Cara Mudah Mengatur Printer Mesin Kasir Secara Otomatis, Mudah Dilakukan!

Printer Mesin Kasir – Pada umumnya, mesin kasir adalah sebuah perangkat elektronik yang mempunyai kegunaan untuk menghitung transaksi keuangan di dalam bisnis. Mesin kasir biasanya dilengkapi dengan sebuah keyboard yang fungsinya untuk memasukkan data, lalu ada scanner atau pemindai, laci yang berguna untuk menyimpan uang cash, dan juga perangkat pencetakan atau printer untuk tanda terima penjualan.

Sebagian dari bisnis saat ini, besar maupun kecil, khususnya bisnis yang merupakan bisnis ritel, tidak mungkin bisa beroperasi dengan baik tanpa bantuan printer mesin kasir atau mesin kas untuk menghitung. Seharusnya untuk setiap bisnis, maupun yang bergerak di bidang jasa dan barang, semuanya tetap perlu memiliki sebuah mesin kasir yang canggih.

Cara Mudah Mengatur Printer Mesin Kasir

Umumnya, semua mesin kasir lengkap dengan fasilitas laci untuk menyimpan uang. Zaman semakin canggih, di antara sekian banyak mesin kasir ada yang menggunakan printer kasir. Namun tidak perlu khawatir, cara mengatur printer mesin kasir secara otomatis itu sebenarnya mudah. Anda hanya perlu simak beberapa langkah di bawah ini.

Memasang Kabel Konektor

Yang pertama langkah yang perlu dilakukan adalah dengan cara memasang kabel konektor RJ12 yang sekilas terlihat sama dengan kabel saluran telepon. Pasang itu dari mesin kasir ke printer yang ada. Pastikan yang Anda pasang adalah kabel konektor dengan 6 pin.

Melakukan Pengaturan Pada Printer

Setelah terpasang, selanjutnya setting printer dengan cara masuk ke Device and Printers di komputer Anda. Lalu klik kanan pada menu Receipt Printer. Selanjutnya klik Properti Printer lalu masuk ke Device Settings. Klik saja Cash Drawer di opsi pilihan Peripheral Unit Type. Selanjutnya klik Document Bottom di opsi Peripheral Unit 1 dan Peripheral Unit 2.

Simpan Pengaturan Yang Sudah Diubah

Sesudah melakukan semua langkah di atas dengan benar, lanjut simpan pengaturan yang sudah dilakukan. Coba dulu tes kecil pada printer mesin kasir Anda untuk tahu bagaimana hasil print-nya, apakah sudah benar bekerja secara otomatis atau masih ada yang perlu diperbaiki. Anda juga bisa mensetting tombol pintas yang ada pada keyboard untuk membuka mesin kasir tersebut.

Mudah bukan? Apalagi di zaman sekarang Anda bisa memiliki mesin kasir yang semakin canggih. Salah satunya seperti mesin kasir dari iMin.

Setiap bisnis penting untuk mempunyai sebuah mesin kasir canggih. Tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi juga untuk melakukan hal lainnya seperti menghitung stok barang dan juga membuat laporan.

Pada mesin kasir iMin, desainnya dibuat unik dan profesional. Anda bisa menemukan banyak model yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan di tempat usaha Anda. Contohnya ada model iMin D3-506 yang memiliki 2 layar. Jadi Anda bisa menggunakan 1 layar untuk transaksi penjualan, dan 1 layar lagi untuk memberikan informasi promo, dll.

Selain itu, Anda juga bisa memilih model mesin kasir iMin dengan fasilitas kamera dan juga speaker dalam 1 perangkat. Model tersebut dibuat lebih cantik dan compact untuk kebutuhan khusus. Jadi Anda perlu menyesuaikan lagi apa kebutuhan Anda sekarang sebelum membeli mesin kasir iMin.

Memiliki sebuah perangkat kasir penting untuk melacak setiap transaksi penjualan. Apalagi di zaman yang semakin canggih ini, mesin kasir dirancang benar-benar untuk memenuhi kebutuhan pebisnis agar lebih hemat waktu namun dengan hasil yang akurat. Jadi dengan memiliki mesin kasir untuk bisnis Anda terbilang sangat penting.

This entry was posted in Bisnis and tagged , . Bookmark the permalink.