Welcome to Our Website

Festival Danau Poso – Tengok Daya pikat Pariwisata serta Budaya Poso

acara teratur tahunan yang memiliki nama Festival Danau Poso

Festival Danau Poso, satu diantara even taruhan yang masuk di Calendar of Even pariwisata Indonesia. Acara yang menghadirkan variasi kemampuan liburan serta budaya Sulawesi tengah.

Danau Poso merupakan danau yang berada di Sulawesi tengah. Tiap-tiap tahun, di danau ini diselenggarakan suatu acara teratur tahunan yang memiliki nama Festival Danau Poso atau Festival Danau Tektonik Poso. Jadi sisi dari kalender pariwisata nasional, acara ini diselenggarakan saat bulan Agustus.

Festival ini diselenggarakan dengan maksud perkenalkan budaya serta kearifan lokal punya tanah Poso. Diluar itu, pekerjaan ini jadi bukti fakta kalau tanah Poso yaitu area yang damai, nyaman serta aman buat dikunjungi. Poso bukanlah lokasi dengan keonaran didalamnya.

Beberapa orang kebanyakan mengatakan festival ini dengan FDP sebagai kependekan dari Festival Danau Poso. Acara ini pertamanya kali diselenggarakan di tahun 1989. Sempat selesai dengan keonaran, festival ini melaksanakan penyempurnaan dari tahun ke tahun.

Daya Ambil Festival Danau Poso

1. Situasi Danau yang Mengagumkan

Danau Poso punya situasi alam yang antik. Danau paling besar ke tiga di Indonesia ini pasir putih pantai di seputarnya. Danau ini cuman lebih kecil dari Danau Toba di Sumatera Utara serta Danau Singkarak di Sumatera Barat.

Satu diantara biota unik di danau yaitu ikan sidat marmorata atau sogili sebagai hewan pandemik danau ini. Danau ini punya gelombang yang serupa gelombang laut. Warna air danau adalah gabungan di antara warna biru di sisi tepi serta biru di tengahnya danau.

Baca Juga : pulau pari Jakarta

2. Waktu Implementasi yang Lama

Serangkaian acara yang banyak membikin festival ini butuh jam yang banyak juga. Implementasi festival ini kebanyakan sampai satu minggu. Peluang yang panjang ini bisa dipakai oleh turis buat mengetahui lebih jauh lokasi Poso.

3. Stand-Stand Pameran

Terdapat beberapa stand-stand yang berdiri di sejauh anjungan buat menjual produk teratasnya. Pengunjung yang hadir bisa memutuskan minuman serta makanan yang mana paing sesuai dengan lidahnya. Pengunjung bisa juga beli beberapa produk unik Poso buat dibawa pulang selaku oleh-olehan.

4. Keramaian Acara

Acara ini dituruti oleh banyak penduduk Poso. Di pembukaan acara, 19 kecamatan menghadirkan defile yang dibarengi oleh marching band. Diikuti dengan juga bermacam pertunjukan seni serta tari-tarian unik budaya Poso.

Keramaian acara makin bertambah sebab pengelola mengundang sejumlah aktris ibukota buat melipur pengunjung. Anda bisa saksikan acara budaya juga.

5. Mempromokan Warisan dari Era Megalitikum

Poso diketahui selaku lokasi yang punya warisan histori dari era batu besar. Warisan pra histori yang ada sampai ini hari sejumlah seputar 1.450. Analisis yang telah dilakukan mengucapkan kalau warisan ini berumur lebih tua dari Piramida Mesir serta Candi Borobudur.

Umur patung-patung yang mendiami lokasi Poso ini diprediksikan sampai 1.500 tahun sebelumnya masehi. Dengan umur yang paling tua, patung-patung itu sejumlah masih punya wujud yang pasti.

6. Kulineran Unik Wilayah

Waktu ajang acara terjadi, sejumlah warung makan bakal menyiapkan suguhan berbahan dasar ikan selaku menu inti. Masakan ikan ini adalah panganan unik dari suku Pamona. Tentu, turis jangan membiarkan cicipi makanan lokal wilayah di tempatnya langsung.

7. Bermacam Ragam Lomba

Lomba yang diselenggarakan oleh pengelola antara lain lomba permainan tradisionil, lomba dekor perahu, lomba dayung perahu, lomba bola voli pantai, ambil tambang di atas perahu. Juga ada lomba kulineran, lomba egrang, lomba renang 100 m di danau Poso serta kejuaraan sepak bola terbuka.

Juga ada lomba lari marathon memutari Danau Poso sepanjang 42 km yang dituruti oleh pelari nasional sampai internasional. Diluar itu, di acara ini, bakal ada penentuan putri Danau Poso.

Baca Lagi : Pulau Pramuka

8. Pementasan Seni

Pementasan seni yang ditunjukkan di festival ini adalah kesenian dari semuanya lokasi sisi Sulawesi tengah. Menghadirkan tari-tari serta musik tradisionil dan konser musik kekinian. Ditunjukkan juga acara budaya dari tiap-tiap kabupaten.

Penampil nyatanya tidak hanya asal dari masyarakat di tempat, masyarakat lokal di luar wilayah bisa ikut serta buat menghadirkan diri. Anda bisa memperlihatkan pertunjukan kesenian, kerajinan tangan serta kemeja tradisionil dari semuanya negeri.

Waktu serta Posisi Festival Danau Poso Diselenggarakan

Posisi implementasi Festival Danau Poso tinggal dipinggir Danau Tentena, Kota Tantena, Poso. Pasnya di anjungan danau. Danau Poso berada di trayek lajur inti Trans Sulawesi. Berada di sisi utara Tana Toraja serta selatan Gorontalo-Manado.

Lokasi ini ada begitu dekat sama lokasi cagar biosfer Lore Lindu. Cagar biosfer ini sendiri adalah satu diantara cagar biosfer yang udah ditentukan oleh Unesco di tahun 1977.

Anda butuh waktu seputar delapan jam buat hingga di danau ini apabila pergi dari Kota Palu sebab posisi yang miliki jarak 283 km. Akan tetapi, apabila Anda pergi dari Kota Poso, cuman menghabiskan waktu seputar 1,5 jam buat meniti perjalanan sepanjang 56 km.

Apabila Anda mulai perjalanan dari kota Makassar serta berkehendak meniti lajur udara, dari lapangan terbang Sultan Hasanuddin Anda langsung dapat berangkat ke Lapangan terbang Kasinguncu, Poso. Sebab pesawat yang dipakai yaitu pesawat kecil, skedul penerbangan tak siap sehari-hari.

Opsi yang lain bisa Anda menempuh buat hingga ke Poso yaitu memanfaatkan lajur laut. Sulawesi terjalin dengan bagus lewat laut. Anda bisa pergi dari Makassar atau Manado ketujuan Palu. Setelah itu menyambung dengan perjalanan darat ketujuan Poso.

Angkutan publik yang bisa dipakai buat hingga di Poso yaitu bis. Angkutan publik yang siap di Poso antara lain angkot, mini bis, bis serta ojek.

Buat mengikut serangkaian acara festival, Anda tak usah beli ticket atau bisa disebut gratis. Anda hanya butuh hadir ke posisi lalu lihat acara festival terjadi. Masuk dengan penduduk di tempat serta mengambil sisi dalam festival.

Pekerjaan yang Dijajakan di Festival Danau Poso

1. Liburan Kulineran

Festival Danau Poso mendatangkan bermacam minuman serta makanan unik wilayah Poso. Penduduk disajikan stand-stand spesial di sejauh danau buat menjual produknya. Anda yang hadir kesini bisa coba bermacam minuman serta makanan tradisionil dari wilayah di tempat.

Satu diantara kulineran yang mesti dicob aketika bertandang ke Poso yaitu Tosu-tosu Katue ialah sama dengan sate yang dibikin dari kerang. Juga ada wayawo masapi atau woku sogili, ituwu manu atau ayam yang diolah dengan bumbu peninggalan pendahulu, serta winagoe sebagai nasi dibalut dengan daun spesial.

Makanan yang lain jangan dilalaikan yaitu suguhan inti yang memiliki bahan dasar ikan dari danau. Anda bisa mendapatkannya secara gampang di lokasi festival sewaktu acara lagi terjadi.

2. Menyaksikan Pementasan

Ada suatu pementasan musik yang masuk di serangkaian acara di festival ini. Anda bisa saksikan musikus lokal wilayah ataupun aktris ibukota yang spesial diundang buat isikan acara ini.

Sembari berkeliling-keliling lihat stand-stand yang menjajakan beberapa produk teratas tanah Poso, Anda bakal dihibur oleh banyak musikus ini. Apabila punya keberanian lebih, Anda bisa naik pentas serta ikut juga memberi sumbangan suatu lagu.

3. Lihat Pertunjukan Kesenian

Tampilan-penampilan seni bakal menghias sejauh serangkaian acara sewaktu festival ini terjadi. Satu diantara tampilan yang sangat ditunggu-tunggu oleh penduduk yaitu tampilan tarian tradisionil massal. Disamping tarian, bakal ada bermacam pementasan musik wilayah serta kekinian.

4. Mengikut Lomba yang Diselenggarakan

Dinas Pariwisata Propinsi Sulawesi tengah selaku pengelola pekerjaan, melaksanakan bermacam ragam lomba. Sesuai sama lomba pada biasanya, lomba di festival danau Poso ini pun berikan hadiah di juaranya.

Sewaktu Anda hadir ke festival ini, kenapa tak apabila Anda sekaligus mengikut lomba. Kemungkinan Anda bisa jadi pemenang lomba selaku oleh-olehan waktu pulangnya Anda. Berikut ini waktu buat memperlihatkan kemampuan terhebat yang Anda punya.

5. Belanja

Festival Danau Poso mendatangkan bermacam ragam produk teratas dari bermacam lokasi di Sulawesi tengah. Anda bisa bawa pulang kerajinan tangan unik Poso serta wilayah yang lain, produk minuman serta makanan unik wilayah dan pernak pernik buat membuat cantik rumah Anda.

6. Menjajahi Danau

Pemandangan danau Poso jangan Anda terlewat demikian saja. Ditambah lagi apabila Anda yaitu seseorang turis yang udah memakan banyak sekali waktu buat perjalanan tuju Poso. Paling tidak, Anda menyisihkan waktu buat mendatangi danau ini.

Anda bisa main di pasir danau yang memiliki warna kecoklat-coklatan serta halus. Anda bisa nikmati jernihnya air danau yang memiliki warna hijau serta biru. Anda bisa main air serta naiki perahu.

Layanan yang Siap di Festival Danau Poso

acara teratur tahunan yang memiliki nama Festival Danau Poso

Ada sejumlah layanan yang siap di seputar danau Poso buat penuhi kepentingan Anda. Di lokasi ini ada hotel, wisma, homestay, serta rumah makan dan pentas buat pementasan seni.

Buat layanan seperti toilet serta tempat beribadah, sampai kini udah siap. Akan tetapi, peluang Anda akan kesukaran mendapatkan layanan yang sepi ketika acara festival. Ingat banyak pengunjung yang sampai beberapa ribu orang.

Dengan kecantikan lokasi danau serta kehebohan acara festival danau Poso, turis bakal dibentuk senang buat tinggal makin lama. Beraneka model pekerjaan waktu festival sangat bagus buat dituruti mulai dari awalnya sampai akhir.