Cara Mencari Long Tail Keyword untuk Pemula

Keyword atau kata kunci merupakan faktor penting yang harus dicantumkan pada sebuah artikel website agar Google mudah mengindeks artikel tersebut untuk dimasukkan ke laman pencarian. Oleh karena itu, ketahui bagaimana cara mencari long tail keyword untuk pemula.

Cara Mencari Long Tail Keyword untuk Pemula

Pentingnya Long Tail Keyword

Jangan hanya mengincar kata kunci dengan volume pencarian tinggi saat melakukan riset keyword. Namun, yang lebih penting adalah menemukan kata kunci yang tepat sasaran dan biasanya lebih panjang atau dikenal dengan istilah long tail keyword.

Jenis keyword yang satu ini memang memiliki tingkat pencarian yang lebih kecil dan sempit. Namun, Anda akan mendapatkan keuntungan lebih karena long tail keyword memiliki nilai tinggi dan spesifik sehingga lebih tepat sasaran. Long tail keyword juga bisa menghasilkan volume yang banyak.

Asalkan Anda menargetkan banyak long tail sekaligus pada suatu artikel yang akan ditulis. Biasanya, long tail keyword memiliki nilai yang lebih tinggi atau dikenal dengan istilah commercial intent (niat membeli). Di mana orang-orang cenderung mengetik kata kunci yang detail saat akan membeli.

Beberapa Cara Mencari Long Tail Keyword untuk Pemula

Tidak sulit untuk menemukan long tail keywords yang tepat pada artikel Anda. Apalagi saat ini sudah tersedia banyak tools yang akan membantu untuk melakukan riset kata kunci. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mencari long tail keywords, di antaranya:

  1. Menggunakan Ubersuggest

Ubersuggest merupakan cara yang dilakukan untuk menggali banyak kata sekaligus. Sebagai contoh, Anda ingin mencari informasi cara menanam, maka bisa menambahkan cara menanam +a. Setelahnya akan muncul beberapa rekomendasi keyword seperti cara menanam apel, dan lainya.

Tools ini dapat memungkinkan Anda untuk menemukan banyak kata kunci tersembunyi sekaligus bisa menggali banyak kata. Keyword-keyword yang ditemukan bisa saja tidak terdaftar di GKP. Semakin banyaknya data kata kunci yang didapatkan, maka semakin banyak long tail yang bisa ditulis. Jika ingin lebih mudah, gunakan saja jasa backlink kampus.

  1. Menggunakan Google Analytics/Google Webmaster Tools

Ketika website Anda sudah memiliki traffic yang stabil dari mesin pencari Google. Secara tidak sadar akan ditemukan banyak sekali long tail keywords yang masuk ke website. Anda bisa mengeceknya melalui Google Analytics atau Google Webmaster Tools dan klik Search Traffic > Search Queries.

  1. Memanfaatkan Forum Jejaring Sosial

Ide untuk mendapatkan long tail keyword bisa didapatkan dari mana saja. Salah satunya bisa dengan melihat percakapan orang lain di situs media sosial. Bahkan Anda akan lebih diuntungkan karena tidak perlu lagi melakukan riset keyword tambahan dari situs sosial yang jelas peminatnya.

Selain mengoptimalkan SEO On Page, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memanfaatkan backlink agar hasilnya lebih optimal. Cara mencari long tail keyword untuk pemula di atas bisa Anda ikuti sesuai kebutuhan.

This entry was posted in SEO. Bookmark the permalink.