Welcome to Our Website

Berikut beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an, Simak!

Ini Urutan Surat dalam Al-Quran Juz 30

Setidaknya 99 Asmaul Husna dan artinya dapat membuat kita mengenal sifat-sifat Allah SWT, dengan begitu kita tahu bahwa kita sebagai hamba memiliki banyak skeali keterbatasan. Umat Islam dibekali dengan kitab suci Al-Qur’an yang sekaligus menjadi mujizat Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an adalah kitab suci yang sangat spesial sebab memiliki banyak sekali kelebihan. Tentu kita sebagai umat Islam diwajibkan agar dapat membaca Al-Qur’an dan menghafalnya. Semua itu diperintahkan agar kita dapat menjalani hidup dalam tuntunan Al-Qur’an. Nah kali inikami akan memberikan informasi seputar keutamaan membaca Al-Qur’an. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Keutamaan dalam mempelajari dan mengajarkan

Ketika seseorang memiliki kemampuan untuk mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain, maka ia akan mendapatkan pahala yang tinggi. Tentu hampir semua orang Islam mempelajari Al-Qur’an tetapi, tidak smeua orang mampu mengajarkannya. Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya kalian adalah siapa yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR Bukhari). Maka dari itu jika kamu diberikan kemampuan untuk mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an, kamu harus memanfaatkannya dengan baik.

2. Menghafal dan membaca

Berbeda dengan mempelajari dan mengajarkan, keutamaan orang yang manghafal dan membaca memiliki jalur yang berbeda. Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).

3. Memberi Syafa’at

Ketuamaan membaca Al-Qur’an selanjutnya yaitu sesuatu hal yang sangat berharga bagi umat Islam berupa suafa’at. Hal ini telah disampaikan melalui sabda Rasulullah SAW bahwa : “Puasa dan Al-Qur’an, keduanya akan memberikan syafa’at kepada hamba pada hari kiamat.” (HR Ahmad dan Al-Hakim). Untuk itu kamu tidak boleh melupakan membaca Al-Qur’an, bila perlu kita harus membaca Al-Qur’an paling tidak sehari satu kali dan targetkan. Misalnya satu hari kamu harus membaca satu lembar atau satu Juz.

4. Menentramkan Hati

Tentu kita sebagai umat Islam selalu dibuat tentram setiap kali membaca Al-Qur’an. Sebab itulah ketika kita mendapatkan hati sedang emosi, kita disarankan untuk membaca Al-Qur’an karena dapat menentramkan hati. Hal itu dibuktikan dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman: “yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram. “(QS Ar-Rad: 28).Maka dari itu jangan pernah meninggalkan Al-Qur’an sebab hidup tanpa Al-Qur’an adalah kehidupan yang sangat gelap dan jauh dari ketenangan.

5. Pahala seperti bersedekah

Ketika kita membaca Al-Qur’an maka kita akan mendapatkan pahala yang sama besarnya dengan bersedekah. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah (Al-Qur’an), naiklah (pada drajat-drajat surge) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dnegan tartil di dunia. Sesungguhnya keduduka drajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca. “(HR Ahmad).

6. Dikaruniakan hati yang bercahaya

Tentunya semua orang ingin memiliki hati yang bersih, dan tahukah kamu bahwa orang yang rajin membaca AL-Qur’an maka hatinya akan bercahaya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (Al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahaya di ahri kiamat.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an. Tentu masih ada banyak sekali keutamaan memabca Al-Qur’an, maka dari itu jangan pernah malas untuk membacanya ya.