Welcome to Our Website

Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Tubuh pada dasarnya membutuhkan kolesterol agar organ dapat berfungsi sebagaimana mestinya asalkan dalam jumlah normal. Namun, jika kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan komplikasi penyakit. Apa saja makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan patut dihindari?

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Salah satu pemicu utama kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi adalah karena makanan yang dikonsumsi. Anda bisa menggantinya dengan sereal umbi garut dari Nutriflakes. Tak perlu khawatir dengan harga Nutriflakes karena sangat terjangkau di pasaran.

  1. Fast Food

Jika Anda tidak ingin kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi, maka sebaiknya hindari makanan cepat saji atau fast food. Makanan ini memang banyak dinikmati karena rasanya lezat dan praktis. Namun, konsekuensinya kandungan kolesterol pada makanan ini cukup tinggi.

Selain itu, fast food juga mengandung lemak dan dapat mengganggu kadar gula di dalam darah.

  1. Gorengan

Cemilan satu ini memang paling lezat untuk dijadikan hidangan dalam berbagai kesempatan. Ada banyak macam gorengan yang biasanya dikonsumsi seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, cireng, singkong, bakwan, dan lain sebagainya.

Makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi dan lemak trans terlebih lagi jika digoreng dengan deep fry. Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dapat meningkatkan resiko penyakit seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

  1. Jeroan

Jenis makanan jeroan berbagai daging hewan seperti jeroan sapi, iso, babat, paru, dan limpa memang lezat untuk dinikmati. Namun, makanan ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi danmengandung purin sehingga bisa meningkatkan resiko asam urat.

  1. Makanan Olahan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan juga dapat meningkatkan resiko kolesterol di dalam darah tinggi. Makanan olahan seperti sosi, ugget, dan kornet sebaiknya diwaspadai dan jangan terlalu sering mengkonsumsinya.

  1. Es Krim dan Minuman Kemasan

Minuman kemasan dan es krim biasanya mengandung gula yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan kandungan HDL di dalam tubuh menjadi rendah. Tetap perhatikan jumlah konsumsinya dan jangan berlebihan.

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi di atas memang sebaiknya dihindari agar tidak memicu komplikasi penyakit lainnya.