Welcome to Our Website

Cara Menembus Jurnal Scopus Dengan Mudah

Meski beberapa dari mereka setuju, cukup sulit untuk mendapatkan wawasan tentang jurnal Scopus. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara dan trik agar jurnal kita bisa lolos di Scopus.

 

Nah berikut beberapa cara yang akan kami berikan :

 

1. Buat skrip dengan minimal 20 referensi

 

Memang, membaca 20 artikel lainnya sebagai referensi penelitian itu banyak dan menyita banyak waktu. Namun, hal itu harus dilakukan agar kualitas publikasi kita semakin baik. Perlu diingat bahwa jumlah kutipan biasanya diperhitungkan oleh sebagian besar jurnal top.

 

Baca Juga : Jurnal Scopus Indonesia

 

2. Jangan menjiplak lebih dari 15% dari nilai

 

Perlu Anda ketahui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dalam penulisan jurnal ilmiah. Untuk mengecek keaslian artikel Anda, Anda bisa menggunakan beberapa software pengecekan plagiarisme yang tersedia di internet. Anda dapat menggunakan gratis atau berbayar. Pastikan karya Anda memiliki nilai plagiat maksimal 15%.

 

Saat ini, artikel jurnal dengan peringkat Scopus tertinggi membutuhkan skor plagiarisme 15% atau kurang. Bahkan artikel dengan peringkat Scopus terendah pun memiliki skor plagiarisme maksimum hanya 20%.

 

3. Pengarang harus lebih dari 1

 

Perhatikan masalah ini, penelitian yang baik biasanya tidak dilakukan oleh satu orang saja, selalu ada tim di belakangnya. Jika perlu, ajaklah orang-orang yang sebelumnya pernah melakukan publikasi di Scopus untuk melakukan riset bersama. Ini akan memberi editor jurnal bendera terpisah untuk menyetujui naskah Anda.

 

4. Jangan publikasikan di jurnal predator

 

Ini adalah aturan tersendiri untuk penerbitan makalah. Jangan serahkan makalah Anda ke jurnal tanpa sumber (predator). Intinya adalah, biasanya jurnal yang bagus tidak akan mengirimkan email kepada Anda sebagai gantinya. Untuk daftar jurnal predator, Anda dapat melihat Daftar jurnal dan penerbit predator Beall.

 

5. Berlatih lebih banyak

 

Menulis untuk jurnal yang bisa diterbitkan di database internasional seperti Scopus tidak harus tentang sains atau teknologi maju. Jika belum terbiasa, berlatihlah menulis dengan membahas hal-hal yang mudah dan bermanfaat bagi Anda.

 

Merupakan hak istimewa untuk menerbitkan jurnal terindeks Scopus. Kalaupun ditolak, jangan mudah menyerah, coba lagi dengan tips di atas ya!