Welcome to Our Website

Doa Sebelum Makan Yang Bisa Diamalkan

Doa Ketika Sampai di Muzdalifah dan Mina beserta Artinya

Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan :

“Sesungguhnya, hati itu akan merasa tenang terhadap yang halal dan tidak akan tenang terhadap yang haram.” (HR. Thabrani).

Hadits diatas memberi pengarahan kepada umat Islam bahwa makan yang halal akan menimbulkan ketenangan hati dan batin. Dan sebaliknya, makanan yang haram atau yang diperoleh dengan melakukan cara haram maka dapat menimbulkan keresahan, kecemasan, dan kegelisahan.

Makanan memang memiliki andil yang sangat besar bagi kehidupan fisik manusia, namun makanan juga berpengaruh terhadap sikap mental dan kepribadian diri manusia.

Fakta ilmu pengetahuan juga menunjukkan bahwa makanan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi tubuh, jiwa, emosi, dan akal. Karena itu, sudah seharusnya jika umat Islam menaruh perhatian yang sangat besar terhadap masalah makanan ini.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Abasa ayat 24, yang artinya :

“Maka, seharusnya manusia memerhatikan makanannya.” (QS. Abasa ayat 24).

Namun, Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa ketika hendak melakukan aktivitas apapun, termasuk sebelum makan. Dan dibalik doa sebelum makan yang diamalkan ada keutamaan dan manfaatnya.

Berikut doa sebelum makan yang bisa diamalkan :

  1. Doa Sebelum Makan Paling Singkat Sekaligus Paling Shahih

Doa sebelum makan paling singkat sekaligus paling shahih adalah membaca basmalah. Yaitu membaca “Bismillah”.

Doa ini bersumber dari sabda Rasulullah SAW, yang artinya :

Apabila salah seorang diantara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa menyebut nama-Nya diawal, hendaklah ia membaca, “Bismillahi awwaluhu wa akhirahu” (dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan penghabisan makan). (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits hasan shahih).

Keutamaan doa sebelum makan ini yaitu setan akan pergi menjauh dan tidak ikut makan bersamanya. Maka manfaatnya, makanannya akan lebih barakah baik untuk ibadah ataupun untuk beraktivitas positif lainnya.

Dengan membaca basmalah, maka umat Islam akan terhindar dari gangguan dan keikutsertaan setan dalam proses makannya, sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah hadits :

“Dan, ketika ia tidak menyebut nama Allah saat makannya, setan berkata ‘Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam’”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Karena itu, sangat penting membaca bismillah ketika makan. Selain dapat menghalangi setan untuk turut makan, namun juga untuk menghasilkan keberkahan makanan yang dimakan.

  1. Doa Sebelum Makan Paling Dikenal

Doa sebelum makan lainnya yang paling dikenal masyarakat yang bersumber dari hadits riwayat Malik dan Ibnu Syaibah. Yaitu doa yang berbunyi :

“Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar”.

Artinya, “Ya Allah, berkahilah kami dalam apa – apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka.”

Sementara itu, dalam riwayat Ibnu Sunni, sebagaimana yang dicantumkan oleh Imam Nawawi dalam Al Adzkar, ada tambahan bismillah sehingga menjadi :

“Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar. Bismillah”.

Artinya, “Ya Allah, berkahilah kami dalam apa – apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka. Dengan menyebut nama Allah.”

Dengan doa ini, maka umat Islam memohon keberkahan dari makanan yang disantap. Memohon keberkahan dari apa – apa yang telah Allah SWT rezekikan. Serta memohon perlindungan dari siksa neraka, karena banyak orang yang karena mulutnya harus masuk neraka. Entah karena makanan yang dimakannya atau karena apa yang diucapkannya.

Allah SWT sangat menyukai hambanya yang banyak berdoa. Karenanya Allah SWT ajarkan doa – doa untuk setiap aktivitas, termasuk sebelum makan.