Welcome to Our Website

Cara Membersihkan AC Dengan Baik dan Benar

Jasa Cleaning Service Terbaik di Indonesia! - KliknClean
source gambar : kliknclean.com

Untuk membuat AC supaya tetap awet dan tahan lama, maka diperlukan pembersihan AC secara rutin. Selain itu dengan adanya pembersihan AC membuat udara yang dihasilkan menjadi jauh lebih dingin dan sejuk. Kebersihan AC akan memberikan pengaruh terhadap penggunaan daya listrik hingga menjadi lebih boros. Berikut Cara Membersihkan AC Dengan Baik dan Benar antara lain :

Siapkan Alat-alatnya

Cara pertama yang dilakukan dalam pembersihan AC adalah menyiapkan kebutuhan alat-alatnya. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan AC antara lain kemoceng, sikat gigi, kain lap dan kipas angin.

  1. Membuka Penutup AC

Cara selanjutnya yang dilakukan untuk membersihkan AC adalah dengan membuka penutup AC secara perlahan.  Tepat setelah penutup AC terbuka, periksa pada bagian filter AC. Pastikan bahwa Anda memeriksa apakah ada kerusakan di bagian filter AC. Saat mendapatkan filter AC sobek, maka segera buang dan ganti dengan yang baru.

 

  1. Membersihkan Filter AC

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian filter AC.  Langkah ini bisa dilakukan saat tidak menemukan kerusakan di bagian filter AC. Pada umumnya, filter AC bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai kemudian diusapkan pada bagian filter AC yang tertutup debu secara perlahan sekaligus merata.

 

  1. Melepas Filter AC

Alternatif lain yang lebih cepat dalam membersihkan filter AC adalah dengan melepaskannya dari AC, kemudian rendam selama beberapa saat. Untuk proses perendaman alangkah baiknya jika menggunakan larutan pencuci khusus yang digunakan untuk filter. Adanya perendaman filter AC bertujuan untuk membunuh spora jamur yang bersarang di dalamnya.

 

  1. Gosok Filter Secara Perlahan

Langkah pertama dalam membersihkan AC adalah dengan menggosok filter secara perlahan. Langkah ini cukup efektif dalam mengatasi AC yang kotor ataupun berdebu. Saat dalam proses perendaman, pastikan bahwa Anda menggosok filter AC secara perlahan. Disarankan supaya memakai sikat gigi bekas dalam membersihkannya dari kotoran bandel. Jangan menggosok filter AC terlalu keras karena dapat menyebabkan risiko terjadinya kerusakan pada filter AC.

 

  1. Proses Pengeringan Filter AC

Langkah terakhir dan paling penting saat membersihkan filter AC adalah melakukan pengeringan. Untuk mengeringkan filter AC, bisa dilakukan dengan cara diangin-anginkan sejenak atau menggunakan kipas angin yang sudah tertancap di stopkontak. Dalam melakukan pengeringan, pastikan bahwa filter AC diletakkan di tempat yang bersih guna mencegah adanya kotoran atau debu yang menempel.

 

  1. Membersihkan Bagian Lainnya

Tidak hanya filter, namun AC juga memiliki bagian lain yang harus dibersihkan.

Untuk membersihkan area yang ada di sela-sela AC, ada baiknya supaya menggunakan lap kering untuk memastikan bahwa bagian tersebut bersih dan terhindar dari kotoran. Saat membersihkan area ini pastikan untuk tidak menggunakan air supaya mencegah terjadinya kerusakan pada AC. Bagian AC tentu dapat diatasi dengan mudah dan tepat dengan menggunakan beragam alat yang efektif serta praktis.

 

  1. Kembalikan Filter Ke Dalam AC

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memasang kembali filter AC di tempatnya semula. Pastikan filter sudah kering ketika mau memasangnya untuk mencegahnya menjadi area tempat jamur berkembang biak. Tes AC setelah filter dipasang dengan menyalakannya. Apabila udara yang dikeluarkan terasa dingin, artinya proses pembersihan AC berhasil. Anda bisa mengembalikan filter pada AC sesuai dengan keadaan seperti sedia kala.

Jasa bersih Ac akan membantu mengatasi segala macam masalah yang ada pada AC. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengatasi problematika pada AC dan tidak hanya itu layanan ini menyediakan general cleaning lainnya.