Welcome to Our Website

Bukan Hanya Baik Untuk Diet, Ini Manfaat Besar Minum Air Dingin

Selain minum air hangat, banyak orang yang menilai minum air dingin punya manfaat yang besar bagi kesehatan. Faktanya, hal tersebut memang benar dan bisa dibuktikan secara ilmiah, tapi bukan berarti minum air hangat tidak memberi manfaat lebih.

Yang perlu dicatat, manfaat optimal dari air hangat dan air dingin harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan atau goal yang ingin dicapai. Nah buat pecinta air dingin, berikut beberapa manfaat air dingin yang bisa Anda dapat dari rutin mengkonsumsinya.

1. Menurunkan Demam

Serangan virus dan bakteri menyebabkan banyak masalah kesehatan, salah satunya demam. Jika tidak diatasi dengan baik, demam akan menyebabkan banyak masalah kesehatan, mulai dari dehidrasi, kejang, kehilangan kesadaran, halusinasi hingga shock.

Untuk menjaga suhu tubuh tetap normal Anda bisa memperbanyak minum air dingin. Tapi jangan terlalu dingin, cukup minum air dengan suhu normal. Selain itu, minum air dalam jumlah cukup akan membantu tubuh untuk menyeimbangkan suhu dan mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Menghidrasi Tubuh Setelah Berolahraga

Olahraga akan membuat suhu tubuh meningkat, yang ditandai dengan keringat yang terus bercucuran. Untuk menurunkan suhunya, Anda bisa melakukan banyak cara, salah satu cara yang tercepat adalah dengan minum air dingin.

Penelitian yang terbit dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition menjelaskan jika partisipan yang mengonsumsi air dingin cenderung lebih mudah mengatur suhu tubuh hingga 50 persen jika dibandingkan dengan olahragawan yang minum air dengan suhu normal.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain itu manfaat air dingin untuk menurunkan berat badan. Karena saat air dingin masuk ke dalam tubuh, otomatis suhu tubuh pun akan menurun. Kondisi ini akan membuat tubuh bereaksi dengan cara berusaha menghangatkan tubuh dengan mengaktifkan metabolisme lemak, dan membakar kalori lebih banyak dari biasanya.

Dalam penelitian terbaru menjelaskan jika minum air ingin yang dikombinasikan dengan berjalan kaki selama 15 menit, lebih efektif menurunkan berat badan ketimbang orang yang hanya mengandalkan berjalan kaki tanpa memperbanyak minum air dingin.

4. Melawan Heat Stroke

Saat cuaca panas, tubuh akan berusaha menjaga keseimbangan suhu dengan cara mengeluarkan keringat. Jika terus dibiarkan, tubuh akan kehilangan banyak cairan, dan meningkatkan resiko dehidrasi yang berujung pada heat stroke.

Solusinya, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi air dingin. Bukan hanya sekedar mengisi ulang cairan tubuh yang hilang karena cuaca panas, minum air dingin bermanfaat untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan menjaganya tetap stabil.

5. Memperbaiki Mood

Ada beberapa bagian di lobus temporal otak manusia yang bertanggung jawab membantu menjaga suasana hati tetap adem. Untuk merangsang bagian tersebut, penelitian terbaru menyebut jika minum air dingin bisa jadi salah satu solusinya.

Tidak hanya itu, penelitian yang sama menjelaskan jika segelas air dingin lebih efektif menurunkan perilaku agresif seseorang ketimbang minum air hangat.

Referensi:

DOI. Diakses pada 2022. The effect of a cold beverage during an exercise session combining both strength and energy systems development training on core temperature and markers of performance.

DOI. Diakses pada 2022. The effect of water temperature and voluntary drinking on the post rehydration sweating.