Cari Tahu Manfaat Buah Mangga

Cari Tahu Manfaat Buah Mangga – Semua buah-buahan pada dasarnya memiliki manfaatnya masing-masing, berdasarkan kandungan yang ada didalamnya. Hal ini tak terkecuali buah yang akan kita bahas, yaitu buah mangga.

Mangga merupakan buah yang paling banyak digemari dan sangat mudah dijumpai. Bahkan pengemarnya hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buah satu inipun kian banyak diolah dan dikonsumsi sebagai asupan makanan sehat.

Diketahui pada buah mangga setidaknya mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sperti vitamin C, vitamin A, serat, protein, karbohidrat, magnesium, folat dan masih banyak lagi diantaranya.

Mengkonsumsi buah satu ini secara teratur tentunya akan mendapatkan khasiat yang terkandung didalamnya. Lantas apa saja manfaatnya? Simak dibawah ini.

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat yang pertama dari buah mangga ialah dapat berguna untuk melancarkan pencernaan dan menstabilkan pergerakan usus.

Selain itu mengkonsumsi buah mangga juga baik untuk kesehatan usus, melindungi dinding usus dan mencegah infeksi lainya.

2. Mengatasi sembelit

Nah bagi kamu yang kerap mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar, cobalah untuk mengkonsumsi buah mangga secara rutin dalam beberapa hari kedepan.

Kamu juga bisa mengkonsumsi mangga dalam bentuk jus atau secara langsung. Disamping itu, kandungan serat pada buah juga akan berguna dalam mencegah pengerasan feses, penumpukan kotoran serta dapat mendorong feses agar cepat keluar.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya dari buah mangga ialah dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar lebih kuat terhadap serangan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Vitamin C dan antioksidan pada buah.

Nah jika kamu rutin mengkonsumsi buah satu ini, maka akan mendapatkan manfaatnya.

4. Membantu dalam menurunkan berat badan

Buah mangga adalah salah satu buah yang sangat disarankan untuk kamu yang sedang menjalankan program diet atau sedang menurunkan berat badan.

Pasalnya buah mangga mengandung rendah kalori dan tinggi serat buah, yang mana hal ini akan membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi mangga juga akan mencegah penyerapan lemak jahat kedalam tubuh dan mengurangi penumpukan feses penyebab naiknya berat badan.

Baca juga : Manfaat daun pandan untuk tubuh

5. Mempertahankan tekanan darah

Jus mangga mengandung zat gizi penting yaitu potasium yang membantu fungsi otot, jantung, dan saraf. Mineral ini juga mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan tekanan darah.

6. Mencegah anemia

Satu gelas jus mangga juga diketahui mengandung sejumlah zat besi yang signifiakan. Hal ini tentunya bisa efektif untuk mencegah dari penyakit anemia.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah mangga yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya mengandung vitamin C, buah mangga juga mengandung vitamin A dan antioksidan yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia atau hilangnya penghlihatan.

Nah itulah beberapa manfaat buah mangga yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang rutinlah mengkonsumsi buah-buahan agar tubuh tetap sehat dan prima.

 

This entry was posted in Kesehatan, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.