ke Dermaga Palu, sebelumnya setelah itu telusuri lajur darat ke ruang teluk sepanjang 20,4 km atau seputar 30 menit.

Ticket masuk ke ruang FPPN atau Festival Daya pikat Palu Nomoni ini tak ditarik cost apa saja. Namun buat cost parkir, kemudahan, ticket lomba, rental barang spesifik, makanan serta lainnya tidak gratis, turis tetaplah harus menyiapkan cost khusus buat perihal itu.

Pekerjaan yang Dijajakan di Festival Palu Nomoni

1. Belajar Tentang Budaya Lokal

Pengunjung bakal dikenalkan dengan bermacam kesenian wilayah yang ada dari bermacam etnis di Indonesia, terpenting Sulawesi.

2. Lihat Kecantikan Empat Dimensi

Posisi yang luas serta dirapikan demikian rupa maka pemandangan Kota Palu bisa ketangkap dari 4 segi serta panorama gunung, sungai, lembah, serta teluk, dan ruang penggaraman unik peninggalan pendahulu wilayah bisa tampak secara terang.

3. Panorama Dekor yang Mengagumkan

Dekornya yang memikat dengan ornament-ornamen kedaerahan bakal berikan nuansa festival yang atraktif yang bisa dicicip sejauh acara terjadi.

4. Lihat Pagelaran Seni Budaya Semuanya Indonesia

Turis tidak sekedar disajikan dengan pagelaran seni wilayah saja namun juga seni bermacam wilayah di Indonesia, dengan kesenian wilayah Suku Kaili selaku kesenian terutamanya. Anda bakal lihat tari-tarian wilayah, pementasan kolosal, pementasan alat musik wilayah, serta ritus-ritual kebiasaan.

Pekerjaan di Festival Nomoni

5. Ritus Kebiasaan Balia yang Penuh Mistik

Cuman di festival ini, turis bisa lihat secara langsung dari jarak dekat bagaimana penduduk Suku Kaili melaksanakan ritus kebiasaan Balia. Satu diantara sisi ritus kebiasaan ini yang paling memukai yaitu Pompoura.

Festival Daya pikat Palu Nomoni

BACA JUGA:

Pemandian Alam Limbua Pemandian Antik Dekat Pantai di Bulukumba

Pantai Tapandullu Mamuju

Ritus yang memaksa penarinya beranjak baranya api itu diakui oleh penduduk Suku Kaili bisa menyingkirkan bala penyakit serta begitu tenar buat diunjukkan.

6. Mengikut Pekerjaan Olahraga yang Menarik

Disamping kebudayaannya, festival ini termasyhur dengan bermacam lomba olahraganya yang mengagumkan dengan hadiah-hadiahnya yan menarik. Lomba-lomba itu salah satunya marathon internasional, balap perahu sandeq, pertandingan berenang melintasi perairan Teluk Palu, serta masihlah banyak kembali.

7. Nikmati Liburan Kulineran

Buat penggemar kulineran wilayah, Anda tak usah risau sebab di festival ini turis bisa secara gampang mendapatkan bermacam jajan wilayah yang nikmat serta unik.

8. Mencari Oleh-Oleh Unik

Bertandang tak komplet tanpa ada bawa oleh-olehan. Turis bisa beli bervariasi oleh-oleh di harga bisa dijangkau yang juga unik wilayah di posisi festival.

Layanan yang Siap di Festival Daya pikat Palu Nomoni

1. Dekat sama Pondokan

Posisinya yang dekat sama bermacam tempat di Palu membikin ruang festival ini dekat sama bermacam macam pondokan. Turis bisa menyerasikan anggaran sebab alternatif pondokannya ada bervariasi.

2. Ringan Digapai oleh Bermacam Alat Transportasi

Posisinya yang taktis serta dekat di jalan raya membikin tempat ini bisa digapai secara gampang oleh kendaraan beroda 2 ataupun beroda 4.

3. Alternatif Oleh-Oleh yang Beragam

Buat turis yang pengin bawa oleh-oleh unik dengan kekhasan festival ini tak usah risau. Terdapat beberapa penjual yang menjual oleh-olehan berwujud makanan ataupun pernak-pernik dengan tanda unik festival.

4. Toilet Umum

Pengelola meletakkan sejumlah toilet umum di posisi festival. Yang tentu bakal bertambah meringankan turis yang hadir.

5. Tenda serta Tempat Duduk

Turis tak usah kepanikan sewaktu ada dalam tempat festival. Buat Anda yang kepayahan atau kepanasan, pengelola serta promotor menyiapkan tempat duduk di seputar ruang festival dan tenda-tenda besar yang dapat dipakai buat berlindung sewaktu cuaca lagi terik.

6. Tenda Kritis

Promotor serta pengelola menyiapkan tenda kritis buat turis yang barangkali merasakan kecelakaan sewaktu lagi bersaing atau lagi bekerja di ruang festival.

7. Warung Makan

Turis tak usah risau bakal kelaparan waktu hadir ke festival ini sebab tersedia banyak warung makan serta stand kulineran.

Itu dia bermacam data pekerjaan yang digelar serta bisa dicicip sewaktu bertandang ke Festival Daya pikat Pulau Nomoni. Turis tak usah risau sebab kemudahan, cost masuknya yang bisa dijangkau serta layanannya bisa memperbanyak keamanan bertandang. Diluar itu cuman di festival ini Anda bisa liburan sekalian mengetahui banyak budaya wilayah.